Apa Itu Departemen? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Departemen

Apakah kalian pernah mendengarkan tentang kata department? Pastinya kalian pernah mendengarkan kata tersebut kan, tapi apakah kalian tahu apa artinya? pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu departemen. Menurut KBBI departemen ini adalah lembaga tinggi yang mengurus suatu bidang pekerjaan didalam perusahaan. itulah pengertian dasar dari departemen, kali ini kita akan membahas apa itu departemen secara mendetail, yuk langsung kita simak saja pembahasannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Departemen?

Apa Yang Dimaksud Dengan Departemen

Setelah kalian mendapat gambaran tentang apa itu departemen, kali ini aku akan membahas secara mendetail tentang apa yang dimaksud dengan department? Dalam dunia bisnis kalian pasti sering mendengar kata department. Lalu, apa itu department, dan apa saja fungsi department? Pengertian Departemen merupakan bagian dalam suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki tugas yang sangat spesifik.

Nama department tentunya sangat banyak macamnya dan memiliki fungsi yang berbeda beda sesuai nama department-nya. Biasanya satu bagian department bisa menjalankan beberapa fungsi department lainnya. Itulah pengertian departemen dan berikut adalah fungsinya.

Apa Fungsi Dari Departemen?

Apa Fungsi Dari Departemen

Department ini mempunyai fungsi untuk bertugas di dalam, apa fungsi dari departemen? ada beberapa fungsi department di dalam perusahaan menurut divisi nya yaitu :

1. Sales & Marketing

Bertanggung jawab atas penjualan dan juga pemasaran produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. department ini adalah salah satu department yang penting di dalam sebuah perusahaan.

2. HRD (Human Resources Department)

HRD ini bertanggung jawab atas pengelolaan sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. HRD ini juga bertugas seperti memantau jam datang karyawan dan juga mengembangkan kualitas para karyawan

3. Purchasing

Adalah department yang berfungsi untuk pengadaan barang apa saja yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan, mereka juga bertugas untuk membeli stok barang yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan harga yang bersaing, dan juga mengatur administrasi pengorderan dan juga pembelian suatu barang di dalam perusahaan.

4. Production

Ini bertanggung jawab atas produksi barang di dalam perusahaan, dan juga mengendalikan target produksi di dalam perusahaan.

5. QA (Quality Assurance)

Ini bertugas untuk mengelola standar dari barang yang akan diproduksi oleh perusahaan, dan juga melakukan tes kualitas produk untuk mengetahui tingkat kualitas produk yang akan dihasilkan.

6. Accounting

Mengatur keuangan dan juga menghasilkan laporan keuangan di dalam sebuah perusahaan.

7. Warehouse

Mengatur ketersediaan stok barang yang akan dijual dan juga mengatur mengatur stok barang yang disimpan di dalam sebuah perusahaan.

8. IT (Information & Technology)

Yang bertugas di dalam bidang jaringan dan komputerisasi yang mendukung aktivitas pekerjaan dalam suatu perusahaan.

9. PPIC (Product Planning Inventory Control)

Bagian di dalam perusahaan yang mengatur dan juga mengontrol proses produksi.

10. GA (General Affairs)

Adalah bagian department yang bertugas mengatur sarana dan prasarana yang dibutuhkan pekerja atau karyawan di dalam sebuah perusahaan.

Apa Perbedaan Divisi Dan Departemen?

Apa Perbedaan Divisi Dan Departemen

setelah membahas tentang fungsi dari departemen, kali ini kita akan membahas tentang apa perbedaan divisi dan departemen? department adalah suatu bagian yang memiliki tugas spesifik dari suatu organisasi yang lebih besar, department tidak mempunyai otonomi sebesar divisi. Sedangkan Divisi adalah sebuah kelompok atau satuan di dalam sebuah organisasi yang relatif otonom.

Semakin besar sebuah perusahaan maka akan semakin banyak juga fungsi department tersebut. Sekian adalah pembahasan saya tentang apa itu departemen. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, sekian terima kasih.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.