5 Buah yang Mengandung Vitamin B

Buah yang Mengandung Vitamin B

Buah merupakan sumber nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah mengandung beberapa vitamin, salah satunya adalah vitamin B. Vitamin B penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Buah yang mengandung vitamin B tentu dapat dipilih untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin Anda.

Vitamin B terdiri dari 8 jenis, dimana masing-masingnya memiliki manfaat yang berbeda-beda, diantaranya adalah, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan vitamin B12. Gabungan dari 8 jenis vitamin b disebut vitamin B kompleks.

Jika Anda sampai mengalami kekurangan vitamin B tentu itu akan beresiko bagi kesehatan Anda. Kekurangan vitamin B akan menyebabkan peyakit anemia dan beri-beri. Gejalanya ditandai dengan, lidah bengkak, mudah lelah, bibir pecah-pecah, mual, ruam kulit, diare, dan kesemutan.

Buah yang mengandung vitamin B dapat kita temukan dengan mudah disekitar kita. Ragam buah yang bervariasi tentu sangat membantu kita dalam mencukupi kebutuhan vitamin, dan tidak membuat kita bosan saat mengonsumsinya.

Vitamin B pada makanan apa saja?

Kita yang menginginka hidup sehat, buah yang mengandung vitamin B sangat dianjurkan untuk dijadikan menu makanan teratur sehari-hari. Beberapa buah dibawah ini diketahui memiliki kandungan vitamin B, buah apakah itu? Mari kita simak!

  1. Jeruk Limau Gedang

Jenis jeruk ini memiliki daging yang berwarna merah. Rasa buah dari jeruk ini mirip dengan Jeruk Bali. Buah ini mengandung vitamin B2 atau yang disebut juga Riboflavin. Vitamin B2 berfungsi untuk menjaga produksi sel darah merah, sehingga tetap stabil.

  1. Peach

Buah ini disebut juga denga Buah Persik. Memiliki aroma daging yang harum dengan buah berwarna kuning. Berkulit seperti apel namun dilapisi rambut halus. Buah persik memiliki kandunga vitamin B3 (Niasin)

  1. Nanas

Nanas mengandung vitamin B1 atau Thiamin. Jenis vitamin ini memiliki manfaat untuk meningkatkan daya pikir.

  1. Semangka

Buah yang memiliki vitamin B selanjutnya adalah Buah Semangka. Lebih tepatnya adalah buah ini mengandung vitamin B6 yang berperan dalam menjaga keehatan otak dan memperlancar peredaran darah yang ada didalam tubuh

  1. Pisang

Pisang mengandung vitamin b dan zat bei untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Demikian adalah beberapa buah yang mengandung vitamin B. Namun, tidak hanya buah yang mengandung vitamin B. Beberapa masakan juga mengandung vitamin B.

Vitamin B pada Makanan Apa Saja?

Sayuran apa saja yang mengandung vitamin B?

Adapun beberapa makan yang dapat Anda konsumsi, untuk memenuhi kebutuhan vitamin B Anda. Lalu, vitamin B pada makanan apa saja? Berikut beberapa pilihan makanan yang mengandung vitamin B:

  1. Salmon
  2. Hati
  3. Daging sapi
  4. Telur
  5. Susu
  6. Kerang
  7. Legum
  8. Ayam
  9. Kuaci
  10. Sayuran hijau

Sayuran Apa Saja Yang Mengandung Vitamin B?

Apa saja manfaat vitamin B?

Sayuran juga tak kalah pentingnya dengan buah, biasanya sayur selalu menjadi pelengkap lauk pauk sehat Anda dirumah, bukan? Seperti yang kita ketahui, sayuran juga merupakan sumber gizi bagi tubuh. Lalu, sayuran apa saja yang mengandung vitamin B? Sayuran yang mengandung vitamin B adalah sebagai berikut:

  1. Bayam
  2. Kembang kol
  3. Lobak
  4. Brokoli
  5. Mentimun
  6. Asparagus

Apa Saja Manfaat Vitamin B?

Sejauh ini kita telah membahas buah, sayur, hingga makanan yang mengandung Vitamin. Sudakah Anda mengetahui apa saja manfaat vitamin B? Vitamin B memiliki fungi utama yaitu memecah nutrisi penting yang masuk kedalam tubuh kemudian mengubahnya menjadi energi. Umumnya vitamin B dibutuhkan untuk mendukung reaksi kimia untuk menjalankan fungsi tubuh.

Sudahkah Anda mengonsumsi buah dan sayur hari ini? Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.