3 Contoh Polusi Udara yang Terjadi Secara Alami Adalah?

3 contoh polusi udara yang terjadi secara alami adalah

Teman – teman pasti sudah tidak asing dengan polusi udara kan? Kali ini kita akan membahas contoh polusi udara yang terjadi secara alami adalah.

Kita tidak akan bisa hidup jika tidak adanya udara. Namun, udara yang berada di sekitar kita tentunya juga memiliki bahaya. Terlebih lagi banyak sekali aktivitas manusia yang menyebabkan polusi udara.

Apa sih polusi udara itu? Polusi udara atau pencemaran udara merupakan salah satu dari kerusakan yang terjadi pada lingkungan. Polusi udara akan terjadi ketika zat sisa aktivitas seperti sisa pembakaran gas, sisa pembakaran pabrik dan juga asap kendaraan yang tentunya mengandung zat kimia, kemudian mengkontaminasi udara di sekitar kita.

Dampaknya akan menyebabkan kualitas udara akan menurun karena masuknya unsur zat –zat kimia yang berbahaya ke dalam atmosfer bumi.

Sumber penyebab dari pencemaran udara ini dibagi menjadi dua yaitu, pencemaran udara secara alami yang terjadi karena adanya aktivitas alam dan berdampak untuk lingkungan sekitarnya dan pencemaran udara juga bisa disebabkan karena aktivitas manusia. Manusia memiliki peran penting dan juga faktor utama akan pencemaran udara. Yuk kita bahas keduanya.

1. Letusan Gunung Berapi

Apakah gas dari aktivitas gunung berapi contoh polusi udara yang terjadi secara alami?

Contoh polusi udara yang terjadi secara alami adalah meletusnya gunung berapi. Meletusnya gunung berapi adalah salah satu aktivitas atau proses yang dimana keluarnya magma dari inti bumi atau perut bumi, yang disebabkan karena adanya pergerakan lempeng tektonik. Selain magma, ada banyak benda material yang dikeluarkan saat letusan gunung berapi.

Pada saat proses letusan tersebut akan di kelakann juga abu atau asap pekat yang terdiri dari beberapa material. Sehingga hal tersebutlah yang menyebabkan pencemaran lingkungan.

2. Zat sisa pencernaan dari hewan

Apa dampak pencemaran udara terhadap kesehatan manusia?

Selanjutnya, contoh polusi udara yang terjadi secara alami adalah zat sisa pencernaan dari hewan. Tak hanya manusia saja yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, ternyata hewan pun bisa menjadi salah satu faktor yang dapat merusak kualitas udara tau menyebabkan polusi udara.

Sisa dari proses pencernaan hewan ini lah yang menjadi salah satu faktor alami. hal itu disebabkan karena adanya pelepasan metana ke atmosfer yang akhirnya bisa menjadi gas rumah kaca.

3. Pembakaran hutan

Salah satu pencemaran yang terjadi secara alami adalah

Dan yang terakhir contoh polusi udara yang terjadi secara alami adalah pembakaran hutan. Pembakaran hutan atau kebakaran hutan ini biasanya terjadi karena adanya kesengajaan oleh manusia, namun ternyata kebakaran hutan ini bisa menjadi faktor alami yang menyebabkan tercemarnya atau menurunnya kualitas udara di lingkungan kita.

Kebakaran hutan yang terjadi secara alami ini biasanya terjadi pada saat iklim sangat buruk. suhu yang sangat tinggi akan menyebabkan pemanasan global sehingga menyebabkan kebakaran hutan. Terbakarnya hutan ini juga bisa terjadi pada saat erupsi gunung berapi dan juga pada saat hujan petir, sambaran dari petir tersebut akan menghasilkan percikan api dan bisa saja menimbulkan kebakaran.

Setelah mengetahui contoh – contoh dari polusi udara yang terjadi secara alami, tentunya kita harus membedakan antara faktor alami dan manusia. Manusia juga bisa saja menyebabkan polusi udara karena aktivitas – aktivitas yang dilakukan setiap hari yaitu seperti, aktivitas pabrik , kemudian asap kendaraan, kegiatan atau aktivitas rumah tangga, efek dari timbunan sampah yang akan menghasilkan bau tidak sedap, limbah dari kegiatan pertanian, dan yang terakhir adalah dari aktivitas pertambangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.