5+ Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil, Apa saja?

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Pola dan menu makanan yang baik adalah hal yang penting dalam masa kehamilan. Makanan yang sehat dapat membuat ibu maupun janin menjadi sehat. Salah satu makanan yang sehat adalah buah-buahan yang bernutrisi dan mengandung banyak vitamin. Buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin ini berperan penting dalam perkembangan janin. Ada banyak buah yang bagus untuk ibu hamil.

Buah Apa yang Bagus untuk Perkembangan Janin?

Buah Apa yang Bagus untuk Perkembangan Janin?

Terdapat juga buah-buahan lain yang dapat memenuhi asupan gizi dan nutrisi untuk janin. Jadi, buah apa yang bagus untuk perkembangan janin? Berikut buah yang kaya nutrisi dan vitamin untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mangga

Buah yang bagus untuk ibu hamil dan peekmbangan janin adalah mangga, karena mangga banyak mengandung vitamin A dan C. Oleh sebab itu, mangga sangat kami sarankan ibu hamil untuk mengonsumsi  , karena jika bayi yang lahir kekurangan vitamin A maka kemungkinan besar akan memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

Semangka

Semangka juga kaya akan nutrisi. Dalam semangka terkandung vitamin A, C, B6, dan juga magnesium yang dapat merilekskan otot sehingga mencegah kontraksi prematur saat kehamilan. Selain itu, ternyata semangka juga dapat melawan morning sickness karena dapat mengurangi rasa panas dalam perut dan kekurangan cairan.

Kiwi

Selain rasanya yang enak, ternyata kiwi mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat inilah yang janin paling butuhkan, agar terhindar dari cacat saat pertumbuhan janin. Kiwi juga membantu ibu hamil menyerap zat besi lebih efisien. Oleh sebab itu, buah ini merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil.

Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan asam folat dan serat. Dengan mengonsumsi apel saat hamil, maka janin akan mendapat nutrisi untuk mengembangkan otaknya dan terhindar dari kecacatan. Manfaatnya juga dapat bumil rasakan, ibu akan terhindar dari konstipasi yang sering terjadi pada masa kehamilan.

Beri

Dari raspberi sampai strawberry, semua buah beri ini kaya akan antioksidan yang bisa membantu mencegah berbagai penyakit serius pada ibu dan janin dalam  kandungan.

Alpukat

Alpukat termasuk dalam buah yang bagus untuk ibu hamil. Karenakan alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, kalium, serta asam folat.

Karena kandungan gizinya yang banyak, alpukat dapat membantu mengurangi morning sickness, sama seperti buah semangka.

Selain itu, alpukat juga dapat membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan janin.

Namun, karena alpukat mengandung banyak lemak, sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini terlalu banyak.

Buah Apa Saja yang Tidak Boleh dikonsumsi Ibu Hamil?

Buah Apa Saja yang Tidak Boleh dikonsumsi Ibu Hamil?

Selain beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil, ternyata ada juga beberapa buah yang dilarang dikonsumsi saat sedang hamil. Buah apa saja yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Berikut merupakan beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi ketika ibu hamil.

  • Nanas, dapat menyebabkan keguguran
  • Anggur, dapat membuat hormon tidak stabil
  • Durian, mengandung alkohol yang tidak diperbolehkan untuk ibu hamil
  • Melon, beresiko prematur hingga cacat janin
  • Nangka, dapat membuat perut terasa panas

Cemilan Apa yang Cocok Untuk Ibu Hamil?

Cemilan Apa yang Cocok Untuk Ibu Hamil?

Tak selalu harus makan buah, ternyata ada juga beberapa cemilan yang cocok untuk ibu hamil yang lezat dan bergizi.

  • Yogurt dan buah segar

Yogurt dapat mengurangi mual saat hamil muda, akan terasa nikmat jika menambahkan buah-buahan didalamnya. Ini merupakan cemilan yang cocok untuk ibu hamil.

  • Smoothies buah

Ini adalah makanan dari campuran susu dan buah, tentunya bisa dibuat dirumah sendiri, tanpa harus membelinya diluar.

  • Bubur kacang hijau

Ini bisa menjadi cemilan untuk ibu hamil karena bubur kacang hijau merupakan sumber karbohidrat, mineral dan protein nabati. Kandungan lemak tak jenuh dalam bubur kacang hijau pun dapat membantu perkembangan otak janin.

  • Salad sayur

Sayuran mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti serat, vitamin dan mineral. Oleh sebab itu, mengonsumsi salad sayur dapat melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin.

  • Ubi

Kaya akan beta-karoten, dengan mengonsumsi ubi akan memaksimalkan pertumbuhan sel-sel pada janin. Kandungan serat ubi pun dapat membantu mencegah ibu hamil dari gangguan sembelit atau konstipasi.

Itulah beberapa cemilan dan buah yang bagus untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.