Apa Itu Angket Beserta Fungsi dan Tujuannya

apa itu angket

questionnaire merupakan pengumpulan data yang berbentuk tulisan mengenai perihal sesuatu yang diperlukan, dibagikan pada banyak orang untuk memberikan jawabannya. Apa itu angket yakni alat yang digunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan atau pernyataan tertulis sebagai penilaian, isi telah dikumpulkan dan ditulis dari beberapa narasumber.

Biasanya dalam masyarakat dikenal dengan nama kuisioner. Pengertian apa itu angket digunakan untuk penilaian, seperti sebuah produk atau tempat baru cafe, swalayan, dan lainnya.

questionnaire memiliki beberapa jenis yakni questionnaire terbuka, angket tertutup, angket langsung, angket tidak langsung, dan kombinasi angket terbuka dan angket tertutup.

Angket Itu Artinya Apa?

Angket Itu Artinya Apa?

Kebanyakan orang tidak mengenal istilah angket, angket itu artinya apa? questionnaire memiliki arti sebagai pengumpulan jenis data yang berisi berbagai pertanyaan dan diberikan kepada responden untuk menjawabnya. Hal tersebut digunakan untuk mengetahui dimana letak kepuasan para konsumen tentang suatu hal yang diberikan.

Memiliki 5 jenis questionnaire, berikut penjelasannya :

  • questionnaire terbuka

Yakni menjawab langsung pertanyaan yang diberikan, tidak memiliki pilihan apapun, melalui pendapat mereka sendiri, sehingga para responden lebih luas dalam menjawabnya.

  • questionnaire tertutup

Yakni questionnaire yang memiliki jawaban terbatas, misalnya dalam bentuk pilihan ganda saja, sehingga para responden tidak bisa menjawabnya seluasa mungkin.

  • questionnaire langsung

Yang berisi tentang pertanyaan pribadi tentang narasumber, seperti riwayat pendidikan, jumlah keluarga, tempat tanggal lahir dan sebagainya.

  • questionnaire tidak langsung

Berbeda dengan sebelumnya tentang pertanyaan pribadi narasumber, questionnaire tidak langsung mengacu kepada pertanyaan mengenai orang lain, kemudian akan dijawab oleh responden.

  • Kombinasi questionnaire terbuka dan questionnaire tertutup

Jenis ini adalah questionnaire gabungan questionnaire dan questionnaire terbuka dan tertutup, yang dimana pertanyaan berisi pilihan ganda dan pendapat terkemuka yang dapat diisi secara langsung.

Kapan Kita Menggunakan Angket?

Kapan Kita Menggunakan Angket?

Kapan kita menggunakan angket? questionnaire digunakan ketika para peneliti atau narasumber,  membutuhkan informasi tentang apa kebiasaan masyarakat sekitar, sebagai bentuk penilaian diantara jawaban responden. Apa itu angket dapat disebut sebagai bentuk wawancara tertulis dan dikumpulkan sebagai data informasi untuk para peneliti dan narasumber.

questionnaire dapat mempelajari dan menganalisis perilaku, sikap, dan karakteristik orang di dalam organisasi untuk melihat apakah bisa terpengaruh dengan sistem yang ada atau belum.

Penggunaan questionnaire memang lah baik, sebaiknya gunakan kesempatan tersebut dengan mengikuti persyaratan yang telah ditentukan dalam penelitian. Jangan digunakan semena-mena dan gunakan kaidah bahasa yang baik dalam membuat pertanyaannya.

Kebanyakan orang tidak ingin mengisi questionnaire, karena tidak ingin membuang waktu untuk hal tersebut. Oleh karena itu, ketika membuat questionnaire gunakan kalimat bahasa yang menarik, agar responden dapat menerima dengan senang hati.

Materi tentang apa itu questionnaire, memiliki beberapa prosedur dalam membuatnya seperti :

  • Tentukan tujuan yang di inginkan di dalam questionnaire tersebut.
  • Mengetahui dan mengidentifikasi isi di dalam questionnaire agar lebih jelas.
  • Memberikan penjelasan yang mudah dimengerti oleh para responden dalam mengisinya.
  • Menentukan jenis data yang dikumpulkan dan jenis cara menganalisisnya.

Apa Fungsi Angket?

Apa Fungsi Angket?

Apa fungsi angket? questionnaire memiliki beberapa fungsi sekaligus dengan tujuannya, sebagai berikut :

  • Dapat dijadikan sebagai evaluasi program dan minat.
  • Untuk mengetahui bagaimana sikap dan pendapat para responden.
  • Pengumpulan informasi dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membangun sebuah program penelitian.
  • questionnaire dapat digunakan untuk sebuah penilaian terhadap pertanyaan yang diberikan.
  • questionnaire memiliki informasi yang lebih akurat dan terjamin sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Mengumpulkan berbagai macam informasi yang relevan untuk kepentingan penelitian yang akan dilaksanakan.

Itulah materi artikel mengenai apa itu questionnaire beserta fungsi dan tujuannya. Sekian dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.