Apa Itu Kompromi Beserta Contohnya

Apa Itu Kompromi

Kompromi merupakan kebiasaan sikap yang sering dilakukan di dalam kegiatan sehari-hari. Hal tersebut digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang terjadi. Jadi, apa itu kompromi yakni jalan damai ketika bernegosiasi mengenai masalah sesuatu, agar tidak terjadi penuntutan di antara kedua belah pihak.

Apa itu kompromi dapat dikatakan sebagai bentuk persetujuan dan penyelesaian masalah yang terjadi, melalui sebuah kesepakatan di dalam negosiasi tersebut.  Penyebab hal itu dapat terjadi karena adanya perbedaan pendapat yang harus diselesaikan secara damai, agar tidak terjadi perselisihan.

Dengan adanya hal tersebut, keputusan terakhir harus secara adil. Jika menguntungkan, kedua belah pihak mendapatkan keuntungan juga. Jika keputusan dapat merugikan, maka kedua pihak harus menghindari hal tersebut.

Hal diatas adalah sebagai proses negosiasi perundingan yang mempunyai perbedaan pendapat dan belajar untuk menerima pendapat secara konsisten, agar proses perundingan berjalan hingga selesai.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Kompromi?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Kompromi?

Apakah yang dimaksud dengan kompromi? Kompromi adalah salah satu jalan pintas kedamaian di dalam sebuah perundingan, terdapat banyak perbedaan pendapat yang harus diselesaikan secara adil di antara kedua belah pihak yang bersangkutan.

Contoh masalah berikut, penyelesaian masalah dengan pasangan membahas tentang dimana tempat pernikahannya. Si perempuan ingin mengadakan pernikahan di rumahnya sendiri, sebaliknya si lelaki menginginkan hal tersebut juga.

Keputusan terakhir yang diambil, yakni pasangan tersebut membuat kesepakatan untuk melaksanakan tempat pernikahan di gedung. Dengan begitu, diselesaikan secara adil. Tidak ada kerugian maupun keuntungan.

Itulah contoh dari materi apa itu compromise berdasarkan permasalahan kecil. Jika dilihat, Indonesia memiliki banyak keanekaragaman budaya dan selalu terjadi perbedaan pendapat di dalamnya. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara baik-baik, jangan langsung menyerang satu sama lain atau memperbanyak demo.

Permasalahan diatas diselesaikan dengan cara kekeluargaan atau cara lebih damai, agar tidak bertambah runyam. Tetapi jika ada salah satu pelanggar berat, maka tetap diberi hukuman yang setimpal.

Apa Saja Contoh dari Kompromi?

Apa Saja Contoh dari Kompromi?

Setelah membahas materi mengenai apa itu compromise dan sedikit wawasannya, selanjutnya membahas tentang apa saja contoh dari kompromi? Berikut penjelasannya.

  • Kompromi antara suami istri atau pasangan ingin menikah

Contoh ini telah diterangkan di atas, saya hanya mengulanginya saja, sebagai bahan untuk mudah dimengerti secara pengelompokkan.

Penyelesaian masalah dengan pasangan membahas tentang dimana tempat pernikahannya. Si perempuan ingin mengadakan pernikahan di rumahnya sendiri, sebaliknya si lelaki menginginkan hal tersebut juga. Keputusan terakhir yang diambil, yakni pasangan tersebut membuat kesepakatan untuk melaksanakan tempat pernikahan di gedung.

  • Kompromi antara pekerja dan atasan

Dalam hal ini, terdapat kontrak kerja yang telah disepakati kedua belah pihak. Di dalam kontrak kerja telah tertera upah yang diberikan, sistem kerja, berapa lama sistem kerja, dan masih banyak lagi.

  • Kompromi antara orang tua dan guru

Dalam perihal jenis ini, dimana guru memberikan tentang sistem sekolah, biaya sekolah, jam berangkat dan pulang sekolah, mata pelajaran yang akan diikuti dan sebagainya. Nah, disini peran orang tua, sanggupkah wali murid menerima itu semua dan bertanggung jawab. Di dalam perundingan tersebut tersebut pasti terdapat negosiasi dan menghasilkan keputusan baru.

Apa Perbedaan Antara Kompromi dan Mediasi?

Apa Perbedaan Antara Kompromi dan Mediasi?

Apa perbedaan antara kompromi dan mediasi? Kompromi adalah cara untuk menyelesaikan masalah yang memiliki perbedaan pendapat, hingga memperoleh kesepakatan yang adil di antara kedua belah pihak agar tidak terjadi perselisihan.

Sedangkan mediasi, yakni penyelesaian masalah melalui pihak ketiga sebagai penengah diantara perbedaan pendapat dalam sebuah perundingan.

Nah, itulah artikel mengenai apa itu kompromi beserta contohnya. Sekian dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.