3+ Macam – Macam Buah Penyebab Asam Urat!

Buah Penyebab Asam Urat

Asam urat adalah penyakit peradangan sendi yang terjadi karena adanya penumpukan asam urat pada sela-sela sendi. Penyakit ini biasanya terletak pada kaki, lutut, tangan dan semua bagian tubuh. Asam urat yang berlebihan akan menumpuk dan menjadikan semacam kristal asam urat. Makanan adalah salah satu faktor penyebab terjangkitnya penyakit ini, tidak memungkiri juga, buah pun dapat menjadi penyebab asam urat. Beberapa macam buah penyebab asam urat adalah nanas, rambutan, durian dan nangka.

buah penyebab asam urat

Buah penyebab asam urat perlu dihindari oleh si penderita penyakit tersebut. Jika terus mengonsumsinya, akan bertambah parah. Penyakit ini bisa saja menyerang organ dalam seperti saluran kandung kemih dan ginjal. Bila tidak segera tertangani, akan menyebabkan penyakit batu saluran kandung kemih dan batu ginjal, semakin parah bukan.

Mengapa asam urat bisa terjadi, padahal sudah berhati-hati dalam mengonsumsi makanan? Asam urat terjadi karena terlalu banyak cairan asam yang ada di dalam tubuh atau kerja ginjal ketika pembuangan asam melalui urin kurang baik, sehingga menyebabkan penumpukan dalam organ ginjal.

Gejala penyakit ini ditandai dengan tiba-tiba terasa nyeri di bagian tubuh, terasa panas, bengkak dan kemerahan.

Buah Apa yang Bisa Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol?

Buah Apa yang Bisa Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol?

Ada beberapa buah penyebab asam urat seperti yang telah disebutkan diatas, tetapi sedikit yang dapat menyebabkan penyakit tersebut. Walaupun sedikit, kita tetap waspada agar tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi buah apapun. Buah apa yang bisa menurunkan asam urat dan kolesterol? Simak berikut ini.

Buah penurun asam urat adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti anggur, apel, pir dan pisang. Buah ini dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh melalui pengeluaran urin.

Sedangkan buah penurun kolesterol adalah buah yang memiliki kandungan serat larut, baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat seperti apel, berry, jeruk, pisang, alpukat, pir dan plum. Memiliki penyakit kolesterol, bila tidak segera tertangani akan menimbulkan resiko penyakit jantung.

Meskipun kolesterol memiliki sifat berbahaya, ternyata penyakit ini dapat berfungsi sebagai penghasil vitamin D, memproduksi hormon, dan sebagai pencerna makanan. Jadi intinya, ada kelebihan dan ada kekurangan sekaligus.

Sayur Apa yang Bagus untuk Asam Urat?

Sayur Apa yang Bagus untuk Asam Urat?

Sayuran adalah makanan pokok yang masuk dalam kategori makanan 4 sehat 5 sempurna. Kandungan dalam sayur sangat penting bagi jaringan tubuh, sebagai penangkal dari segala penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya buah penyebab asam urat, sayur pun dapat menyebabkan hal tersebut. Disini saya akan memberikan beberapa macam, sayur apa yang bagus untuk asam urat?

Asam urat dapat terjadi karena pola makan yang salah. Para penderita penyakit tersebut harus menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Sayur memang baik untuk kesehatan, tetapi tetap cermat dalam memilihnya. Sayuran yang baik untuk penderita penyakit tersebut yakni wortel, mentimun, selada, kentang, paprika, sayur kol, dan kale.

Sayuran dengan kandungan purin rendah seperti diatas, aman dikonsumsi bagi penderita penyakit itu. Macam makanan yang mengandung purin yang tinggi yakni seafood, daging merah baik sapi atau ayam dan makanan minuman manis.

Apakah Buah Naga Bisa Menyebabkan Asam Urat?

Apakah Buah Naga Bisa Menyebabkan Asam Urat?

Buah naga adalah buah yang memiliki bentuk kulit seperti sisik naga. Buah ini hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Memiliki rasa hambar dan manis, tergantung dari jenis buah tersebut, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi, apakah buah naga bisa menyebabkan asam urat? Jawabannya tidak. Buah tersebut dapat dikonsumsi bagi penderita asam urat, jadi aman untuk dimakan.

Demikian artikel mengenai macam buah penyebab asam urat. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.