4 Buah dan Sayuran Pelancar ASI

Buah dan Sayuran Pelancar ASI

Setiap orang pasti mendapatkan air susu ibu (ASI) saat baru lahir hingga berumur 2 tahun. Setiap ibu pasti akan memberikan ASI kepada sang anak, namun pada beberapa perempuan hanya memiliki ASI dengan jumlah yang sedikit. Untuk memperlancar atau memperbanyak ASI, ibu harus melakukan beberapa cara atau memakan buah dan sayuran pelancar ASI. Berikut bagaimana caranya agar ASI banyak?

Air Susu Ibu (ASI) adalah susu yang dihasilkan oleh manusia dengan tujuan untuk memberi makan bayi. Alasan lainnya karena bayi masih belum mampu untuk mendapatkan sumber gizi lainnya, sehingga hanya mendapatkan gizi dari ini.

Manfaat dan Bagaimana Caranya Agar ASI Banyak?

Inilah manfaat dari air susu ibu bagi bayi :

  • Membuat bayi menjadi cerdas
  • Menjadi antibodi untuk bayi
  • Baik untuk tulang
  • Menurunkan resiko kematian mendadak (Sudden Infant Death Syndrome)
  • Menjaga berat badan bayi seimbang

Manfaat dari air susu ibu bagi ibu :

  • Membangun hubungan dengan bayi
  • Menurunkan berat badan
  • Menjadi cara kb alami

Banyak bukan manfaat dari menyusui ini, nah mari kita lihat cara, buah dan sayuran pelancar ASI.

Cara agar jumlah air susu ibu meningkat sebagai berikut :

  • Menghindari stress
  • Menyusui secara teratur (setiap 2-3 jam sekali)
  • Memijat payudara
  • Memompa air susu ibu
  • Minum air putih yang banyak
  • Mengkonsumsi suplemen penambah air susu ibu
  • Makan-makanan bergizi (terdapat buah dan sayuran pelancar ASI)

bagaimana caranya agar ASI banyak

Jika teman-teman bingung makan buah apa biar ASI banyak atau daun apa yang bisa melancarkan ASI ibu? Inilah daftarnya.

Buah-buahan pelancar ASI, yaitu :

1. Jeruk

kandungan Vitamin C pada jeruk dapat memenuhi kebutuhan harian akan Vitamin C dan menambah energi.

2. Bluberi

Kaya akan Vitamin C, serat,  karbohidrat dan antioksidan membuat bluberi sangat bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui. Selain ini bluberi dapat menurunkan depresi setelah kelahiran juga.

3. Kurma

Kurma memiliki kemampuan untuk meningkatkan hormon prolaktin, yang dimana hormon prolaktin ini dapat meningkatkan reproduksi air susu ibu. Selain itu banyaknya nutrisi membuat kurma bagua dikonsumsi oleh ibu menyusui.

4. Alpukat

Lemak sehat, Vitamin B, Vitamin C folat, asam oleat pada alpukat membuat alpukat menjadi salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui.

daun apa yang bisa melancarkan ASI ibu

Dan untuk sayuran pelancar ASI sebagai berikut:

sayur-sayuran pelancar ASI :

1. Daun katuk

Kandungan karoten yang tinggi, asam askorbat dan α-tokoferol yang ada daun katuk, membuatnya bermanfaat untuk memperlancar air susu ibu dan dapat melangsingkan tubuh.

2. Bayam merah

Bayam merah mengandung banyak sekali nutrisi-nutrisi seperti karoten, flavonoid, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan lainnya. Hal ini membuat bayam merah dapat melancarkan air susu ibu, membantu mengobati anemia dan disentri, dll.

3. Daun kelor

Moringa Oliefera Lamk merupakan nama latin dari daun kelor. Daun kelor mengandung banyak nutrisi seperti protein, β-karoten, lemak, fiber, kalsium dan zat besi yang tinggi, dll. Hal itu membuat daun kelor mempunyai banyak manfaat seperti meningkatkan air susu ibu, mencegah anemia, mengatasi rematik, dll.

makan buah apa biar ASI banyak

Itulah daftar buah dan sayuran pelancar ASI, namun perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan atau dapat mengkonsultasikan dengan dokter, sehingga tidak menimbulkan gangguan atau masalah bagi sang bunda dan anak.

Teman-teman tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memperbanyak air susu ibu, makan buah apa biar ASI banyak atau daun apa yang bisa melancarkan ASI ibu. Teman-teman juga bisa memberikan saran cara, buah dan sayuran pelancar ASI ini kepada keluarga, teman atau orang lain sehingga dapat membantu mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.