7 Sayur dan Buah untuk Penderita Diabetes!

Sayur dan Buah untuk Penderita Diabetes

Halo teman teman bagaimana kabar kalian sekarang? Semoga sehat selalu ya. Kali ini kita akan membahas seputar sayur dan buah untuk penderita diabetes. Sebelum itu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu diabetes?

Diabetes ini adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula atau glukosa darah. Glukosa sendiri sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Tetapi glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak terserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan untuk organ tubuh.

Jika diabetes ini tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang dapat membahayakan nyawa penderita.  Secara umum diabetes dibagi menjadi 2 yakni, tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang bekerja memproduksi insulin. Dan akhirnya meningkatkan kadar glukosa darah. Dan menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh.

Diabetes tipe 1 ini dikenal juga dengan diabetes autoimun. Pemicunya masih belum diketahui pasti. Tetapi dugaan terkuat kuat adalah faktor genetik dari penderita dan juga faktor lingkungan.

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang umum terjadi. Diabetes jenis ini terjadi karena sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, dan akhirnya insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan dengan baik

Sekitar 90-95% penderita diabetes yang ada di dunia menderita diabetes tipe ini. Maka dari itu kali ini saya akan membahas tentang sayur dan buah untuk penderita diabetes, Yuk langsung saja kita simak.

Buah Apa yang bisa Menyembuhkan Diabetes?

Buah Apa yang bisa Menyembuhkan Diabetes?

Setelah mengetahui tentang diabetes. Sekarang kita akan bahas tentang sayur dan buah untuk penderita diabetes  tetapi pertama aku akan berikan contoh buah apa yang bisa menyembuhkan diabetes? Ternyata banyak lho buah buahan yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. berikut ini buah buahan yang cocok untuk para penderita diabetes:

  1. Alpukat
    Buah alpukat ini mengandung lemak sehat, vitamin, serat, dan mineral. Buah ini juga telah terbukti dapat mengontrol kadar gula darah.
  2. Apel
    Buah apel ini mengandung asam klorogenat, quercetin, dan asam galat, yang terbukti dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan melindungi dari diabetes.
  3. Mangga
    Mangga ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah serta menurunkan resiko obesitas.
  4. Berry
    Buah ini mengandung antioksidan, serat yang tinggi, vitamin, dan juga terbukti dapat mengontrol gula darah

Sayuran Apa yang Menurunkan Diabetes?

Sayuran Apa yang Menurunkan Diabetes?

Setelah kita membahas tentang buah kali ini kita akan membahas sayuran apa yang menurunkan diabetes? sayuran ini jugalah baik untuk para penderita diabetes juga karena banyak yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. berikut ini contohnya :

  1. Wortel
    Wortel ini adalah sayuran yang baik untuk penderita diabetes. karena, kandungan serat akan membuat penderita diabetes merasa kenyang lebih lama dan dapat mencegah makan berlebihan. Dan kadar gula darah pun bisa terjaga.
  2. Brokoli
    Brokoli ini termasuk sayuran untuk penurun diabetes yang aman untuk dikonsumsi. Serat yang dikandung brokoli ini dapat bertindak sebagai prebiotik, serat ini mampu menjaga kadar gula darah dan metabolisme kolesterol.
  3. Kubis
    Kubis ini mengandung vitamin C yang sangatlah tinggi dan menjadi salah satu sayuran yang baik untuk diabetes. kubis juga berserat tinggi dan juga yang dapat memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga kadar gula darah dapat terjaga.

Apa saja yang Tidak Boleh Dimakan oleh Penderita Diabetes?

Apa saja yang Tidak Boleh Dimakan oleh Penderita Diabetes?

Setelah mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, kali ini aku akan membahas apa saja yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes? berikut ini contoh contohnya :

  1. Makanan manis
  2. Kopi
  3. Saus tomat
  4. Buah kering
  5. Makanan berlemak
  6. Minuman manis

Penutup

Sekian pembahasan tentang sayur dan buah untuk penderita diabetes, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.