5+ Sayuran Untuk Menurunkan Kolesterol, Wajib Tau!

Sayuran Untuk Menurunkan Kolesterol

Sayuran adalah sebutan yang sering digunakan untuk bahan pangan yang berasal dari tumbuhan, biasanya mengandung kadar air yang tinggi dan dapat dikonsumsi dalam kondisi yag segar atau diolah. Sayuran merupakan bahan pangan yang kaya nutrisi dan manfaat, seperti sayuran untuk menurunkan kolesterol.

Kolesterol merupakan lemak yag dihasilkan oleh tubuh. Kolesterol juga dapat berasal dari jenis makanan hewani. Didalam tubuh, kolestrol dapat membantu memproduksi vitamin D, hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak dalam tubuh. Sebenarnya dalam kadar yang sesua kolestrol membantu tubuh dalam membangun sel-sel baru. Beberapa sayuran untuk menurunkan kolesterol direkomendasikan untuk dikonsumsi, karena akan membantu mengatasi kolestrol berlebih dalam tubuh.

Kolestrol dengan kadar yang tinggi dalam tubuh akan sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan berbagai penyakit serius dan komplikasi. Tak hanya sayuran untuk menurunkan kolesterol saja, namun beberapa buah juga dianjurkan untuk menjadi sumber asupan nutrisi.

Sayur dan Buah Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Sayur dan Buah Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

 

Tentunya Anda penasaran dengan sayur dan buah yang harus dimakan saat mengalami kolestrol, bukan? Lalu, sayur dan buah apa yang bisa menurunkan kolesterol? Mari kita bahas mulai dari buah terlebih dahulu!

Ada beberapa buah penurun kolesterol yang diketahui ampuh. Selain obat, buah juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Adapu dua jenis kolesterol yang ada pada tubuh, yaitu kolesterol jahat dan baik. Kolesterol jahat inilah jika kdarnya terlalu tinggi dalam tubuh, maka akan menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti gangguan pada jantung.

Beberapa obat memiliki efek samping dalam penggunaannya. Buah-buahan dapat menjadi alternatif Anda untuk mengobati kolesterol tanpa efek samping. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Apel

Buah apel diketahui ampuh dalam menurunkan kolesterol  jahat karena kandungan serat larut yang dimilikinya.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki lemak jenuh yang ampuh dalam mengatasai kolesterol jahat dalam tubuh. Selain dapat dikonsumsi langsung, alpukat juga dapat diolah menjadi makanan seperti sandwich.

  1. Beri

Buah beri-berian seperti blueberry, raspberry, blackberry, delima dan stroberi  juga kaya akan serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol

Sayuran Apa Saja yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Sayuran Apa Saja yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Setelah membahas beberapa buah-buahan yang baik untuk mengobati kolesterol, beberapa sayuran juga ampuh dalam mengatasi penyakit ini, lho! Sayuran apa saja yang bisa menurunkan kolesterol? Sayuran ini tentulah memiliki kandungan yang hebat untuk melawan kolesterol yang jahat seperti :

  • Kubis

Kubis mengandung klor, kalium, fisfor, iodium, sodium, flovannoid, sulphur, vitamn A,C, dan B. minumlah 100 ml jus kubis perhari secara rutin untuk menurunkan kolesterol

  • Bayam merah

Antioksidan yang terkandung dalam bayam merah dpat membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, jika Anda menderita asam urat, maka disarankan untuk tidak memilih bayam merah

  • Brokoli

Kandungan vitamin dan serat dalam brokoli juga diketahui ampuh untuk menghadapi kolesterol

  • Tomat

Likopen dalam tomat berperan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dan tekanan darah

  • Wortel

Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, wortel handal untuk memerangi kolesterol karena mengandung vitamin A, B, C, dan flavonoid

Itulah beberapa sayuran untuk menurunkan kolesterol yang harus Anda ketahui, sudahkah Anda mengonsumsi salah satunya?

Kolesterol Makanan Apa yang Cocok?

Kolesterol Makanan Apa yang Cocok?

Untuk mengobati kolesterol makanan apa yang cocok? Sejauh ini, ada beberapa makanan yang baik untuk mengatasi penyakit, salah satunya adalah oat. Oat adalah makanan yang berbahan dasar gandum. Makanan ini mengandung beta glucan yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Sayuran tersebut diatas juga dapat diolah menjadi makanan yang baik sebagai penurun kolesterol, tentu dengan memperhatikan pengolahan yang tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.