4 Metode Pidato yang Perlu Diketahui Dalam Bahasa Indonesia

4 metode pidato

Berpidato depan umum bukanlah keahlian semua orang. Namun, kita perlu mengasah kemampuan kita untuk berbicara didepan umum agar dapat berpidato dengan baik. Jadi, bagaimana cara berpidato yang baik didepan umum? Umumnya, untuk dapat berpidato dengan baik, kita harus mengetahui 4 metode pidato.

Berikut ini merupakan 4 metode pidato yang perlu kita ketahui.

  1. Impromptu

Metode impromptu merupakan pidato yang pembicara lakukan secara langsung (spontan dan tidak dipersiapkan terlebih dahulu). Berpidato dengan metode ini akan lebih singkat dan pendek. Saat menggunakan metode ini kita harus mengetahui batasan supaya pidato kita tidak melenceng jauh dari konteks yang telah ada ketentuannya.

  1. Memoriter

Metode pidato yang satu ini pelaku lakukan dengan cara menghafalkan naskah teks pidato. Walaupun beresiko tetapi metode ini menjadi lebih baik karena dapat lebih banyak berinteraksi dengan audiens.

  1. Manuskrip

Metode manuskrip atau metode naskah merupakan metode yang dapat kalian lakukan sebagai pemula. Berpidato dengan membaca naskah dapat membantu kita dalam menyampaikan pidato, namun kekuranganya metode ini membuat kita sedikit berinteraksi dengan audiens dan terlalu fokus pada naskah.

  1. Ekstemporan

Metode ini terbilang efektif karena dalam menyampaikannya kita perlu mencatat poin-poin penting yang ingin kita sampaikan. Poin-poin penting yang sudah kita catat dapat menjadi batasan dalam menyampaikan pidato sehingga pembahasan tidak melebar dan keluar dari konteks.

Metode Pidato Tanpa Naskah disebut?

Metode Pidato Tanpa Naskah disebut?

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat menjawab pertanyaan, metode tanpa naskah disebut?

Jadi, metode tanpa naskah dapat kita sebut dengan metode impromptu, yang artinya berpidato secara langsung tanpa menggunakan naskah. Metode berpidato seperti ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang ditunjuk maju kedepan untuk memberi sambutan atau berpidato secara tiba-tiba, dan tentunya orang tersebut adalah orang yang pening dan berwawasan luas.

Apa yang dimaksud Metode Pidato Impromptu?

Apa yang dimaksud Metode Pidato Impromptu?

Tak jauh dari penjelasan sebelumnya, tentang 4 metode pidato, yang terdiri dari impromptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan. Impromptu merupakan salah satu dari ke-empat metode dalam berpidato. Lalu, apa yang dimaksud metode pidato impromptu?

Metode pidato impromptu adalah menyampaikan pidato tanpa ada persiapan terlebih dahulu, tanpa ada cacat kecil ataupun informasi sebelumnya. Berpidato dengan metode ini sangat perlu latihan yang membentuk sebuah kebiasaan. Walaupun spontan, penyampaian metode ini juga tidak semudah berbicara seperti berdiskusi atau lainnya, karena berpidato kalian lakukan secara formal dengan podium dan didengarkan banyak orang. Oleh sebab itu, hanya orang tertentu yang dapat berpidato dengan menggunakan metode ini.

Metode apa yang bisa digunakan untuk menyampaikan pidato persuasif?

Metode apa yang bisa digunakan untuk menyampaikan pidato persuasif?

Sebelummya kita harus mengetahui arti dari pidato persuasif. Apa itu pidato persuasif? Pidato persuasif adalah pidato yang kita sampaikan dengan tujuan mengajak, menghimbau dan mempengaruhi pendengarnya untuk melakukan hal yang positif guna kepentingan bersama. Jadi, Metode apa yang bisa digunakan untuk menyampaikan pidato persuasif?

4 metode pidato yang telah dijelaskan diatas merupakan metode yang dapat diterapkan dalam menyampaikan pidato persuasif, mulai dari metode impromptu, memoriter, manuskrip, serta ekstemporan. 4 Metode tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi, sesuaikan dengan kemampuan kita saat menyampaikan pidato.

Demikianlah pembahasan tentang 4 metode pidato yang dapat dilakukan saat berpidato dan perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.