5+ Makanan dan Buah Penurun Demam yang Baik untuk Menurunkan Panas Tubuh

Buah Penurun Demam

Selain menggunakan obat-obatan untuk menurunkan demam, ternyata ada beberapa buah penurun demam yang tergolong bisa membantu kerja sistem kekebalan tubuh, menambah asupan cairan dalam tubuh, dan melawan infeksi. Pentingnya mencukupi kebutuhan cairan saat demam karena saat demam tubuh akan kehilangan cairan lebih banyak, dan menghabiskan energi lebih banyak pula sehingga tubuh pun terasa lemas.

Penyakit demam merupakan penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja. Terlebih saat cuaca tidak menentu dan keadaan tubuh yang buruk, maka kita akan rentan terkena demam. Saat demam, biasanya tubuh menjadi lemas dan pusing, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh meningkat lebih dari 38 derajat celsius.

Beberapa buah penurun deman tersebut dapat dijadikan langkah lain dalam menurunkan panas tubuh. Selain rasanya yang segar dan enak, buah-buahan tersebut dapat dengan mudah ditemukan dipasar maupun di supermarket.

Berikut ini Merupakan Buah Penurun Demam yang Perlu diketahui:

  1. Jeruk

Siapa yang tidak kenal jeruk? Jeruk merupakan buah yang populer karena kandungan vitamin C nya yang tinggi dan baik untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, serta membunuh virus dan membasmi bakteri. Oleh sebab itu,b uah ini cocok dikonsumsi saat demam.

  1. Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki kandungan banyak air, dengan mengonsumsi semangka saat demam maka kita bisa mencukupi cairan yang berkurang dalam tubuh. Tidak hanya terdehidasi, ternyata semangka juga memiliki kandungan likopen. Likoprn berfungsi mengurangi peradangan yang menyebabkan badan panas. Jadi saat mengonsumsi semangka, maka suhu tubuh akan segera menurun dengan cepat.

  1. Kelapa

Buah kelapa, terutama air kelapa, ternyata dapat menurunkan panas dengan cepat karena air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kerja kekebalan tubuh sehingga demam bisa menurun dengan cepat. Selain mengandung antioksidan, air kelapa juga mengandung elektrolit dan glukosa yang dapat mencukupi cairan dan menambah kalori dalam tubuh untuk melawan infeksi.

  1. Apel

Buah favorit banyak orang ini, juga berkhasiat untuk menurunkan demam. Kandunga flavonoid pada apel dapat membantu melawan infeksi dan peradangan yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Oleh sebab itu, buah apel ini cocok dijadikan sebagai buah penurun demam.

  1. Pisang

Selanjutnya ada pisang. Pisang mengandung banyak kalori yang dapat membantu menambah energi tubuh kita, dan juga dapat melawan peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri, sehingga demam akan lekas turun.

  1. Alpukat

Sebagai buah terbaik yang dikonsumsi saat demam, alpukat memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh, seperti meningkatkan energi, vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Alpukat dapat dijadikan sebagai penurun demam karena mengandung asam oleat yang gunanya sebagai antiradang dan dapat pula membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi saat demam.

Makanan Apa yang Bisa Menurunkan Demam?

Makanan Apa yang Bisa Menurunkan Demam?

Selain buah penurun demam, ternyata juga ada makanan yang bisa menurunkan demam loh. Apa saja makanan yang bisa menurunkan demam? Berikut beberapa makanan tersebut.

  1. Yogurt

Didalam yogurt terkandung bakteri baik yang dapat membantu melawan dan mengancurkan mikroba berbahaya dalam tubuh. Oleh sebab itu, yogurt menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat demam.

  1. Sup kaldu ayam

Sup kaldu ayam ternyata mengandung asam amino dan protein yang dapat memberikan energi ketika kita kekurangan cairan disaat demam. Makanan ini juga dapat memberikan rasa nyaman dan membantu meredakan hidung tersumbat, serta sakit tenggorokan. Wajar jika kita demam, maka menu makanan yang cocok adalah sup ayam ini.

  1. Brokoli

Brokoli juga sama fungsinya seperti buah penurun panas. Sayuran yang satu ini mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Brokoli mengandung vitamin A, C, dan E dan banyak antioksidan lainnya. Oleh sebab itu, brokoli menajdi makanan yang cocok dikonsumsi saat deman.

  1. Teh herbal

Teh herbal dapat merangsang kekebalan tubuh dengan kandungan berupa senyawa alami seperti polifenol, katekin, dan flavonoid. Menghirup teh herbal juga dapat merilekskan tubuh. Kita juga dapat menikamti teh herbal ini dengan campuran kunyit bubuk, karena kunyit bubuk mengandung sifat anti-inflamasi dan juga antiseptik.

  1. Salmon

Salmon merupakan salah satu sumber protein terbaik untuk dimakan saat sakit. Mudah dimakan karena terksturnya yang lembut dan penuh dengan protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan tubuh saat demam. Salmon juga mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin D yang dapat menambah kekebalan tubuh.

Apakah Bagus Makan Buah Saat Demam?

Apakah Bagus Makan Buah Saat Demam?

Saat demam, untuk menjaga cairan dan energi dalam tubuh, kita perlu memakan makanan yang mengandung zat dan vitamin yang dapat melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Jadi, apakah bagus makan buah daat demam? Tentu saja, makan buah saat demam sangat bagus untuk tubuh, terutama buah-buahan yang disarankan, buah-buahan yang mengandung vitamin tinggi, beberapa buah tersebut telah dijelaskan diatas, yaitu seperti buah jeruk, semangka, apel, pisang, alpukat, kelapa, beri, dan buah lainnya.

Buah apa saja yang tidak boleh dimakan saat demam?

Buah apa saja yang tidak boleh dimakan saat demam?

Selain buah-buahan yang dianjurkan untuk dimakan saat demam, ternyata ada beberapa buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi saat kita sedang demam. Buah apa saja yang tidak boleh dimakan saat demam? Beberapa buah-buahan seperti, durian, mangga, nangka, kedondong, belimbing ulung, buah kotor, buah dingin, buah lama, buah kaleng, dan bahkan manisan buah ini tidak diperbolehkan untuk dimakan saat demam, dikarenakan kandungan yang tidak sesuai dengan keadaan saat demam, sehingga dapat mengakibatkan demam tidak kunjung turun.

Itulah beberapa makanan dan buah penurun demam yang perlu kita ketahui agar demam tidak memburuk, dan perlu diperhatikan juga beberapa buah yang tidak boleh dimakan saat demam karena dapat memperburuk demam. Semoga bermanfaat.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.