5+ Pasangan Sayur dan Lauk yang Cocok!

Pasangan Sayur dan Lauk yang Cocok

Lauk merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan menu makan Anda, baik itu sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Tidak mungkin Anda hanya memakan nasi saja bukan? Namun, apakah Anda juga termasuk orang yang sering mengkombinasikan pasangan sayur dan lauk yang cocok sebagai teman makan Anda? Saya sih iya, hehe.

Sayur merupakan salah satu dari makanan sehat yang dapat dikonsumsi. Sayur memiliki gizi yang baik untuk melengkapi asupan nutrisi bagi tubuh. Memilih pasangan sayur dan lauk yang cocok juga dapat meningkatkan selera makan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lauk adalah makanan selain sayur, seperti ikan, daging, dan lain sebagainya untuk menjadi teman nasi. Berbagai pasangan sayur dan lauk yang cocok biasanya secara kreatif dipilih oleh seorang Ibu agar keluarga tidak merasa bosan.

Sayur Pendamping Telur Dadar

Sayur Pendamping Telur Dadar

Telur dadar adalah salah satu jenis lauk yang dapat anda pilih karena pembuatannya yang mudah namun tinggi protein yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan tubuh. Sayur pendamping telur dadar yang dapat Anda pilih salah satunya adalah sayur pecel. Pecel adalah makanan yang berasal dari Madiun.

Membuat pecel juga sangat mudah yaitu hanya dengan merebus sayuran seperti bayam, tauge, daun pepaya dan menyajikannya bersamaan dengan sambal kacang.

Tak hanya pecel saja, telur dadar juga dapat didampingkan dengan sayur-sayur lain seperti, sayur asam, ataupun tumis kangkung.

Pasangan Sayur Sop dan Lauk yang Cocok

Pasangan Sayur Sop dan Lauk yang Cocok

Tentu Anda sudah tidak asing dengan sayur sop, bukan? Sayur yang berisikan wortel sebagai ciri khasnya ini sering dipilih dan menjadi kesukaan banyak orang. Pasangan sayur sop dan lauk yang cocok ada beberapa, seperti olahan perkedel kentang, sambal goreng kentang, ikan tongkol, ataupun ayam goreng kecap dan juga tempe goreng.

Menu Sayur Bening dan Lauknya

Menu Sayur Bening dan Lauknya

Sayur bening yang segar akan semakin lengkap jika ditemani lauk yang cocok. Sayur bening memiliki kuah yang bening, seperti namanya. Biasanya berisi sayur bayam, wortel, dan jagung sebagai pelengkap.

Menu sayur bening dan lauknya seperti perkedel jagung, ikan pindang, dan tempe penyet dengan tambahan sambal terasi akan menambah kenikmatan perpaduan sayur dan lauk ini.

Pada dasarnya, pasangan sayur dan lauk yang cocok dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda bersama keluarga. Satu jenis sayuran tak selalu hanya bisa disandingkan dengan satu jenis lauk saja, tetapi dapat juga dengan beberapa lauk yang lain. Begitu pula sebaliknya.

Menu makanan 4 sehat 5 sempurna menjadi rumus dasar menu nutrisi lengkap makanan yang harus diperhatikan. Tidak hanya sayur dan lauk saja, tetapi nasi, buah, dan susu juga termasuk didalamnya. Sudahkah Anda memenuhinya?

Sebagian anak-anak tak selalu menyenangi masakan Ibunya, karena anak yang memiliki selera tersendiri. Disinilah para ibu dituntut harus selalu memenuhi seleranya agar anak tetap mendapatkan kecukupan gizi.

Pengolahan makanan yang Anda masak juga perlu diperhatikan. Seperti lama memasak sayur, karena jika sayur terlalu lama dimasak atau yang biasa disebut overcook, maka akan menyebabkan hilangnya gizi yang terkandung pada sayur.

Usahakan sebelum dimasak sayur dibersihkan dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa tanah yang masih terbawa, ataupun juga sisa-sisa pestisida yang masih menempel.

Anda juga harus jeli dalam membersihkan sayuran, karena biasanya sayuran juga disukai oleh ulat yang bisa saja tersembunyi ke tempat yang sulit dijangkau, seperti sela-sela sayuran.

Nah, demikianlah pilihan sayu dan lauk yang dapat menjadi inspirasi Anda dalam memasak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.