2 Gejala Tipes pada Orang Dewasa Wajib Tahu!

Gejala Tipes pada Orang Dewasa

Hai Temen – Temen, gimana kabar kalian? Semoga kalian semua sehat. apa kalian tau apa itu tipes? Demam tifoid atau yang sering kita kenal tipes merupakan penyakit akut yang penyebabnya oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini biasanya kita temukan di air minum atau air yang kalian pakai untuk mandi atau makanan yang terkontaminasi. Bakteri ini juga bisa tertular dari orang yang terinfeksi atau yang sedang sakit tipes. Gejala tipes pada orang dewasa demam, badan lemas, berkeringan dll.

Itulah beberapa gejala tipes pada orang dewasa. Namun, gejala tipes ini umumnya tidak akan langsung muncul segera setelah Anda makan atau minum sesuatu yang sudah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Gejala tipes baru akan muncul setelah masa inkubasi bakteri itu usai. Masa inkubasi adalah rentang waktu dari sejak pertama kali bakteri yang masuk ke dalam tubuh sampai kemunculan gejala tipes pada orang dewasa yang pertama.

Apa Penyebab Sakit Tipes pada Orang Dewasa?

Apa Penyebab Sakit Tipes pada Orang Dewasa?

Apa kalian tau apa penyebab sakit tipes pada orang dewasa? Penyebab tipes adalah infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit tipes ini sangat rentan terjadi pada orang-orang yang bertempat tinggal di wilayah yang kotor serta kualitas air dan sanitasi yang buruk. Demam tifoid atau yang kita kenal tipes merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini biasanya ditemukan di dalam air atau makanan yang terkontaminasi. 

Apa yang di Rasakan Saat Sakit Tipes?

Apa yang di Rasakan Saat Sakit Tipes?

Ciri-ciri sakit tipes pada orang dewasa bisa berlangsung selama 3 hingga satu bulan, atau mungkin lebih lama. Begitu juga gejala tipes yang dirasakan pada anak-anak. Lalu apa yang di rasakan saat sakit tipes?

Gejalanya pun banyak bervariasi. Ada yang merasakan banyak gejala tipes ringan, ada juga yang hanya merasakan sedikit tapi terasa gejala tipesnya berat. berikut adalah gejala yang dirasakan orang tipes : 

1.) Demam

Gejala tipes yang paling umum yang penderitai rasakan pada orang dewasa adalah demam. Gejala ini adalah hasil dari proses peradangan dalam tubuh yang dipacu oleh kerja sistem imun saat melawan infeksi bakteri Salmonella typhi.

Demam akibat tipes cenderung meningkat pelan-pelan di minggu pertama kalian terkena tipes, dan biasanya bisa mencapai 39° sampai 40º Celsius untuk awal – awal terkena tipes. Demam yang menjadi gejala tipes sering terasa lebih parah disaat malam hari.

2.) Tubuh Terasa Lemas

Saat terkena penyakit tipes, tubuh rasanya lemas dan tidak berenergi. Hal ini sudah umum terjadi karena gejala tipes yang berupa diare membuat tubuh terus membuang banyak cadangan cairan dan elektrolitnya lewat feses serta keringat.

Bagaimana agar Tipes Cepat Sembuh?

Bagaimana agar Tipes Cepat Sembuh?

Kalian sudah tau bagaimana agar tipes cepat sembuh? Ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat sembuh dari penyakit tipes. 

1.) Makan makanan tinggi protein

Salah satu cara mengobati tipes dari rumah adalah dengan makan makanan tinggi protein. Asupan protein baik untuk mempercepat masa penyembuhan dari sakit tipes.

2.) Minum air cukup

Mengkonsumsi air cukup adalah salah satu cara mengobati dan mencegah komplikasi sakit tipes di rumah. Mencukupi asupan cairan membantu mencegah dehidrasi akibat sakit demam, diare, atau muntah saat penyakit tipes menyerang.

Penutup

Jadi itulah pengertian dari penyebab dan gejala tipes pada orang dewasa yang bisa kita pelajari dan bagaimana cara mengatasi supaya cepat sembuh. Jadi semoga semua ini bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.