8+ Pencemaran CO Sangat Berbahaya Bagi Manusia Karena Kandungan Yang Terdapat Didalamnya!

Pencemaran CO Sangat Berbahaya Bagi Manusia Karena

Karbon Monoksida atau yang biasa disebut gas CO merupakan gas percemar udara yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Pencemaran CO sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menghambat sistem pernapasan, mengganggu peredaran darah, dan menyebabkan penyakit hipertensi. 

Karbon monoksida (CO) merupakan gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa, yang dihasilkan oleh pembakaran kayu, propana, bensin, arang atau bahan bakar lainnya.

Karbon monoksida dapat mencemari udara karena gas ini berasal dari sisa pembakaran mesin, baik mesin pabrik ataupun mesin kendaraan.

Sumber karbon monoksida (CO) yang paling banyak adalah bersumber dari kendaraan. Terlebih dari kendaraan-kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin. 

Bahan-bahan Pencemaran Udara

Bahan-bahan Pencemaran Udara

Apa saja bahan bahan pencemaran udara yang dapat merugikan dan tidak baik untuk kesehatan manusia? Berikut adalah Bahan bahan pencemaran udara yang merugikan manusia.

Jenis-jenis bahan pencemar udara (polutan) :

1) karbon monoksida.

2) nitrogen oksida.

3) sulfur oksida.

4) CFC.

5) hidrokarbon.

6) senyawa organik volatil.

7) Partikulat.

8) Radikal bebas.

Dampak Dari CO (Karbon Monoksida yang Berlebihan Adalah)

Dampak Dari CO (Karbon Monoksida yang Berlebihan Adalah)

Dampak dari CO (karbon monoksida yang berlebihan adalah) dapat menyebabkan sakit kepala, mual bahkan muntah, dan jika kadar karbon monoksida cukup tinggi, kamu mungkin pingsan atau mati.

Paparan karbon monoksida tingkat sedang dan tinggi dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan risiko penyakit jantung.

Pencemaran CO monoksida sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, menghambat aliran darah, dan menyebabkan hipertensi. Berikut penjelasannya :

Menyebabkan Gangguan Pernapasan

Pencemaran CO monoksida sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan yang menyebabkan asma atau peradangan saluran pernapasan lainnya, dan juga gas CO tersebut juga termasuk senyawa yang mempunyai massa lebih berat daripada oksigen.

Menghambat Aliran Darah

Pencemaran CO sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menghambat aliran darah. Ketika darah mengalir ke paru-paru untuk melanjutkan siklusnya, tetapi di dalamnya terdapat gas karbon monoksida, maka hemoglobin di dalam darah akan mengikat karbon monoksida daripada oksigen.

Hal ini mengakibatkan darah ke seluruh tubuh lain seperti otak karena darah kekurangan oksigen. Kondisi itu selanjutnya bisa menyebabkan gejala awal, yaitu sakit kepala, mual, bahkan pingsan.

Menyebabkan Hipertensi

Pencemaran CO sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menyebabkan Hipertensi, itu dikarenakan disebabkan karena tidak tersedianya oksigen yang cukup ketika otak mengirimkan sinyal ke jantung.

Dengan demikian, jantung akan mempercepat kinerjanya dan menyebabkan tekanan darah naik. Hal itu akan menyebabkan penyakit hipertensi jika karbon monoksida terus dihirup.

Salah satu cara untuk mengatasi pencemaran udara oleh limbah pabrik adalah menyaring limbah cair sebelum dibuang.

Hasil buangan suatu industri dalam bentuk cairan yang mengandung zat kimia yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan adalah limbah cair yang dapat mencermari lingkungan.

Selain salah satu cara untuk mengatasi pencemaran udara oleh limbah pabrik adalah dengan cara diatas, kita juga bisa mengatasi pencemaran udara dimulai dari lingkungan kita sendiri.

Berikut merupakan hal-hal yang dapat kita lakukan. 

Mengurangi Emisi

Polusi udara bersumber dari asap kendaraan yang dikeluarkan setiap harinya. Oleh sebab itu, kita perlu mengurangi kebiasaan memakai kendaraan dan menggantinya dengan menggunakan transportasi umum.

Memilih Produk Ramah Lingkungan serta Hemat Daya

Menggunakan perlengkapan yang hemat energi seperti lampu LED, dan perangkat elektronik yang hemat daya juga dapat menjadi salah satu cara untuk melindungi lingkungan serta menghemat biaya.

Ada baiknya memastikan untuk mematikan daya listrik saat tidak digunakan.

Tidak Membakar Sampah

Banyak orang yang berpikir dengan membakar sampah dapat mengurangi sampah yang ada. Justru hal inilah yang berbahaya untuk lingkungan serta dapat menceramarkan udara.

Saat kita membakar sampah, maka bisa menghasilkan karbon monoksida (CO).

Reuse dan Reclye 

Reuse dan Reclye perlu dilakukan agar dapat menurunkan emisi polusi udara, air, dan tanah. Mulailah membiasakan diri untuk memisahkan sampah sesuai jenisnya.

Mengurangi Memakai Kantong Plastik

Ssampah plastik membutuhkan waktu yang lama untuk diuraikan, oleh sebab itu penggunaan yang berlebihan dapat membahayakan lingkungan.

Ada baiknya kita mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, caranya bisa dengan menggunakan tas belanja saat berbelanja.

Bertanam

Bahan-bahan Pencemaran Udara

Di Kota besar merupakan sumber polusi udara karena banyak kendaraan disana, dan kurangnya tanaman hijau di kota besar menyebabkan asupan oksigen di sana juga berkurang.

Sebaiknya kita menanam pohon agar bisa mengurangi polus udara yang terjadi. Tanamah hijau dapat membantu untuk menyaring udara kotor dan memberikan udara yang lebih segar. 

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pencemaran udara. Semoga kita dapat menjadi pribadi yang mencitai bumi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.