7 Makanan yang Dilarang Saat Kreatinin Tinggi!

Makanan yang Dilarang Saat Kreatinin Tinggi

Halo teman teman, bagaimana kabar kalian semua? Semoga kita semua diberi kesehatan ya. Bagi kalian yang menderita penyakit ginjal sebaiknya kalian hindari makanan yang mengandung kreatin tinggi. Nah pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang makanan yang dilarang saat kreatinin tinggi, tapi sebelum itu kita harus terlebih dahulu tahu apa itu kreatin.

Apa sih Kreatinin itu? Kreatinin ini merupakan zat limbah yang diproduksi pada jaringan otot. Ini merupakan hasil metabolisme otot yang digunakan saat manusia sedang beraktivitas atau ketika adanya kontraksi otot.

Kreatinin juga kerap disebut juga sebagai produk limbah yang dikeluarkan oleh organ ginjal. Tingkat kreatinin yang tinggi ini jika menumpuk pada pada darah bisa menjadi sinyal bahwa terdapat gangguan pada ginjal yang dapat menimbulkan penyakit pada sistem urologi atau yang biasa disebut dengan Urologi

 Jika kadar kreatinin ini tinggi maka kita perlu memperhatikan gaya hidup kita, salah satunya adalah menerapkan pola makan yang sehat untuk memaksimalkan fungsi ginjal kita. 

Buah Apa yg Bisa Menurunkan Kreatinin Tinggi?

Buah Apa yg Bisa Menurunkan Kreatinin Tinggi?

Setelah mengetahui makanan yang dilarang saat kreatinin tinggi, kali ini kita akan membahas tentang Buah apa yg bisa menurunkan kreatinin tinggi? Meskipun banyak buah buahan yang membuat kadar kreatinin di tubuh meningkat, tetapi ada juga lho buah buahan yang membuat kadar kratinin berkurang. Berikut ini contohnya:

  1. Anggur 
  2. Nanas
  3. Cranberry
  4. Stroberi
  5. Apel
  6. Blueberry
  7. Plum

Bagaimana Cara Menormalkan Kreatinin?

Bagaimana Cara Menormalkan Kreatinin?

Kalian tidak perlu panik karena banyak cara untuk menormalkan kreatinin berikut ini bagaimana cara menormalkan kreatinin? 

  1. Kurangi olahraga berat
    Olahraga memanglah sesuatu yang bermanfaat. Tetapi olahraga yang kita lakukan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar produksi kreatinin di dalam tubuh
  2. Kurangi konsumsi protein
    Mengkonsumsi protein dapat meningkatkan kadar kreatinin, meskipun hanya sementara
  3. Cukupi kebutuhan cairan
    Kekurangan cairan dapat menyebabkan kadar kreatinin meningkat, maka dari itu kita harus mencukupi kebutuhan cairan
  4. Jangan Makan serat berlebihan
    Memakan serat secara berlebihan dapat mengakibatkan kadar kreatinin meningkat, jadi konsumsilah serat secukupnya
  5. Jangan merokok
    Merokok dapat menyebabkan gangguan ginjal kronis, dan juga gangguan paru paru, dll.
  6. Hindari alkohol
    Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan ginjal, sebaiknya hindari konsumsi alkohol.
  7. Kurangi konsumsi makanan asin
    Makanan yang mengandung garam berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan juga hipertensi. Makanan yang mengandung garam berlebih sering kali mengandung natrium dan fosfor yang berpotensi menyebabkan masalah ginjal.
  8. Menerapkan pola makan sehat
    Atur jumlah konsumsi natrium, protein, dan juga kalori. Atur pola makan untuk mengurangi kadar kreatinin

Makanan Apa yg Membuat Kreatinin Tinggi?

Makanan Apa yg Membuat Kreatinin Tinggi?

Setelah membahas cara menormalkan kreatinin, aku akan membahas tentang makanan apa yg membuat kreatinin tinggi? Pantangan memiliki gangguan ginjal memanglah banyak, berikut ini makanan yang dilarang saat kreatinin tinggi:

  1. Acar dan Asinan
  2. Pisang
  3. Tomat
  4. Alpukat
  5. Susu
  6. Sayuran
  7. Daging Olahan
  8. Soda
  9. Ubi-Ubian dan Kentang
  10. Sayuran hijau

Gangguan ginjal ini memanglah salah satu penyakit yang membahayakan ya teman teman, jadi kita harus bisa menjaga kesehatan kita. Mulai dari menjaga pola makan kita, dan juga menghindari makanan yang memicu kadar kreatinin tinggi.

Penutup

Sekian pembahasan saya tentang makanan yang dilarang saat kreatinin tinggi dan juga cara menormalkan kadar kreatinin yang tinggi. Semoga artikel ini dapat membantu teman teman sekalian, sekian terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.