4 Sayuran Yang Dilarang untuk Ibu Hamil

SAYURAN YANG DILARANG UNTUK IBU HAMIL

Selama mengandung terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Terdapat juga makanan yang baik untuk dimakan, namun terdapat juga makanan yang dilarang. Pada kesempatan ini mari pahami bersama sayuran yang dilarang untuk ibu hamil dan sayuran apa saja yang baik untuk ibu hamil?

Sayur adalah bahan pangan nabati yang biasa dikonsumsi setelah diolah dengan cara tertentu, dimasak atau dimakan dalam keadaan segar. Sayuran adalah sumber nutrisi yang tinggi untuk tubuh, karena mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, asam folat, serat, potasium, dll.

sayuran yang bagus untuk ibu hamilApa saja sayuran yang bagus untuk ibu hamil? dan sayuran yang dilarang bagi ibu hamil terdapat sayuran yang bagus untuk ibu hamil dan sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Mari kita lihat satu per satu. Sayuran yang bagus untuk ibu hamil:

  1. Brokoli
    Brokoli sangatlah bagus karena memiliki segudang manfaat, mulai dari kata akan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, serat, zat besi, kalsium, kalium dan folat. Serta mencegah sembelit dan menurunkan resiko janin yang lahir dengan berat badan rendah.
  2. Bayam
    Bayam tidak kalah baik untuk ibu hamil. Bayam mengandung vitamin, asam folat, kalsium dan serat. Bayam juga dapat mencegah cacat pada janin dan membantu dalam pembentukan sel dan jaringan pada janin.
  3. Kale
    Apakah teman-teman pernah mendengar sayuran kale? Kale termasuk daftar sayuran apa saja yang baik untuk ibu hamil juga loh. Kale mengandung vitamin A dan C, serta mengandung vitamin K yang dapat memenuhi kebutuhan akan Vitamin K sehingga janin tidak akan kekurangan Vitamin K saat lahir.
  4. Selada
    Selada mengandung folat yang tinggi dan kandungan air yang tinggi sehingga resiko janin cacat dan kekurangan air berkurang.

 

Apakah sayur kangkung baik untuk ibu hamil

Selanjutnya kita akan melihat sayuran yang dilarang untuk ibu hamil :

  1. Taoge mentah
    Ibu hamil tidak disarankan untuk memakan taoge mentah, karena dapat memancing pertumbuhan bakteri yang dapat membahayakan janin. Selain taoge, beberapa sayuran lainnya juga tidak disarankan untuk dimakan secara mentah.
  2. Lalapan yang tidak bersih
    Lalapan memang sangat menggiurkan, terlebih lagi dimakan dengan sambal. Namun Pada ibu hamil harus berhati-hati, karena jika lalapan tidak bersih dapat beresiko terkena bakteri Coli, Salmonella dan Listeria. Bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan janin cacat atau mengalami kebutaan
  3. Daun pepaya
    Menurut penelitian, ternyata pepaya termasuk ke dalam daftar sayuran yang dilarang untuk ibu hamil loh. Karena daun pepaya mengandung zat aktif yang dapat menjadi racun pada rahim.
  4. Pare
    Pare juga dapat menyebabkan beberapa penyakit loh jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut penelitian, jika mengkonsumsi pare maka dapat mengalami sakit perut, sakit kepala, kram dan diare serta menyebabkan gula dara yang sangat rendah.

Apakah manfaat sayur kangkung bagi ibu hamil?

Dari beberapa sayuran-sayuran tersebut terdapat satu sayuran lagi yang membingungkan apakah bagus atau tidak jika dimakan. Apakah sayur kangkung baik untuk ibu hamil?

Menurut penelitian, kangkung memiliki banyak nutrisi yang baik. Kandungan kangkung yaitu Vitamin A, Vitamin C, protein, serat, asam folat, zat besi, kalsium dan zinc.

Namun dari kandungan-kandungan tersebut apakah sayur kangkung baik untuk ibu hamil? Jawabannya adalah baik namun harus dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Alasannya adalah kangkung mengandung asam oksalat yang dapat mengganggu dalam menyerap kalsium, yang dimana dapat membuat beresiko terkena osteoporosis.

Perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil, sehingga nutrisi didapatkan dan baik ibu hamil maupun janin tetap sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.