3+ Zat Yang Terkandung Dalam Buah Jambu Biji Adalah

Zat Yang Terkandung Dalam Buah Jambu Biji Adalah

Zat Yang Terkandung Dalam Buah Jambu Biji Adalah? Yak Kali ini kita akan membahas tentang jambu biji ya! Jambu biji (Psidium guajava) dikenal dengan bijinya yang bergerombol kecil di tengah buah.

Tumbuhan ini berasal dari Laut Karibia, daratan Amerika Tengah, dan pulau-pulau di Amerika Selatan bagian utara. Setelah ditemukan di benua Amerika ratusan tahun yang lalu jambu biji menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Saat ini tanaman jambu biji telah dibudidayakan dan tersebar di luar Sumatera dan Jawa antara lain Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Untuk pertumbuhan yang optimal, tanaman jambu biji harus sesuai dengan tempat dan iklim di mana mereka tumbuh dan berkembang.

Jambu biji ini membutuhkan suhu 23 – 28°C dan iklim yang kering dan lembab dengan intensitas curah hujan antara 1.000 – 2.000 mm/tahun, sehingga tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Ketinggian  yang cocok untuk tanaman jambu biji yaitu kurang dari 1200 meter di atas permukaan laut, dan ph tanah yang dibutuhkan  antara 4,5 sampai 8,2. Zat Yang Terkandung Dalam Buah Jambu Biji Adalah 9,9 miligram kalsium. 12 miligram magnesium. 229 miligram kalium. 125 miligram vitamin C.

Apakah Jambu Biji Memiliki Kandungan Likopen?

Apakah Jambu Biji Memiliki Kandungan Likopen?

150 gram jambu biji mengandung 5.204 ug likopen, sedangkan  tomat hanya mengandung 3.041 ug likopen. Kandungan likopen yang tinggi dalam jambu biji dapat mengurangi jumlah sperma yang berbentuk tidak normal. Jadi, bagi para pria yang bermasalah dengan air mani, anda bisa  mengonsumsi buah ini secara rutin.

Apa Kandungan dan Manfaat dari Buah Jambu Biji?

Apa Kandungan dan Manfaat dari Buah Jambu Biji?

Buah jambu biji, yang beratnya sekitar 55 gram, mengandung 37 kalori dan  nutrisi. Berikut adalah Zat Yang Terkandung Dalam Buah Jambu Biji  beserta Kandungan dan Manfaat dari Buah Jambu Biji, yaitu :

  • 1,4 gram protein
  • 97 gram serat
  • 9,9 miligram kalsium
  • Magnesium 12 miligram
  • 229 miligram potasium
  • 125 miligram vitamin C

Selain itu, jambu biji  juga mengandung berbagai vitamin dan Zat Yang Terkandung Dalam Buah Jambu Biji  antara lain seperti Vitamin A, vitamin B, Vitamin K dan Vitamin E, serta mineral seperti selenium, zinc dan mangan. Manfaat dari buah tersebut yaitu :

  • Memperkuat daya tahan tubuh

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C yang terkandung dalam buah jambu biji lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Vitamin C yang terkandung dalam buah jambu biji dapat meningkatkan  kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena  infeksi.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam jambu biji dipercaya mampu menolong melancarkan saluran pencernaan. Maka dari itu, konsumsi buah ini mampu menolong menghindari wasir, kurangi waktu berak, dan buat memelihara kesehatan usus kita.

  • Mencegah diabetes

Studi menunjukkan bahwa  teh daun jambu bisa membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Selain hal itu, ekstrak jambu biji juga bisa membantu mengontrol kadar gula  darah, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang berisiko tinggi terkena  diabetes.

Apa Saja Yang Terkandung Dalam Daun Jambu Biji?

Apa Saja Yang Terkandung Dalam Daun Jambu Biji?

Daun jambu biji mengandung berbagai zat bermanfaat, zat dan vitamin yang Terkandung Dalam Daun Jambu Biji diantaranya yaitu antioksidan, vitamin C, dan flavonoid. Zat Yang Terkandung Dalam Buah Jambu Biji  ini pada akhirnya membuatnya sangat sehat dan memperkaya manfaatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.