Apa Itu Dies Natalis? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Dies Natalis

Apakah teman-teman pernah mendengar kata Dis Natalis sebelumnya? Memang kata ini sedikit asing bukan, sehingga wajar tidak banyak orang mengetahui apa itu Dies Natalis. Berikut pembahasan Dis Natalis artinya apa sih?

Apa Itu Dies Natalis?

Apa Itu Dies Natalis?

Perlu teman-teman ketahui bahwa hal tersebut bukanlah sebuah kata, melainkan sebuah hari peringatan.

Perayaan apa itu Dies Natalis, diyakini bahwa pada saat perayaan ini. Merupakan hari dimana pendidikan memulai perjalanannya dari suatu lembaga pendidikan. Sehingga lebih sering didengar atau dikenal ketika berada di lembaga pendidikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu Dies Natalis adalah hari ulang tahun berdirinya suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi seperti akademi dan universitas.

Tujuan dari perayaan ini adalah agar mewujudkan hubungan yang harmonis dan serasi di dalam semua unsur yang ada di dalam perguruan tinggi. Hal ini didukung juga dari tugas utama perguruan tinggi, yaitu menghasilkan penerus bangsa yang berkualitas.

Namun apakah ulang tahun adalah perayaan umat kristiani? Memang benar bahwa apa itu Dies Natalis adalah hari kelahiran, hal ini sama seperti hari natal yang juga memiliki makna yang sama berupa kelahiran dari bahasa portugis.

Teman-teman tidak perlu khawatir, walaupun memiliki makna yang sama. Itu tidak menunjukkan bahwa ulang tahun hanya merujuk pada kelahiran Tuhan Yesus (natal). Melainkan merujuk pada hal-hal yang lebih luas dan perayaannya sendiri seperti yang telah teman-teman simak sebelumnya merujuk pada hari dimulainya pendidikan terutama bagi perguruan tinggi.

Dies Natalis Berasal dari Bahasa Apa?

Dies Natalis Berasal dari Bahasa Apa?

Jika bertanya-tanya ulang tahun berasal dari bahasa apa, jawabannya adalah bahasa latin. Dies yang berarti hari dan Natalis yang berarti kelahiran. Sehingga apa itu Dies Natalis adalah hari kelahiran.

Apa Makna Dies Natalis?

Apa Makna Dies Natalis?

Ulang tahun ini memiliki makna mendalam bagi perguruan tinggi. Makna tersebut adalah menjadi penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya dan menjadi kesempatan bagi perguruan tinggi untuk menguatkan komitmen perubahannya. Sehingga perayaan ini tidak hanya sebagai penanda usia perguruan tinggi.

Selain itu karena perayaan ini layaknya sebuah ulang tahun bagi perguruan tinggi. Maka sudah pasti setiap perguruan tinggi masing-masing akan membuat acara semeriah mungkin layaknya ulang tahun sendiri.

Hal tersebutlah yang membuat perayaan ini dirayakan secara turun-temurun. Setiap perayaannya tentu penuh dengan rasa bahagia, sukacita, penuh syukur dan gembira.

Terdapat beberapa manfaat dari diadakannya ulang tahun, yaitu :

  1. Sebagai momentum perguruan tinggi untuk menguatkan komitmen untuk menjadi semakin maju
  2. Membangun sportivitas
  3. Menghilangkan penghalang-penghalang antar generasi
  4. Membangun budaya organisasi yang baik dan baru

Contoh kegiatan Dies Natalis

Di dalam perayaan ini, setiap perguruan tinggi mempunya ciri khas masing-masing. Perbedaannya nampak pada tema yang dipilih, lomba-lomba yang diadakan, narasumber yang diundang untuk mengisi acara dan lainnya. Namun semua hal yang dipilih itu tentu memiliki makna tersendiri dan mendalam.

Contoh kegiatannya adalah :

  • Karnaval
  • Pertandingan olahraga (basket, voli, badminton, futsal dan lainnya)
  • Fashion show
  • Berbagai macam perlombaan (lomba membuat video, bernyanyi, games dan lainnya)
  • Pentas seni
  • Seminar
  • Bakti sosial

Selain kegiatan-kegiatan tersebut masih banyak lagi kegiatan yang biasanya dilakukan ketika perayaan ulang tahun. Perayaannya sendiri biasanya tidak dirayakan hanya satu hari, namun biasanya lebih dari satu hari.

Teman-teman sudah mengetahui bukan ulang tahun artinya apa sih hingga contoh kegiatan ulang tahun. Perayaan ini tentu menyenangkan karena terdapat makna yang mendalam dan berbagai kegiatan yang bisa teman-teman lakukan saat hari perayaannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.