2+ Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

Batuk merupakan suatu respon alami dari tubuh utuk mengeluakan zat dari saluran pernapasan. Batuk dapat juga menandakan kondisi lain, yaitu asma hingga kanker paru-paru. Jika Anda mengalami kondisi ini, tentu harus memperhatikan makanan yang akan Anda konsumsi, termasuk buah yang tidak boleh dimakan saat batuk agar tidak memperparah kondisi yang ada.

Batuk yang terjadi dalam jangka waktu sesekali, bukanlah menjadi suatu masalah, karena hal ini akan membantu untuk menggerakkan dahak yang secara alami ada dalam tubuh untuk menjaga saluran napas tetap lembab. Namun, jika bantuk yang Anda alami terjadi selama beberapa minggu, dapat menandakan kondisi yang membutuhka pertolongan medis. Terlebih jika batuk yang terjadi disertai dengan demam dan dahak berwarna kuning kehijauan dan becampur darah.

Buah masih menjadi cemilan yang menjadi kesukaan masyarakat. Jenis buah yang beragam tak akan membuat siapapun bosan, apalagi buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tetapi, jika Anda mengalami kondisi tubuh yang sedang tidak normal, seperti batuk misalnya, maka Anda perlu mengetahui buah yang tidak boleh dimakan saat batuk.

Buah memang kaya akan vitamin, mineral, serta kandungan nutrisi lain yang tentunya baik dan berhasiat untuk kesehatan tubuh, begitu pula dengan buah yang tidak boleh dimakan saat batuk tentu memiliki kandungan yang tubuh kita butuhkan, hanya saja buah ini tidak direkomendasikan dikonsumsi saat Anda mengalami batuk yang berkepanjangan.

Saat Batuk Tidak Boleh Makan Buah Apa?

Saat Batuk Tidak Boleh Makan Buah Apa?

Hingga saat ini, pasti Anda penasaran, saat batuk tidak boleh makan buah apa? Beberapa jenis buah diduga mengandung  zat histamin. Histamine merupakan suatu senyawa yang dihasilkan tubuh untuk merespon pemicu alergi. Jika kadar zat ini berlebihan didalam tubuh, maka dapat menjadikan batuk semakin berat, gatal, bersin, dan mata berair. Buah yang tidak boleh dimakan saat batuk, beberapa diantaranya adalah:

  1. Alpukat

Alpukat memililiki kandungan histamin yang dapat memicu batuk sebesar 23 mg

  1. Stroberi

Buah ini tidak boleh dikonsumsi saat batuk karena dapat memicu produksi zat histamine dalam tubuh

Buah Apa yang Bagus Untuk Batuk?

Buah Apa yang Bagus Untuk Batuk?

Kita sudah mengetahui buah yang tidak baik jika dikonsumsi saat batuk, lalu sekarang tahukah Anda, buah apa yang bagus untuk batuk? Langsung simak jawabannya dibawah ini!

  • Apel

Buah apel memiliki kandunga yang disebut quercetin. Buah ini dapat menjadi antioksidan dan bagus untuk meredakan batuk

  • Nanas

Bromelain yang terkandung dalam nanas dapat menghambat penyakit yang terjadi di saluran pernapasan karena alergi

  • Blewah

Vitamin A yang terkandung dalam blewah mampu meningkatka fungsi dari paru-paru. Selain iti, juga dapat mengendalikan asma yang kampuh

  • Manggis

Manggis memiliki alfamangostin dapat menghambat produksi histamin

Makanan Apa yang Bisa Meredakan Batuk?

Makanan Apa yang Bisa Meredakan Batuk?

Makanan adalah salah satu tumber energy kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Terdapat berbagai jenis makanan yang dapat kita konsumsi. Lalu, makanan apa yang bisa meredakan batuk?

Yang pertama adalah sup ayam. Kuah hangat dari sup akan dapat melegakan tenggorokan, sehingga dapat meredakan rasa gatal dan kering. Kuah dari sup juga sebagai elektrolit dalam tubuh. Ayam didalam sup dapat menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh.

Madu bersifat analgesik sebagai antibakteri dan dapat mengurangi peradangan akibat infeksi di sluran napas. Anda dapat mencampurkan madu kedalam rebusan jahe agar lebih nikmat. Minuman ini disarankan dikonsumsi secara rutin saat batuk

Ternyata ikan juga baik bagi penderita batuk, lho! Omega-3 berperan penting untuk mengatasi peradangan dalam tubuh. Anda dapat memilih ikan seperti tuna, tenggiri, atau tongkol. Jenis ikan tersebut dapat membantu meredakan batuk

Demikian ulasan tentang, apa saja yang boleh dan tidak boleh dikosumsi saat batuk. Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.