Apa Gejala Hamil Muda? Berikut Penjelasannya!

Gejala Hamil Muda

Kehamilan adalah proses yang terjadi dari pembuahan hingga kelahiran. Proses ini dimulai dari sperma yang membuahi sel telur, allu tertanam di dalam lapisan rahim, dan kemudian menjadi janin. Kehamilan terjadi selama 40 minggu dan terbagi ke dalam tiga trimester. Gejala kehamilan kemungkinan muncul dalam beberapa minggu setelah berhubungan seks terakhir kali. Beberapa gejalanya adalah telat haid, mual dan muntah, payudara nyeri, puting menggelap, kram perut, perut kembung, lebih emosional, dan lain-lain. Beberapa dari gejala ini juga termasuk dalam gejala hamil muda, yang merupakan topik pembahasan dalam artikel ini.

Hamil muda, atau trimester pertama, adalah masa ketika usia kehamilan baru mencapai 1-12 minggu. Pada masa ini, umumnya akan terjadi gejala hamil muda seperti mudah lelah, mual, nyeri payudara, sering buang air kecil, serta sembelit.

Hal ini normal akibat perubahan hormon selama masa kehamilan. Untuk menjaga kondisi tubuh agar ibu hamil dan janin tetap sehat saat hamil muda, maka penting untuk memperhatikan hal-hal yang wajib kalian mengerti selama masa trimester pertama.

Cara Mengetahui Apakah Kita Sedang Hamil atau Tidak?

Cara Mengetahui Apakah Kita Sedang Hamil atau Tidak?

Nah, bagaimana cara mengetahui apakah kita sedang hamil atau tidak? Salah satu cara unguk mengenali ciri hamil 1 minggu adalah dengan menghitung tanggal terakhir menstruasi. Hal ini karena salah satu ciri hamil adalah haid yang terlambat. Selain itu juga, mungkin gejala morning sickness akan terjadi. Morning sickness adalah rasa mual yang bisa beserta muntah atau tidak. Payudara yang lembut dan bengkak juga merupakan gejala hamil muda.

Kapan Mulai Bisa Merasakan Tanda Awal Kehamilan?

Kapan Mulai Bisa Merasakan Tanda Awal Kehamilan?

Kalau begitu, kapan mulai bisa merasakan tanda awal kehamilan? Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, dalam waktu 1 minggu pun sudah dapat merasakan tanda awal kehamilan bagi ibu hamil. Lama-kelamaan, gejala hamil muda juga akan mulai terasakan. Seperti contoh, tiga minggu setelah pembuahan, sebagian wanita merasakan mual, dengan atau tanpa muntah. Hal ini juga bisa terjadi kapan saja.

Beraktivitas atau bekerja saat hamil muda masih tidak masalah, akan tetapi ada beberapa saran yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi keluhan-keluhan dari gejala kehamilan.

Hal yang kita sarankan untuk para bumil lakukan adalah mengonsumsi suplemen kehamilan, menjalani pemeriksaan kandungan sesuai jadwal, mencukupi kebutuhan cairan, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

Apa Ciri-ciri Perut Hamil Muda?

Apa Ciri-ciri Perut Hamil Muda?

Beberapa gejala hamil muda dapat dirasakan pada perut. Apa ciri-ciri perut hamil muda? Gejala-gejala tersebut adalah perut mual, perut kram, perut kencang, perut kembung, dan perut sembelit.

Meski perubahan secara fisik dalam perut belum terlihat, akan tetapi gejala-gejala tersebut akan timbul, sehingga dengan adanya gejala-gejala ini, dapat dipertimbangkan bahwa proses kehamilain sudah mulai.

Saat kehamilan sudah terjadi, ada beberapa hal yang tidak saya sarankan untuk kalian lakukan. Hal-hal yang tidak saya sarankan adalah merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, menggunakan sauna, stres yang berlebihan, dan mencuci kandang binatang peliharaan, termasuk kucing.

Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan mentah, susu mentah (tidak dipasteurisasi), dan ikan yang memiiliki kadar merkuri yang tinggi.

Hindari juga mengonsumsi obat-obatan dan suplemen tanpa konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Hal-hal ini tidak disarankan karena dapat memberi potensi keguguran pada janin.

Seperti contoh untuk hal membersihkan kandang binatang peliharaan. Kotoran kucing dapat mengandung parasit Toxoplasma gondii yang dapat menimbulkan toksoplasmosis yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.