5 Obat Demam untuk Ibu Menyusui Paling Ampuh!

Obat Demam untuk Ibu Menyusui

Memberikan ASI kepada bayi anda tentu menjadi hal yang menyenangkan. Kemudian tubuh memiliki respon yang sangat baik sehingga bisa selalu memberikan ASI. Tetapi menyusui bisa juga menjadi hal yang melelahkan, karena terkadang ibu menyusui pun bisa kelelahan dan jatuh sakit. Kesulitannya yaitu dengan kondisi ibu yang sedang menyusui tidak bisa meminum obat sembarangan tanpa resep dokter dan sebisa mungkin harus meminum obat demam untuk ibu menyusui yang diharuskan, karena yang dikonsumsi ibu menyusui akan berpengaruh pada bayinya.

Salah satunya yaitu karena flu atau gejala penyakit lain. Demam merupakan suatu kondisi suhu tubuh mengalami peningkatan akibat gangguan kesehatan tertentu. Seperti yang kita ketahui biasanya demam menandakan bahwa tubuh sedang tidak baik.

Selain suhu tubuh yang tinggi, ibu menyusui yang mengalami demam mungkin merasakan beberapa keluhan, seperti nyeri di tubuh, kelelahan, sakit kepala, nafsu makan yang menurun, dan dehidrasi. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman. Berikut beberapa rekomendasi obat demam untuk ibu menyusui

  1. Ibuprofen
    Ibuprofen bisa juga menjadi obat demam untuk ibu menyusui. Obat ini bekerja dengan menghambat pembentukan prostaglandin, yaitu zat yang memicu timbulnya demam, bengkak dan gejala radang. Ibuprofen mempunyai efek samping antiinflamasi dan analgesik sehingga membuat penggunaannya harus di bawah pengawasan medis.
  2. Biogesic
    Biogesic menjadi pilihan obat demam untuk ibu menyusui. Obat ini bisa kita dapatkan tanpa resep dokter. Tetapi saat menggunakannya ibu menyusui harus hati – hati dan harus lebih teliti, karena biogesic ini mengandung paracetamol yang bisa keluar Bersama ASI, meskipun dalam jumlah kecil.
  3. Sanmol
    Sanmol mengandung paracetamol, dan obat ini bisa kita gunakan untuk menurunkan demam dan meredakan sakit kepala. Saat menkonsumsinya ibu menyusui harus memperhatikan dosisnya, karena paracetamolnya bisa terserap ke dalam ASI. Oleh sebab itu ibu menyusui harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.
  4. Trifamol
    Trifamol merupakan obat penurun demam yang bisa kita konsumsi oleh segala usia termasuk ibu menyusui. Trifamol sudah WHO rekomendasikan untuk digunakan saat suhu tubuh sangat tinggi dan membutuhkan obat penurun panas.
  5. Panadol
    Panadol adalah salah satu obat yang dapat digunakan untuk menurunkan demam dan meredakan sakit kepala. Jika kita minum sesuai aturannya. Panadol dianggap aman untuk ibu menyusui. Namun sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar lebih aman.

Apa yang Dilakukan jika Ibu Menyusui Demam?

Apa yang Dilakukan jika Ibu Menyusui Demam?

Saat ibu menyusui demam tentunya tidak boleh sembarangan meminum obat dan harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Apa yang dilakukan jika ibu menyusui demam? Ada beberapa rekomendasi, yuk mari kita simak!

  1. Teh jahe hangat
    Jika ibu menyusui merasa tidak baik dan sangat lemah karena demam, ibu menyusui bisa meminum teh jahe hangat. Teh jahe hangat bisa membantu ibu menyusui menjadi lebih segar
  2. Konsumsi protein
    Protein menjadi salah satu bahan makanan yang bisa melawan demam dengan cepat. Protein ini bisa membuat tubuh lebih kuat terhadap infeksi.
  3. Buah yang mengandung vitamin C
    Ada beberapa jenis buah seperti jeruk, kiwi, stroberi dan lain – lain. Buah tersebut mengandung antioksida sehingga bagus untuk meningkatkan system kekebalan tubuh.

Paracetamol Apakah Aman untuk Ibu Menyusui?

Paracetamol Apakah Aman untuk Ibu Menyusui?

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, paracetamolnya bisa terserap ke dalam ASI. Paracetamol apakah aman untuk ibu menyusui? Lebih baik berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar aman saat mengkonsumsi.

Apa Penyebab Demam pada Ibu Menyusui?

Apa Penyebab Demam pada Ibu Menyusui?

Ada beberapa gejala yang membuat ibu menyusui demam. Apa penyebab demam pada ibu menyusui? Yuk mari simak!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.