7 Gejala Kolesterol yang Jarang Disadari

7 Gejala Kolesterol

Sebelum mengetahui 7 gejala kolesterol ada baiknya kita paham terlebih dahulu, apa pengertian dari kolesterol. Kolestrol merupakan lemak berwarna kekuningan yang bentuknya seperti lilin yang teriproduksi oleh tubuh manusia, terutama di dalam hati (liver). Fungsi kolesterol ini adalah penghasil hormon seks, hormon korteks adrenal, vitamin D, dan untuk membuat garam empedu yang gunanya untuk membantu usus dalam menyerap lemak. Kolesterol berperan penting dalam tubuh jika memiliki takaran yang tepat, dan begitu sebaliknya, akan berbahaya jika terlalu berlebihan.

Gejala kolesterol dapat dialami oleh semua kalangan khusunya para remaja yang kadang tidak disadari dan bahkan diabaikan. Gaya hidup tidak sehat, pola makan yang buruk seperti kebiasaan makan makanan tinggi lemak, stres, kurang bergerak dan merokok berlebihan merupakan penyebab gejalan kolesterol ini. Kondisi seperti inilah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan hal tersebut menyebabkan tumpukan lemak di pembuluh darah. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menerapkan hidup sehat dan pola makan yang baik. Jadi, apa saja 7 gejala kolesterol yang jarang kita sadari?

Berikut Merupakan 7 Gejala Kolesterol yang Berbahaya dan Jarang disadari :

  • Rasa pegal bahkan sakit di tengkuk kepala bagian belakang

Sakit kepala bagian belakang dan rasa pegal pada bagian kepala belakang merupakan salah satu gejala kolesterol yang harus kita waspadai. Hal ini bisa jadi karena kolesterol yang tinggi.

Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di sekitar kepala dan otak. Jadi, apabila hal tersebut kita biarkan, maka bisa berbahaya dan berakibat fatal, yaitu pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke.

  • Pegal yang terasa sampai ke pundak

Gejala kolesterol selanjutnya adalah pundak dan tengkuk terasa pegal, hal ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen dan darah ke area tersebut karena penumpukan kolesterol. Oleh karena itu, harus segera diwaspadai dan lakukan upaya untuk mengatasinya.

  • Nyeri pada dada

Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi biasa kita kenal sebagai kolesterol jahat, ini berperan penting dalam pembentukan plak didalam aterosklerosis (pembuluh darah). Apa itu plak? plak merupakan penyebab tersumbatnya pembuluh darah pada jantung yang dapat memicu meningkatnya risiko penyakit jantung dan strok. Oleh sebab itu, nyeri pada dada termasuk dalam 7 gejala kolesterol.

  • Kaki membengkak

Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat. Hal inilah yang menyebabkan kaki terasa nyeri dan bengkak.

  • Gampang mengantuk dan sering menguap

Gejala kolesterol yang selanjutnya adalah gaampang mengantuk. Kurangnya pasokan oksigen ke otak menyebabkan kita sering menguap. Sehingga sering mengantuk bisa jadi akibat penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan pasokan oksigen ke otak tidak bisa optimal.

  • Perubahan warna kuku

Perubahan pada warna kuku juga bisa menjadi salah satu gejala kolesterol. Terhambatnya sirkulasi darah menyebabkan kuku tidak mendapat pasokan darah yang cukup. Hal itu yang menyebabkan warna kuku berubah dan dapat diketahui dengan mudah, yaitu kuku terlihat menebal dan pertumbuhannya lebih lambat.

  • Kram di malam hari

7 gejala kolesterol yang terakhir adalah kram pada beberapa anggota tubuh di malam hari atau setelah bangun tidur. Kram bisa terjadi pada telapak kaki, kaki, tumit, mauapun pada  anggota tubuh lainnya. Rasa kram tersebut akan hilang dengan sendirinya Ketika menggerakkan anggota tubuh.

Bagaimana Ciri ciri Orang Kena Kolesterol?

Bagaimana Ciri ciri Orang Kena Kolesterol?

Pertanyaan bagaimana ciri ciri orang kena kolesterol? Akan terpikir pada benak kita setelah mengetahui 7 gejala kolesterol yang berbahaya dan jarang kita sadari. Berikut merupakan ciri-ciri orang yang terkena kolesterol :

  • Mudah merasa lelah
  • Sering merasakan pegal-pegal, sakit kepala, dan kesemutan
  • Sering mengalami nyeri pada persendian
  • Jantung berdebar-debar karena bekerja lebih cepat
  • Kadar kolesterol tinggi dan melebihi batas normal

Kolesterol Sakit dimana?

Kolesterol Sakit dimana?

Untuk mengantisipasi mengindap penyakit koleterol, maka kita perlu mengetahui, kolesterol sakit dimana? Bagian tubuh maan yang sakit saat kadar kolesterol naik? Naiknya kadar kolesterol dapat menyebabkan penderita megalami rasa sakit alias nyeri pada dada bagian depan. Terkadang, nyeri yang muncul sebagai tanda kolesterol naik juga terasa pada bagian lengan.

Apa yang dirasakan Orang yang Kolesterolnya Tinggi?

Apa yang dirasakan Orang yang Kolesterolnya Tinggi?

Pertanyaan tentang Apa yang dirasakan orang yang kolesterolnya tinggi? ini akan terpikirkan oleh kita saat kita ingin mengetahui lebih baik tentang kolesterol. Berikut merupakan hal-hal yang seseorang rasakan saat kadar kolesterolnya tinggi :

  • Mudah Mengantuk
  • Kesemutan
  • Pegal pada Tengkuk atau Pundak
  • Rasa Nyeri di Kaki
  • Nyeri Dada
  • Kram
  • Xanthelasma
  • Perlemakan Hati
  • Gejala Strok

Itulah beberapa pengetahuan tentang kolesterol yang perlu kita ketahui. Perlu bagi kita untuk menjaga kesehatan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.