3+ Ciri2 Asam Lambung Naik, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ciri2 asam lambung naik

Asam lambung adalah suatu penyakit dengan kondisi yang mana enzim yang terdapat pada lambung untuk mencerna makanan naik ke atas menuju kerongkongan. Penyakit ini menimbulkan gejala nyeri di bagian area bawah perut. Jika ingin mengetahui ciri2 asam lambung naik, ada suatu tanda dengan keluarnya bau asam dari mulut ketika bersendawa, sakit pada bagian tenggorokan, muntah (jika parah, bisa sampai muntah darah), terasa mual terus menerus, terlalu sering bersendawa, batuk kering, ketika menelan sesuatu terasa sakit di bagian kerongkongan. Itulah ciri2 asam lambung naik, sebelum terjadi hal tersebut, sering-sering konsultasi kesehatan kepada dokter kepercayaan anda.

Asam Lambung Naik Karena

Asam lambung naik karena

Setelah membahas mengenai ciri2 asam lambung naik. Dari sini, kita akan mengetahui penyebab asam lambung naik karena apa?

Bagi yang hobi telat makan karena banyaknya perkerjaan, ini menjadi salah satu penyebab munculnya asam lambung naik. Selain telat makan, kekenyangan dapat menjadi pemicu asam lambung, jadi ketika makan hanya secukupnya saja. Yang terpenting tepat waktu dan cukup untuk kebutuhan tubuh menjalankan aktivitas sehari-hari.

Hal lainnya dapat dipicu dengan kebiasaan merokok setiap hari, suka dengan minuman bersoda, terlalu banyak meminum kopi, stress dapat memicu asam lambung juga. Mulai sekarang biasakan hidup sehat dan teratur, olahraga setiap pagi hari agar badan semakin sehat.

Apa yang dilakukan saat asam lambung naik?

Apa yang dilakukan saat asam lambung naik?

Ketika asam lambung naik, ada beberapa pertolongan pertama untuk menanganinya. Kira-kira apa yang dapat kita lakukan saat asam lambung naik?. Simak penjelasannya.

  1. Jika dalam posisi tidur dan tiba-tiba anda merasa tidak nyaman pada bagian perut, maka hal yang harus kita lakukan adalah meninggikan posisi bantal. Posisi yang penting yakni kepala dan pinggang lebih tinggi dari kaki, bertujuan agar asam lambung tidak akan sampai ke kerongkongan.

  2. Banyak sekali orang ketika makan langsung ditelan tanpa mereka kunyah. Hal ini buruk bagi kesehatan lambung, karena kriteria yang baik yakni makanan dikunyah di dalam mulut sebanyak 30 kali.

  3. Jika anda suka dengan pakaian yang ketat dan tiba-tiba asam lambung naik, maka pertolongan pertama yakni longgarkan pakaian dahulu sehingga perut tidak terasa sesak lagi.

  4. Selain dari tindakan penangan, asam lambung dapat diredakan dengan mengonsumsi minuman jahe agar lambung terasa lebih hangat.

  5. Memperbanyak makan sayuran hijau untuk mencegah terjadinya asam lambung.

  6. Ini penting untuk para pria, hilangkan kebiasaan merokok. Selain merokok dapat menyebabkan penyakit pada paru-paru dan jantung, rokok juga dapat menyebabkan asam lambung naik (jika parah, terjadinya luka lambung).

  7. Sedikit demi sedikit kurangi porsi makan secara berlebihan. Makan berlebihan tidak baik untuk kesehatan lambung anda, sebaiknya makan secukupnya saja walaupun berkali-kali tidak masalah.

  8. Ketika di tengah-tengah makan hindari minum air putih terlalu banyak, jika tersedak minum sedikit saja, itu lebih baik.

Ciri-ciri asam lambung naik ke kepala

Ciri-ciri asam lambung naik ke kepala

Ciri2 asam lambung naik dapat menuju ke area kemana saja, terutama pada kerongkongan bagian atas. Setelah membahas tindakan pertama ketika asam lambung naik, maka selanjutnya tentang ciri-ciri asam lambung naik ke kepala.

Asam lambung naik ke kepala dapat kita kenali cirinya dengan timbulnya sakit migrain pada kepala, merasa pening seperti akan pingsan. Dari kejadian tersebut, tandanya asam lambung bergejolak dan langsung menyerang ke bagian kepala daripada bagian bawah perut.

Demikian artikel mengenai ciri2 asam lambung naik, semoga kedepannya menjadi pembelajaran agar kita semua harus mengupayakan untuk hidup sehat. Terima kasih dan salam sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.