5 Buah Yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan penayit yang tidak asing ditelinga. Penyakit ini dapat disebabkan oleh pola hidup yang berantakan, menu makanan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik. Dampaknya tekanan darah sekitar 120/80 mmHg menjadi naik lebih tinggi. Lantas, apakah ada buah yang bisa menurunkan darah tinggi Simak ulasan dibawah ini.

Darah Tinggi Harus Makan Buah Apa?

Darah tinggi harus makan buah apa?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa buah yang bisa menurunkan darah tinggi, namun buah itu bukanlah obat darah tinggi dan hanya sebagai tambahan untuk menjaga Kesehatan supaya terhindar dari darah tinggi.

  • Semangka

Semangka termasuk dalam buah yang bisa menurunkan darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan dalam semangka kaya akan nutrisi, berupa vitamin A, vitamin C, magnesium dan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, semangka juga mengandung L-citrulline yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

  • Pisang

Selanjutnya ada buah pisang. Pisang menjadi salah satu buah penurun darah tinggi karena mengandung potassium, sama seperti alpukat dan apel.

  • Alpukat

Alpukat termasuk ampuh dalam menurunkan darah tinggi karena buah ini mengandung potasium yang gunanya untuk membantu dalam mengontrol tekanan darah. Alpukat dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk buah atau dapat mengolahnya menjadi minuman sehat dan juga salad sehat.

  • Apel

Sederet buah yang bisa menurunkan darah tinggi ketiga adalah apel. Sama seperti alpukat, buah ini mengandung potasiu. Jadi, ada baiknya rutin mengonsumsi buah apel setiap pagi untuk membantu Anda dalam menurunkan maupun mengontrol tekanan darah.

  • Anggur

Anggur juga dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Anggur memiliki kandungan polifenol yang fungsinya untuk mengotrol tekanan darah. Apa itu polifenol? Ternyata polifenol merupakan yang dikenal sebagai antioksidan dan dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Buah ini pun rendah kalori dan mengandung tinggi serat, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi (darah tinggi).

  • Kiwi

Berdasarkan sebuah penelitian, penderita darah tinggi (hipertensi) yang rutin makan buah kiwi setiap hari mengalami penurunan tekanan darah. Kandungan nutrisi yang dapat enurukan tekanan darah dimiliki oleh kiwi, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. Oleh sebab itu, kiwi termasuk buah yang bisa menurunkan tekanan darah.

  • Buah bit

Bit juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut penelitian, setelah 6 jam mengonsumsi bauh bit terjadi reaksi penurunan tekanan darah sistolik. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung nitrat yang berperan dalam penurunan tekanan darah.

Sayur dan Buah Apa Yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

Sayur dan buah apa yang bisa menurunkan darah tinggi?

Selain buah yang bisa menurunkan darah tinggi, ternyata juga terdapat beberapa sayur. Jadi, sayur dan buah apa yang bisa menurunkan darah tinggi? Karena diatas telah menjelaskan tentang buah yang dapat menurunkan darah tinggi, maka selanjutnya kita akan membahas tentang sayur-sayuran yang bisa menurunkan darah tinggi.

  1. Wortel

Wortel merupakan sayur yang sering dimasak karena rasanya yang enak dan tentunya bergizi. Ternyata wortel termausk kedalam sayuran yang dapat menurukan darah rendah loh. Hal itu dikarenakan wortel mengandung senyawa felonik tinggi seperti p-coumaric, klorogenik, p-coumaric, dan asam caffeic. Senyawa ini merupakan senyawa yang dapat mengurangi peradangan, membantu mengendurkan pembuluh darah, dan membantu menurunkan darah tinggi.

  1. Brokoli

Sayuran yang satu ini mengandung antioksidan flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

  1. Bayam

Nitrat yang terkandung dalam brokoli juga terkandung dalam bayam. Kandungan nitrat inilah yang berfungsi untuk mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Selain itu, bayam juga kaya akan antioksidan, kalsium, potasium, dan magnesium yang tentunya bermanfaat untuk tekanan darah yang normal.

  1. Seledri

Seledri termasuk dalam sayur yang dapat menurunkan darah tinggi. Hal itu karena seledri mengandung senyawa phthalides. Senyawa ini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

  1. Swiss Chard

Apakah ada yang tau sayuran ini? Swiss chard adalah sayuran berdaun hijau yang masih berkerabat dekat dengan bit dan bayam. Sayuran yang satu ini juga baik dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi karena mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah.

Darah Tinggi Tidak Boleh Makan Apa Saja?

Darah tinggi tidak boleh makan apa saja?

Selain kita diharuskan makan buah yang bisa menurunkan darah tinggi, ternyata penderita penyakit darah tinggi perlu menghindari makanan tertentu, tepatnya makanan yang menyebabkan darah tidak kunjung normal bahkan semakin tinggi. Jadi, darah tinggi tidak boleh makan apa saja? Berikut merupakan makanan yang pelu dihidari saat darah tinggi.

  • Sup dan tomat kalengan
  • Daging Olahan
  • Acar
  • Makanan dan minuman manis
  • Garam
  • Makanan yang digoreng
  • Alkohol

Demikianlah pembahasan tentang buah yang bisa menurunkan darah tinggi, dan juga sayuran yang dapat dikonsumsi saat hipertensi, serta makanan yang dianjurkan untuk dihindari saat sedang mengalami hipertensi.

Perlu diketahui bahwa buah-buahan tersebut tidak mampu menggantikan obat darah tinggi dan perlu diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.