Analisis Kualitatif Adalah Bagian Penting Penelitian Karena?

ANALISIS KUALITATIF ADALAH

Dalam penelitian tentu ada tahapan menganalisis. Tahapan ini sangatlah penting, namun apakah teman-teman tahu analisis kualitatif adalah apa? dan apa saja analisis data kualitatif itu?

Analisis adalah salah satu tahapan yang sangat penting di dalam penelitian. Tujuannya secara umum untuk menganalisa data-data yang telah didapatkan, baik diamati, dipelajari ataupun dikaji. Tahap ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kualitatif dan kuantitatif.

Apa Yang Dimaksud dengan Analisis Kualitatif?

Apa yang dimaksud dengan analisis kualitatif

Analisis kualitatif adalah analisis yang menekankan pada cerita, narasi, ungkapan, dll. Berbeda dengan kuantitatif yang memfokuskan pada data dan angka.

Biasanya hal ini digunakan pada penelitian-penelitian di bidang psikologi dan sosiologi. Karena dilakukan untuk menganalisa suatu fenomena, masalah atau peristiwa yang terjadi.

Sehingga jika ditanya apa yang dimaksud dengan analisis kualitatif? Maka jawabannya mudahnya adalah analisis yang memfokuskan pada data deskriptif dengan tujuan menyelesaikan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi.

Terdapat kesulitan tertentu jika teman-teman memilih penelitian kualitatif dibandingkan kuantitatif. Karena data yang didapatkan analisis kualitatif adalah data mentah sehingga memerlukan tahapan-tahapan dalam memprosesnya, sedangkan pada kuantitatif. Data yang dikumpulkan bukannya data mentah, sehingga dapat langsung diolah.

Contoh penelitian kualitatif, yaitu “mengapa penduduk jakarta yang tinggal di bantaran kali, enggan dipindahkan ke rumah susun” atau “mengapa jakarta masih terkena banjir, walaupun telah dilakukan berbagai upaya”

Apakah Teman-teman Tahu Teknik Apa Saja Analisis Data Kuantitatif Itu?

apa saja analisis data kuantitatif

Kualitatif memiliki 2 jenis teknik, yaitu :

  • Teknik Model Miles dan Huberman

Menurut Miles dan Huberman, dalam menganalisa kualitatif membutuhkan tiga tahapan, yaitu reduksi data (menyederhanakan data sesuai kebutuhan atau keperluan), penyajian data (menyajikan data yang telah disederhanakan) dan menarik kesimpulan.

  • Teknik Model Spradley

Menurut Spradley, dalam menganalisa kualitatif terdapat empat tahapan, yaitu membuat gambaran umum objek yang diamati, melihat objek yang diamati terdiri dari unsur apa saja, melihat dan mengkaji lebih jauh dan mendetail dari objek yang diamati dan melihat hubungan yang ada antar unsur kemudian diakhiri dengan menarik kesimpulan.

Sehingga terlihat perbedaan dari teknik apa saja analisis data kualitatif tersebut. Pada intinya model Miles dan Huberman menganalisa dengan cara yang lebih sederhana dan singkat sedangkan model Spradley lebih kompleks dan mendetail.

3 Langkah Analisis Data Kualitatif

3 langkah analisis data kualitatif

Apa yang dilakukan analisis kualitatif adalah menganalisa data. Dlam menganalisis data kualitatif, terdapat 3 langkah analisis data kualitatif utama yang dapat dilakukan. Berikut langka-langkahnya :

  1. Pengolahan Data

Tahapan pertama yaitu mengolah data, pada tahap ini harus dilakukan penyuntingan terhadap data-data yang telah diterima. Hal ini dikarenakan data yang diterima masihlah dalam bentuk data mentah, sehingga perlu diubah menjadi data yang telah siap untuk diolah. Kemudian jawaban-jawaban tersebut diberikan tanda berupa simbol ataupun angka. Sehingga data dapat disajikan dalam bentuk tabel

  1. Menganalisa Data

Setelah data mentah telah selesai diubah menjadi data yang siap untuk diolah, pada tahap ini data tersebut akan dianalisis. Tahap ini bertujuan untuk melihat apakah data yang dibutuhkan selama penelitian sudah cukup, hipotesis apa yang akan diuji, pertanyaan apa yang muncul dan akan dijawab, dll

  1. Menarik Kesimpulan

Pada tahap ini, data yang telah dianalisa akan ditarik kesimpulannya. Sehingga dapat melihat apa yang perlu diperbaiki atau data apa yang perlu dicari lagi sehingga penelitian dalam berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

Jadi itulah penjelasan tentang analisis kualitatif adalah apa hingga proses-prosesnya. Teman-teman dapat menggunakan metode ini untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan kualitatif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.