Apa Itu Implikasi? Pengertian!

Apa Itu Implikasi

Akhir-akhir ini, banyak penggunaan kata baru dan jarang digunkan, yang menyebabkan kita kebingungan dengan arti kata tersebut. Contohnya kata Implikasi atau advis, Apa itu implikasi? pertanyaan seperti ini akan muncul ketika kita tidak mengetahui arti dari advis. advis merupakan sebuah hubungan antara dua pernyataan di mana pernyataan kedua merupakan konsekuensi logis dari pernyataan pertama. Dibaca ‘jika p maka q’.

Sekarang kita akan menyimak tentang apa itu implikasi atau advis Dari para ahli. Menurut Silalahi, advis merupakan akibat yang ditimbulkan dari adanya penerapan suatu program atau kebijakan yang berdampak baik maupun buruk terhadap pihak yang menjadi sasaran pelaksanaan kebijakan atau program tertentu. Ada 3 jenis advis, yaitu teoristis, manajerial, dan metodologi. Berikut penjelasannya :

1. Teoristis

Teoristis ini adalah jenis advis yang merupakan sebuah kajian yang mendasar guna mendukung tentang adanya suatu penelitian yang memungkinkan bisa dilakukan. Biasanya jenis advis ini digunakan untuk meyakinkan seseorang.

2. Manajerial

Manajerial adalah jenis impilaksi yang merupakan kebijakan yang didalamnya terdapat sebuah objek yang sedang diteliti dan dilakukan. Ada 2 jenis kebijakan ini, yaitu :

  1. Procedural
  2. Substantive

3. Metodelogi

Metodologi merupakan jenis advis atau advis dengan cara meneliti dalam menarik kesimpulan dengan benar dari suatu penelitian.

Selanjutnya, menurut Islamy, advis adalah sesuatu yang sudah dihasilkan dengan adanya suatu proses perumusan suatu kebijakan, atau dapat diartikan suatu akibat dan konsekuensi yang muncul dengan dilaksanakannya kegiatan atau kebijakan teretentu.

Apa itu Implikasi Penelitian

Apa itu implikasi penelitian

Setelah mengetahui arti apa itu implikasi? Sekarang kita juga harus tau apa itu implikasi penelitian? Definisi yang sebenarnya hamper sama dengan advis, namun advis penelitian ini merupakan suatu akibat langsung atau konsekuensi dari hasil penemuan dalam suatu penelitian. Berikut merupakan contoh advis penelitian, yaitu :

Seorang peneliti yang ingin membuktikan bagaimana reaksi seekor hamster ketika dipertemukan dengan hamster lainnya yang terisolasi. Pada kasus ini, kita dapat menerapkan jenis advis teoritis yaitu reaksi hamster itu awalnya akan ketakutan karena menganggap hamster lain asing.

Dan saat menerapkan advis manajerial, maka si peneliti harus bisa memperhatikan etik saat melakukan isolasi terhadap hamster tersebut. Hamster tersebut harus diberi minum dan juga makanan yang cukup, serta ruangan yang dapat dimasuki udara.

Selain itu, peneliti juga harus mencari hubungan atau akibat yang akan terjadi terhadap hasil penelitiannya. Dan yang terakhir adalah advis metodologi, yaitu peneliti melakukan penelitiannya dan dapat memberikan kesimpulan pada penelitiannya.

Apa itu Implikasi Hukum

Apa itu implikasi hukum

Kita sudah tau definisi dari implikasi atau yang di sebut juga advis, dan juga advis penelitian. Lantas, apa itu implikasi hukum? advis hukum dapat diartikan sebagai keterlibatan atau keterkaitan beberapa aspek hukum yang diakibatkan dari pengaturan hukum acara Mahkamah Konstitusi dalam bentuk Peraturan Mahkamah Konstitusi.

Implikasi Sosial Adalah

Kita telah mengetahui apa itu implikasi dan contohnya. Secara umum, kata advis memiliki arti yaitu mempunyai hubungan melibatkan atau keterlibatan dengan suatu hal. Lalu, implikasi sosial adalah advis yang dihubungkan dengan keadaan sosial.

Dan jika implikasi ini dihubungkan dengan sosial, maka dapat diartikan sebagai hubungan keterlibatan atau efek yang muncul disebabkan oleh suatu hal dalam ruang lingkup social masyarakat.

Itulah beberapa pembahasan tentang apa itu implikasi, pengertian dari impilaksi penelitian dan juga advis hukum, jenis-jenis advis, dan berserta contoh advis yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.