Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara adalah?

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara adalah

Dalam negara tentu memiliki sistem kebijakan anggaran pendapatan dan belanja negara adalah yang disingkat APN. Di undang undang no 17 tahun 2013 dalam Keuangan Negara Pasal 1 ayat 7 , anggaran pendapatan dan belanja negara ialah rencana tahunan keuangan pemerintah negara yang disepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 

Lantas, anggaran pendapatan belanja negara adalah alat yang kontrol kegiatan pemerintahan. Adanya acuan jelas tentang keluar masuk uang di sistem pemerintahan pertahun. 

Dan fungsi anggaran pendapatan dan belanja daerah adalah sebagai berikut :

Fungsi-fungsi Anggaran Serta Belanja!

  1. Fungsi Alokasi adalah, mengkoordinir  barang publik atau public good provision. Di dilakukan untuk pemerintah dapat membagi-bagi pendapatan negara yang didapatkan  sesuai dengan target sasaran. Misalnya menetapkan anggaran untuk belanja gaji karyawan, belanja kebutuhan negara, dan anggaran pembangunan suatu tempat. 
  2. Fungsi Distribusi ialah, bertujuan untuk penyaluran dana kepada masyarakat berdasarkan lokasi yang sudah ditetapkan tiap wilayah. Selain itu , agar pemerintah dapat menyalurkan pendapatan negara secara adil dan merata tiap Daerah. 
  3. Fungsi Stabilisasi adalah , memiliki arti bahwa dana negara bertujuan untuk menjaga setara antara masyarakat melalui intervensi. Contohnya, saat terjadi inflasi yang mana harga barang dan jasa cenderung tinggi. Maka, pemerintah dapat menyeimbangkan  perekonomian dengan cara menaikkan pajak dapat dikurangi, dan harga-harga kembali normal.
  4. Fungsi Otorisasi adalah, dana yang menjadi tonggak atau pokok pelaksanaan pendapatan dan belanja dalam setiap tahunnya. Adanya fungsi ini membuat pembelanjaan dan pendapatan negara bisa dipertanggungjawabkan pada penduduk. 
  5. Fungsi Perencanaan ialah, menjadikan  sumber daya sesuai yang direncanakan setiap tahunnya. Jika perencanaan pembelajaran sudah ada, pemerintah bisa menambah rencana yang mendukung pembelajaran itu. Contohnya, persiapan untuk pembangunan proyek  stadion senilai 1 M.
  6. Fungsi Pengawasan adalah , anggaran negara menjadi pedoman dalam menilai apakah kegiatan pemerintah telah diselenggarakan dengan ketentuan yang ditetapkan. Dengan begitu, rakyat mampu menilai apakah tindakan pemerintah sudah sesuai atau belum dengan APBN.

Apa Saja Tujuan Dari APBN?

Apa Saja Tujuan Dari APBN?

Dan Apa saja tujuan dari APBN? Adalah untuk mengatur dana pemasukan  dan pengeluaran negara Itu sendiri. Hal ini penting agar dapat melakukan peningkatan produksi , kesempatan kerja , serta pertumbuhan ekonomi , hingga akhirnya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa siklus ulasan APBN yang terbilang sangat panjang dan meliputi banyak pihak. Selama bahasan anggaran , disusun rencana anggaran yang biasanya dibahas di tingkat komisi DPR dengan kementerian dan lembaga negara terkait yang jadi pengunanya.

Rencana anggaran tersebut kemudian  disusun  oleh Kementerian Keuangan yang berperan sebagai Bendahara Negara. Ini karena, Kementerian Keuangan nantinya akan menghubungkan  semua rencana pengeluaran dengan target penerimaan seperti pajak dan penerimaan non pajak. 

Apa Saja Landasan Hukum Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara?

Apa Saja Landasan Hukum Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara?

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara adalah dana tahunan yang dibuat dan dikeluarkan oleh pemerintahan. Apa saja landasan hukumnya? Yaitu meliputi :

  1. UUD 1945 Pasal 23 ayat (1) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang ditetapkan setiap tahunnya.
  2. Undang undang  Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Pasal 1 ayat (7) berbunyi, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat. 

Dari semua pembahasan diatas apakah kalian sudah paham? Semoga artikel ini membantu. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.