3 Contoh Puisi Bebas untuk Kalian Nih!

Contoh Puisi Bebas

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya unik dan luas penyebutannya, sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Contoh puisi bebas itu juga dikenal sebagai seni tertulis yang isinya merupakan ungkapan pikiran, perasaan, mengandung pesan, dan bahasanya indah. 

Didalam puisi itu tersendiri terdapat istilah,  seperti sajak, prosa, dapat juga tergantung dari jenis contoh puisi bebas itu sendiri. seperti pantun, gurindam, syair, dan masih banyak lagi. Kita juga akan membahas mengenai istilah-istilah di dalam puisi. 

  • Sajak
    Sajak adalah bentuk karya sastra atau contoh puisi bebas adalah yang teratur dan terikat dalam baris-barisnya. Dalam KBBI juga menjelaskan bahwa sajak merupakan gubahan karya sastra yang sangat mendominasi, baik kesepadanan bunyi, kekontrasan, keselarasan bunyi bahasa, maupun kesamaan.
  • Prosa
    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prosa adalah bentuk tulisan bebas ungkapan kata yang tidak terikat dalam sebuah aturan layaknya puisi. Prosa tidak memiliki rima dan jumlah bait tiap paragrafnya. Singkatnya, prosa merupakan karangan yang disajikan dengan teks naratif dalam sebuah puisi.
  • Gurindam
    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) gurindam adalah sajak yang terdiri dari dua baris yang berisi petuah atau nasihat. Adapun, gurindam juga merupakan puisi lama yang terdiri dari dua bait. Dalam tiap baitnya terdiri dari dua baris kalimat dengan rima yang sama dan menjadi satu kesatuan yang utuh dalam sebuah puisi.
  • Syair
    Syair merupakan ungkapan dari kejujuran dan kedalaman perasaan seorang penyair dalam sebuah puisi. Biasanya syair menggunakan istilah-istilah yang memberikan unsur mendalam dan penekanan dalam suatu puisi.

Salah satu contoh puisi bebas

Contoh Puisi Bebas Singkat? 

Apa itu Puisi Pendek?

Dalam sastra bahasa, apa itu puisi pendek? Sekilas  sama dengan sastra bahasa pada umumnya. Akan tetapi sesuai namanya sastra yang ringkas, biasanya diciptakan oleh seorang pemula untuk menggambarkan ekspresi. Tentunya tiap-tiap orang memiliki rasa yang berbeda beda-beda dalam penyampaian ekspresi diri. Nah salah satunya contoh ialah mengungkapkannya seba

Sama seperti gambar diatas puisi tersebut tergolong salah satu contohnya. Bagaimana kalian sudah mengerti?, tapi perlu diingat penggunaan bahasa yang baik dan benar serta memiliki arti yang baik juga membantu dalam penyampaian rasa puisi tersebut. 

Apa itu Puisi Pendek?

Apa Ciri-Ciri Puisi Bebas? 

Seperti pada namanya apa ciri-ciri Puisi bebas? adalah karya sastra yang tidak terikat, dari segi bahasa, irama, sajak dan lain sebagainya. Sebagai bentuk pengekspresian diri yang bebas. Tentunya setiap orang bisa membuat puisi. Akan tetapi harus bisa menyampaikan isi dari puisi tersebut. 

Makna dari kebebasan itu sendiri adalah, hal yang lebih orang minati karena lebih mudah dalam pemilihan kata, gaya bahasa dan lainya. Contoh dari puisi yang bebas adalah. 

Apa Ciri-Ciri Puisi Bebas? 

Contoh Puisi Bebas Singkat?

Dalam hal penulisan contoh puisi bebas singkat? Itu sendiri biasanya setiap sastrawan selalu memiliki karakter masing-masing. Akan tetapi jika mengenai puisi bebas dan singkat itu semua orang bisa melakukannya dengan cukup mudah. Hanya perlu menemukan inspirasi apa yang akan kalian tuangkan agar bisa menjadi puisi yang indah. 

Ada beberapa tahapan penulisan puisi di antaranya ialah: 

  1. Menemukan tema,  bisa mengangkat dari lingkungan sekitar, percintaan, ataupun persahabatan. 
  2. Membuat judul, dengan singkat
  3. Mengumpulkan kata kunci atau inspirasi
  4. Penulisan puisi bisa menggunakan majas atau kiasan yang sederhana. 
  5. Mempersingkat kata-kata dengan tetap mempertahankan kiasannya. 

Demikian pembahasan mengenai puisi kali ini, mungkin cukup mudah jika kalian ingin mencobanya. Sekian dari kami, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.