5+ Gejala Penyakit Tonsilitis Adalah? Mari Ulas Tuntas!

gejala penyakit tonsilitis adalah

Tonsilitis biasa disebut radang amandel adalah peradangan pada dua bantalan jaringan berbentuk oval letaknya berada di belakang tenggorokan. Jaringan berbentuk oval (amandel) tersebut berfungsi mencegah tubuh terkena infeksi. Amandel akan mengalami peradangan saat terjadi infeksi. Beberapa gejala penyakit tonsilitis adalah sebagai berikut:

  • Sakit tenggorokan 
  • amandel membengkak atau memerah
  • muncul lapisan atau bercak putih pada amandel
  • sulit menelan
  • demam
  • kelenjar getah bening di leher membesar
  • suara serak
  • bau mulut
  • sakit perut
  • leher kaku
  • sakit kepala.

Penyebab Tonsilitis

Penyebab tonsilitis

Gejala Penyakit tonsilitis adalah sakit tenggorokan, hal ini dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Bakteri yang seringkali menjadi penyebab tonsilitis adalah streptococcus. Amandel merupakan bagian tubuh yang rentan mengalami infeksi karena menjadi garis pertahanan utama terhadap bakteri atau virus yang masuk ke mulut. Namun perlu diketahui bahwa fungsi amandel akan menurun setelah mengalami pubertas dan itu sebabnya bagian tubuh ini rentan terinfeksi.

Apakah Tonsilitis Menular

Apakah tonsilitis menular

Saat mengetahui tentang infeksi amandel, maka kita akan bertanya, apakah tonsilitis menular? Ternyata sama seperti flu, radang amandel juga menular dengan mudah. Ini biasanya terjadi melalui kontak langsung dari orang yang sakit ke orang yang sehat.

Faktor penularan lainnya bisa disebabkan oleh :

  1. Menghirup udara yang terkontaminasi dengan bersin atau batuk orang terinfeksi.
  2. Menyentuh wajah, hidung atau mulut setelah memegang benda apa pun yang terkena tetesan air liur yang terinfeksi.
  3. Memakai alat makan secara bergantian dengan orang yang terinfeksi.

Penyebab radang amandel ialah infeksi virus biasanya akan menular dalam waktu 7 sampai 10 hari. Meskipun radang amandel menular dengan mudah, anak-anak dan remaja yang paling rentan terkena penyakit ini jika kita bandingkan orang dewasa. Kenapa demikian? Itu disebabkan orang yang lebih muda, biasanya lebih sering berinteraksi dengan orang lain dan kurang waspada dengan kebersihan diri. Lalu apakah ada cara untuk mencegah penularannya?

Cara Mencegah Tonsilitis

Cara Mencegah Tonsilitis

Berikut merupakan cara mencegah tonsilitis agar kita tidak tertular infeksi amandel ini.

Rutin mencuci tangan

Rutin mencuci tangan merupakan cara pencegahan terkena kontaminasi virus yang menjadi penyebab radang amandel. Terlebih bila akan menyentuh area wajah, seperti mulut atau hidung,

ada baiknya memastikan tangan bersih saat akan memegang wajah. Kita juga perlu mencuci tangan bila kontak dengan seseorang yang sedang mengalami batuk, flu bahkan sakit tenggorokan.

Mengganti sikat gigi secara rutin

Cara lainnya untuk mencegah penularan dan penyebaran virus penyebab radang amandel adalah perlunya mengganti sikat gigi secara rutin. Kita harus menggantik sikat gigi 3-4 bulan sekali. Selain itu, kita diharuskn tidak menggunakan sikat gigi secara bersamaan dengan orang lain.

Hindari memakai peralatan makan bersama

Cara mencegah penularan virus dan bakteri penyebab radang amandel selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan peralatan makan secara bersamaan dengan orang lain. Dikarenakan kita tidak mengetahui apakah orang lain terkontaminasi virus dan bakteri penyebab radang amandel atau tidak.

Ada baiknya, bila mencegahnya dengan tidak menggunakan peralatan makan bersama.

Menjaga kebersihan ruangan

Kebersihan ruangan yang tidak terjaga dengan baik merupakan faktor yang dapat meningkatkan penularan radang amandel ini. Oleh sebab itu, ada baiknya kita membersihkan rumah secara rutin untuk mengurangi resiko penularan ini.

Minum air putih

Karena gejala penyakit tonsilitis adalah demam, maka perlu bagi kita untuk mencukupi air dalam tubuh. Minum air putih merupakan salah satu cara mencegah penyakit radang amandel karena membersihkan tenggorokan dari virus dan bakteri yang menempel. Selain itu, kita juga perlu menjaga tubuh tetap sehat dengan istirahat yang cukup sehingga tubuh tidak mudah lelah, karena saat kelelah maka tubuh kita mudah terkena penyakit.

Menggunakan masker

Menggunakan masker juga bisa menjadi cara untuk mengurangi penularan radang amandel.

Karena ketika sedang bepergian, Anda tidak tahu orang lain sudah terkontaminasi virus penyebab radang amandel atau tidak.

Karena gejala penyakit tonsilitis adalah kelenjar getah bening di elehr membangkan, maka perlu diketahui jika radang amandel bisa menular lewat air liur dan embusan napas penderitanya sehingga masker menjadi upaya untuk mencegah penularan penyakit ini.

Rutin berolahraga

Gejalan penyakit tonsilitis adalah sakit tenggorokan, demam, sakit kepala dan lainnya. Itu disebabkan karena kita kurang berolahraga sehingga tubuh kita rentang terkena penyakit. Olahraga sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Saat tubuh bugar, virus dan bakteri tidak akan berkembang sehingga Anda lebih sehat dan jauh dari penyakit radang amandel

Itulah gejala, penyebab dan cara mengatasi penyakit tonsilitis yang perlu kita ketahui. Selalu cintai kesehatan supaya kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.