Apa Itu Estimasi? Apa Hayo? Penasaran Kan?

Apa Itu Estimasi

Apakah kalian tahu Apa itu estimasi. menurut sebagian orang, estimate sudah jadi istilah yang cukup familiar. Tapi menurut sebagian lainnya, estimate bisa jadi merupakan kata asing yang tidak kita ketahui artinya. Padahal, hal itu penting untuk tahu arti estimate. Karena kata estimate sering kali muncul dan kita pakai ketika menyusun proposal atau perencanaan suatu program kegiatan.

estimate sering kita artikan juga dengan perkiraan, penilaian, dan juga pendapat. Dapat kita bayangkan, betapa pentingnya kedudukan estimate dalam menyusun suatu proses perencanaan program kegiatan. Namun mempelajari apa itu estimasi tentu tak akan cukup hanya sebatas pada arti sempitnya tersebut. Masih ada banyak juga hal penting yang perlu diketahui tentang apa itu estimasi.

Estimasi Itu Apa Sih?

Estimasi Itu Apa Sih

setelah kalian mendapat gambaran tentang estimate, kali ini aku akan menjawab pertanyaan tentang estimasi itu apa sih? estimate juga sering disamakan dengan perkiraan, penilaian, dan juga pendapat. Dapat dibayangkan, betapa pentingnya suatu estimate di dalam suatu proses perencanaan program kegiatan. Namun mempelajari apa itu estimasi tentu tak akan cukup jika sebatas pada arti tersebut. Masih ada banyak hal hal penting yang perlu diketahui tentang estimate ini.

Kita juga perlu memahami pengertian estimate secara umum. Ada yang menyebut estimate adalah suatu proses pengukuran yang kuantitatif atau hasil yang akurasinya yang dapat diukur dengan angka. Hal ini sejalan dengan praktik estimasi dalam kehidupan keseharian, yang selalu menggunakan tolok ukur angka yang jelas, meski terkadang tidak diperoleh hasil yang tepat sasaran.

Tanpa kita sadari, kita selalu membuat estimate dalam kehidupan sehari-hari. estimate ini sering kita dengar ketika orang sedang membicarakan proyek atau menghitung nilai statistik pada sensus penduduk, misalnya estimate waktu dan biaya pengerjaan proyek, bisa juga estimas untuk belanja harian dan lain sebagainya.

Apa Kata Lain Dari Estimasi?

Apa Kata Lain Dari Estimasi

setelah membahas tentang estimate, kali ini kita akan membahas Apa kata lain dari estimasi? Banyak persamaan atau kata lain dari estimate, berikut contohnya di bawah ini :

  1. Pertimbangan
  2. Alasan
  3. Evaluasi
  4. Komentar
  5. Kritik
  6. Penilaian
  7. Tanggapan
  8. Advis
  9. Bicara
  10. Fatwa
  11. Masukan
  12. Nasihat
  13. Pandangan
  14. Pendapat
  15. Pengarahan
  16. Petuah
  17. Petunjuk
  18. Rekomendasi
  19. Saran
  20. Wejangan
  21. Tilikan
  22. Amatan
  23. Pantauan
  24. Tatapan
  25. Tinjauan
  26. Anggapan
  27. Opini
  28. Pendirian
  29. Perasaan
  30. Pikiran
  31. Nubuat
  32. Nujum
  33. Ramalan
  34. Taksiran
  35. Ancar-Ancar
  36. Anggaran
  37. Dugaan
  38. Hitungan
  39. Kiraan
  40. Raba

Apa Saja Jenis Estimasi?

Apa Saja Jenis Estimasi

Setelah membahas tentang estimate, kali ini saya akan membahas Apa Saja Jenis Estimasi?  Berikut ini ini adalah jenis jenis dari estimate

1. estimate Titik

Merupakan salah satu cara untuk mengadakan estimate terhadap parameter populasi yang tidak diketahui. estimate ini adalah nilai tunggal yang digunakan untuk mengadakan estimate terhadap parameter sebuah populasi. Titik estimate yang dapat digunakan untuk mengadakan estimasi parameter populasi adalah rata rata sampel terhadap rata-rata dari sebuah populasi,

proporsi sampel terhadap proporsi sebuah populasi, jumlah variabel tertentu yang ada di dalam sampel untuk menaksir jumlah variabel tersebut dalam populasi, dan varians atau juga simpangan baku sampel untuk menaksir simpangan baku populasi ini.

Berikut ini rumusnya : E ( µ ) =  ; E ( σ2 ) = S2 ; E ( p ) =

2. estimate Interval

Dari penelitian dan juga perhitungan harga statistik suatu sampel, bisa dihitung suatu interval dimana jika peluang tertentu harga parameter yang hendak ditaksir terletak di dalam interval itu. Interval merupakan sekumpulan nilai statistik untuk sampel dan interval tertentu yang digunakan untuk mengadakan estimate terhadap parameter populasi dengan harapan bahwa nilai parameter populasi terletak di dalam interval itu.

Estimasi rata rata di dalam statistik dapat diasumsikan untuk suatu ukuran sampel dikatakan besar jika n ≥ 30, sampel dikatakan kecil apabila n ≤ 30.

Estimasi rata rata untuk sampel yang kecil  n < 30, maka interval konfidensi untuk m ini adalah : – t ( n-1 ; a/2 ).   S  ≤ μ ≤ + t ( n-1 ; α/2 ) . S √n

Sekian pembahasan saya tentang apa itu estimasi. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.