5 Makanan Penyembuh Wasir yang Ampuh!

Makanan Penyembuh Wasir

Apa saja Makanan penyembuh wasir? Seperti yang sudah di ketahui, kurangnya makanan yang berserat bisa menyebabkan dan memperburup kondisi wasir.  

Mengkonsumsi makanan berserat tentunya akan membuat kondisi wasir lebih baik. Terasa nyeri di bagian anus ketika duduk bisa jadi itu adalah pertanda bahwa anda sedang mengalami penyakit ambeien atau wasir.  

Wasir dalam medis disebut dengan hemoroid, hemoroid merupakan suatu kondisi terjadinya pelebaran pembulu darah yang berada di sekitar anus. Kondisi itu terjadi karena mengejan terlalu keras, obesitas, kehamilan, kurang konsumsi makanan berserat, atau duduk terlalu lama.  

Umumnya wasir dapat hilang dengan sendirinya, namun pada kondisi ini akan tetap mengganggu bahkan bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya. Karena itu lebih baik jika melakukan upaya untuk mengatasi wasir. Rekomendasi Makanan penyembuh wasir diantaranya yaitu:

  1. Apel 
    Makanan penyembuh wasir yang pertama yaitu buah apel karena memiliki jumlah serat yang banyak. Mengandung serat larut yang membuat konsistensi seperti gel dalam saluran pencernaan, karena ini kotoran jadi lunak dan mudah dikeluarkan. 
  2. Yoghurt 
    Makanan penyembuh wasir yang kedua yaitu yoghurt. Menurut para peneliti yoghurt dapat mencegah dan mengobati wasir. Karena yoghurt makanan fermentasi yang mengandung probiotik yang mampu membantu menjaga kesehatan dan membantu kerja usus. 
  3. Seledri 
    Makanan ketiga yaitu seledri. Seledri merupakan sayuran hijau yang mengandung air dan serat dalam kadar yang tinggi. Mengkonsumsi seledri dengan jumlah yang tepat setiap hari akan membuat pergerakan usus menjadi optimal sehingga akan melancarkan buang air besar. 
  4. Pisang 
    Makanan keempat yaitu pisang. Pisang terbukti berperan dalam mencegah dan mengurangi keparahan gejala wasir. 
  5. Air putih 
    Mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari sangat penting untuk mencegah terjadinya wasir. 

Apa Saja Pantangan Wasir? 

Apa Saja Pantangan Wasir? 

Untuk sebagian orang mungkin belum tahu apa saja pantangan wasir? Berikut beberapa pantangan wasir. Untuk lebih lengkapnya kalian dapat membaca artikel ini.

  • Makanan asam
    Karena rasa asam tersebut akan membuat perih saat BAB. Menghindari makanan asam pun merupakan pantangan penyakit asam lambung 
  • Sambal 
    Makanan pedas seperti sambel mempunyai rasa yang kuat. Rasa pedas akan membuat penderita wasir merasa kesakitan saat BAB. Pendarahan akan di perparan dengan kandungan capsicum yang ada di dalam cabai 
  • Biji – bijian 
    Merupakan makanan yang kurang akan nutrisi dan serat. Serat dan nutrisi bermanfaat untuk pencernaan dan BAB. Biji yang berhenti di usus akan mengakibatkan sembelit dan biji – bijian bisa juga membuat wasir semakin parah. 
  • Makanan panas 
    Makanan yang dimakan saat kondisi panas akan menyebabkan rasa panas di perut dan juga di anus. 
  • Makanan tidak berserat 
    Makanan yang tidak berserat sangat tidak dianjurkan untuk penderita ambeien atau wasir. Karena makanan yang tidak berserat akan membuat feses keras. Penderita wasir akan merasakan sangat kesakitan ketika mengeluarkan feses yang keras. 

Buah Apa untuk Wasir? 

Buah Apa untuk Wasir?

Ada beberapa buah yang ternyata bisa untuk menyembuhkan wasir. Buah apa untuk wasir? Diantaranya yaitu raspberry, blackberry, strawberry, blueberry, pisang, pir, kiwi, kurma, jeruk, jambu biji, delima 

Berapa Lama Wasir bisa Kempes? 

Berapa Lama Wasir bisa Kempes? 

Mungkin tidak banyak diketahui berapa lama wasir bisa kempes? Karena tidak bisa menjamin wasir atau ambeien bisa kempes dengan waktu yang cepat. 

Namun bisa dipastikan jika anda berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pengobatan pada saat merasakan gejala wasir. Namun jika wasir sudah memasuki stadium 4 munkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar dua sampai tiga bulan jika rutin pengobatan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.