Al Mauizatul Hasanah Artinya Apa?

Al Mauizatul Hasanah Artinya

Al Mauizatul Hasanah adalah salah satu metode dakwah Rasulullah SAW, yang artinya nasihat atau pengajaran yang baik. Mauizatul hasanah berasal dari kata mauizatul yang artinya pengajaran, nasihat, peringatan. Sedangkan hasanah artinya baik / mulia. Maka al mauizatul hasanah artinya sebagai nasihat atau pengajaran yang baik. Hal ini merupakan metode yang dilakukan dalam berdakwah. Oleh karena itu, memilih cara dan metode yang tepat untuk berdakwah sangat dianjurkan supaya dakwah itu tampil secara aktual, faktual dan kontekstual.

Karena kegiatan dakwah bisa dipahami sebagai upaya untuk memberikan solusi Islam terhadap semua masalah dalam kehidupan. Tanpa ketepatan metode dan keakuratan cara, kegiatan dakwah akan berputar dalam pemecahan masalah tanpa ada solusi dan mengakibatkan hal yang tidak diharapkan.

Al-Mauidzah Artinya

Al-Mauidzah Artinya

setelah mengetahui al mauizatul hasanah artinya apa kali ini kita akan membahas tentang al mauidzah. Al-mauidzah artinya ‘peringatan’ dapat ditemukan. misalnya, pada penafsiran Al-Thabari yang mendefinisikan kata itu dengan ‘dzikra tudzakkirukum ‘iqab Allah wa-tukhawwifukum wa indahu’ (peringatan yang dapat mengingatkan kamu tentang siksaan Allah dan membuat kamu takut dari ancaman-Nya) Adapun mau‘izhah dalam arti ‘pengajaran’ dapat dilihat, misalnya, di dalam penafsiran Abu Hayyan yang menggabungkan makna kata itu dengan: tathhir zhawahir al-khalq ‘an ma la yanbaghi (yang artinya, membersihkan sisi lahiriyah makhluk dari hal-hal yang tidak patut) (Abu Hayyan, al-Bahr al-Muhith, 5: 169). Hal ini berarti  Al-Qur’an mengandung ajaran dan juga tuntunan yang terkait dengan hablun min Allah (hubungan dengan Allah) dan juga hablum minannas (hubungan dengan sesama), yang dapat menempatkan manusia pada posisi yang mulia dan juga dapat membersihkan mereka dari hal-hal yang telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.

Kedua variasi pemaknaan ini  pada hakikatnya tidaklah bertentangan antara yang satu dengan yang lainnya, dan bahkan dapat dikombinasikan juga, dalam arti bahwa Alquran memberikan pengajaran tentang apa yang seharusnya dilakukan dan juga yang tidak boleh dilakukan oleh manusia, dan kemudian dia memberikan peringatan ketika manusia tidak mau mengindahkan ajaran ajaran Alquran lagi.

Mujadalah Artinya

Mujadalah artinya

setelah kita mengetahui tentang al mauizatul hasanah artinya apa dan juga arti dari al mauidzah. kali ini kita akan membahas mujadalah. Mujadalah berasal dari kata jaadala yang artinya berbantah bantah, berdebat, bermusuh musuhan, dan juga bertengkar. kata “mujadalah” ini dapat berarti berdiskusi dengan mempergunakan logika yang rasional dengan argumentasi yang berbeda.

Mujadalah artinya adalah berdampak negatif dapat disandarkan dengan arti bermusuh-musuhan dan bertengkar. Sementara, mujadalah positif dapat diartikan dengan berdiskusi atau juga perundingan yang ditempuh melalui perdebatan dan pertandingan serta kemampuan mempertahankan pendapat dengan baik.

Mujadalah juga bisa berarti upaya bertukar pendapat yang dilakukan oleh dua belah pihak secara sinergis tanpa adanya suasana saling berseteru di antara keduanya. Tetapi, salah satu ulama di dalam filsafat Islam, Ibnu Sina, berpendapat bahwa makna kata jaadala adalah bertukar pikiran dengan cara berlomba dan bersaing untuk mengalahkan lawan bicara

Bil Hikmah Artinya

Bil Hikmah Artinya

Salah satu dari tiga pendekatan dakwah dalam Islam ini adalah bil hikmah. bil hikmah artinya adalah dakwah yang disampaikan dengan arif, Dan dilakukan dengan pendekatan yang halus untuk menyasar penerimanya.

Metode dakwah ini disebut oleh penceramah Ustaz Wahyul Afif sebagai pendekatan yang membuat pendengarnya tenang, cara sesuai dengan apa yang penerimanya atau pendengarnya inginkan. Menyisipkan dakwah dalam konten konten budaya populer seperti di dalam Sinetron merupakan salah satu cara dakwah dengan metode bil hikmah.

sekian pembahasan saya tentang al mauizatul hasanah artinya, semoga artikel saya dapat membantu kawan kawan semua, sekian terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.