5 Buah Untuk Sakit Tipes

Buah Untuk Sakit Tipes

Buah untuk sakit tipes sering dipilih oleh mereka yang memiliki sakit tipes untuk lebih rutin dikonsumsi. Selain buah memiliki rasa yang lezat, buah juga menjadi cemilan sehat yang juga segar. Buah tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi dan juga kaya akan serat.

Tipes atau deman tifoid merupakan penyakit yang sifatnya akut, disebabkan oleh salah satu jenis bakteri yang bernama Salmonella thyphi. Bakteri ini sering ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Bakteri ini juga dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain.

Buah untuk sakit tipes dianjurkan untuk dikonsumsi untuk menghindari dan penyembuhan penyakit tipes. Penyakit ini bukanlah penyakit yang bisa disepelekan. Karena penyakit ini dapat menyebar ke organ tubuh lain bagi penderitanya. Penyakit ini dapat menular dari penderita tipes melalui feses atau urine.

Penyakit tipes harus banyak makan apa?

Gejala yang dialami oleh seseorang yang menderita penyakit tipes diantaranya adalah demam tinggi antara 39-40 derajat C, sakit kepala, nyeri otot, mudah lelah, diare, muncul ruam pada kult, hingga kehilangan nafsu makan. Menjaga kesehatan diri agar terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk tipes perlu untuk dilakukan.

Saat mengalami tipes, Anda tidak boleh sembarangan memilih makanan yang akan Anda konsumsi, karena beberapa makan dikhawatirkan akan memperburuk keadaan penderita penyakit ini. Berbagai jenis buah untuk sakit tipes yang dapat Anda konsumsi adalah sebagai berikut:

  1. Air Kelapa

Air kelapa memiliki rasa agak manis dan mengandung cukup rendah kalori juga karbohidrat. Air kelapa dapat mengatasi dehidrasi dan menyegarkan. Karena dalam kondisi tubuh yang sakit, bisa mengalami dehidrasi yang tidak dapat disepelekan.

  1. Aprikot

Buah ini memiliki kadar air yang tinggi. Selain mampu memenuhi kebutuhan air para penderita tipes, buah ini juga kaya antioksidan dan juga vitamin, seperti folat, vitamin A, B, dan E.

  1. Anggur

Anggur adalah salah satu buah yang mudah dicerna tubuh. Anggur memilik kadar air yang tinggi dan antioksidan, seperti resveratrol dan flavonoid.

  1. Pisang

Semangka mengandung potasium dan vitamin C yang dapat memberikan energy lebih bagi penderita tipes.

  1. Buah Naga

Vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membatu memperlancar pencernaan saat tipes.

Penyakit Tipes Harus Banyak Makan Apa? Selain dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah, penyakit tipes harus banyak makan apa?

Bagaimana Agar Tipes Cepat Sembuh?

Bagaimana agar tipes cepat sembuh?

Lalu, bagaimana agar tipes cepat sembuh? Salah satu pengobatan paling efektif daah denagn menggunakan antibiotic yang diresepkan oleh dokter. Selain itu beberapa penanganan yang dapat dilakukan adalah:

  • Istirahat cukup

Istirahat merupakan hal yang sangat membantu proses pemulihan ketika sedang sakit. Cobalah untuk menghidari kegiatan-kegiatan yang berat selama sakit agar tidak memperburuk kondisi tubuh.

  • Minum air putih

Ketika sakit, penderita akan rawan mengalami dehidrasi, usahakan untuk mengonsumsi air dengan cukup untuk menghindari terjadinya dehidrasi

  • Pilihlah makanan yang mudah dicerna

Tipes merupakan penyakit gangguan yang terjadi pada usus. Memilih makanan yang lunak seperti bubur dapat dilakukan untuk setidaknya dapat meringankan kerja usus.

Apa Saja Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Gejala Tipes?

Apa saja yang tidak boleh dimakan saat gejala tipes?

Setelah membahas makanan yang baik untuk penderita penyakit demm tifoid, kita juga perlu mengetahui tentang pantangan makanan bagi penderita penyakit ini. Apa saja yang tidak boleh dimakan saat gejala tipes? Jawabanya adalah makanan mentah, makanan pedas dan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Demikian ulasan tentang buah untuk sakit tipes. Tetap jaga kesehatan, ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.