5+ Makanan yang Tidak Boleh dimakan Saat Haid!

Makanan yang Tidak Boleh dimakan Saat Haid

Ternyata memang ada minuman dan makanan yang tidak boleh dimakan saat haid, karena minuman serta makanan tersebut dapat membuat nyeri pada perut semakin parah.

Haid atau menstruasi sendiri adalah keluarnya darah dari vagina pada perempuan akibat siklus bulanan yang perempuan alami. Haid bisa membuat para wanita tidak enjoy menjalani hari-harinya, karena siklus bulanan ini membuat perut terasa nyeri, kembung, bahkan migran. 

Tentu saja hal tersebut membuat para wanita memiliki pantangan minuman dan makanan yang tidak boleh dimakan saat haid, karena bisa membuat gejala yang mereka alami semakin parah. Berikut adalah ulasan tentang minuman serta makanan yang buruk dan baik ketika haid. Apa saja?

Minuman Apa saja yang Tidak Boleh Diminum saat Haid?

Minuman Apa saja yang Tidak Boleh Diminum saat Haid?

Minuman memang suatu hal yang tidak bisa kita hindari dalam kegiatan sehari-hari, apalagi di zaman sekarang minuman sangat beraneka ragam rasanya, mulai dari yang hangat sampai dingin, hingga pahit sampai manis. Namun, tahukah kalian minuman apa saja yang tidak boleh diminum saat haid? Berikut Mimin berikan daftarnya!

  1. Kopi
    Bagi kalian pecinta kopi nampaknya harus menahan diri terlebih dahulu ketika kalian sedang haid, karena kalian tiadk boleh mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ketika sedang haid.
  2. Susu
    Susu juga masuk ke daftar minuman pantangan saat haid, karena susu mengandung arakidonat yang dapat mengundang nyeri ketika kalian meminumnya saat haid.
  3. Minuman Manis
    Minuman yang manis biasanya mengandung kadar gula yang sangat tinggi di dalamnya, dan hal ini tidak boleh kalian untuk konsumsi, karena memperhatikan kadar gula dapat mempengaruhi suasana hati dari perasaan cemas akibat haid.

Lalu juga ada daftar jenis makanan yang tidak boleh dimakan saat haid, yaitu:

  1. Makanan yang mengandung lemak jenuh
  2. Makanan  yang mengandung kafein
  3. Gandum olahan
  4. Makanan manis
  5. Makanan kalengan

Makanan Apa yang Harus Dimakan Saat Haid?

Makanan Apa yang Harus Dimakan Saat Haid?

Jika para wanita mempunyai daftar makanan yang tidak boleh dimakan saat haid, lalu makanan apa yang harus dimakan saat haid? Tentu saja mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan sehat agar nyeri dan kram yang ada di perut mereka tidak begitu terasa. Apa saja makanan itu? Simak daftarnya di bawah ini!

  1. Buah-Buahan
    Buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan melon sangat baik untuk kalian konsumsi ketika sedang haid. Selain mencegah tubuh dari dehidrasi, buah-buahan ini juga memiliki rasa manis dengan kadar gula yang rendah.
  2. Sayur-sayuran
    Sayur-sayuran yang tinggi akan zat besi seperti kangkung dan bayam sangatlah baik untuk kalian konsumsi. Karena pada saat haid, kadar zat besi yang ada di dalam tubuh akan berkurang drastis, dan hal ini dapat membuat tubuh cepat kelelahan.

Apakah saat Haid Tidak Boleh Minum Es?

Apakah saat Haid Tidak Boleh Minum Es?

Ada rumor yang mengatakan bahwa minum air es ketika haid dapat mengakibatkan kista di rahim. Hal ini penyebabnya karena suhu dingin akibat es dapat membuat darah-darah kotor menjadi kista. Namun, nyatanya rumor tersebut tidaklah benar ya kawan-kawan.

Jadi, apakah saat haid tidak boleh minum es? Sebenarnya kalian boleh boleh saja meminum air es atau dingin ketika sedang haid, hal ini tidak menyebabkan masalah apapun pada haid kalian, tapi tetap Mimin lebih menganjurkan kalian untuk minum air putih karena lebih sehat.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan minuman dan makanan yang tidak boleh dimakan saat haid, serta makanan apa yang bagus saat haid. Semoga artikel ini dapat membantu kalian mengatur makanan apa yang ingin kalian makan saat haid. Karena apapun makanannya bisa berpengaruh besar ke perutmu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.