Apa Itu Konsumtif? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Konsumtif

 

Halo teman teman, bagaimana kabar kalian? kali ini saya akan membahas apa itu konsumtif. Consumptive ini adalah sifat konsumsi yang artinya hanya memakai, dan tidak menghasilkan sendiri serta bergantung pada hasil produksi pihak lain. Adapun secara umum Consumptive dapat ini diartikan sebagai sebuah keinginan untuk mengkonsumsi barang barang yang sebenarnya kurang atau tidak diperlukan secara berlebihan hanya untuk mencapai kepuasan maksimal.

Adapun perilaku Consumptive dibedakan menjadi beberapa tipe sebagai berikut:

  1. Konsumsi adiktif (addictive consumption), adalah keinginan untuk mengkonsumsi barang atau jasa karena ketagihan.
  2. Konsumsi kompulsif (compulsive consumption), adalah keinginan berbelanja secara terus menerus tanpa memperhatikan apa yang sebenarnya ingin dibeli.
  3. Pembelian impulsif (impulse buying atau impulsive buying), adalah pembelian produk atau jasa yang biasanya dilakukan tanpa perencanaan.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Konsumtif?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Konsumtif

Setelah kalian mendapatkan gambaran tentang apa itu konsumtif. kali ini kita kan membahas tentang pertanyaan jelaskan apa yang dimaksud konsumtif? Consumptive ini adalah kecenderungan seseorang berperilaku berlebihan dalam membeli sesuatu atau membeli tidak terencana. Akibatnya, mereka kemudian membelanjakan uangnya dengan membabi buta dan juga tidak rasional. Sekedar untuk mendapatkan barang barang yang menurutĀ  mereka dapat menjadi simbol keistimewaan dan juga kepuasan.

Bisa juga berarti perilaku individu yang tidak dapat menahan keinginannya sendiri untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan tanpa melihat fungsi utama dari barang barang tersebut. Definisi tersebut juga menunjukkan bahwa individu yang berperilaku Consumptive akan cenderung membeli barang dengan berdasar keinginan daripada kebutuhan.

Apa Saja Contoh Perilaku Konsumtif?

Apa Saja Contoh Perilaku Konsumtif

Setelah kalian tahu apa itu konsumtif. kali ini saya akan menjawab pertanyaan apa saja contoh perilaku konsumtif? Nah, contoh perilaku Consumptive yang dapat kalian temui dalam kehidupan sehari-sehari yaitu sebagai berikut:

  1. Menghabiskan Gaji Untuk Barang Barang Trendi

Perilaku Consumptive yang satu ini sering terjadi pada kalangan pekerja yaitu menghabiskan gaji bulanan mereka hanya untuk berbelanja barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

  1. Me Time yang Berlebihan

Memiliki waktu untuk diri sendiri atau me time di kedai kopi atau restoran yang perlu dilakukan agar mendapatkan ketenangan di dalam pikiran. Tetapi, perlu digaris bawahi bahwa melakukan me time juga ada batasnya.

  1. Rutin Membeli Barang Secara Online

Rutin membeli barang secara online adalah contoh dari perilaku Consumptive. Tetapi, ada baiknya pembelian melalui cara ini direncanakan dahulu agar tidak melebihi anggaran belanja kita.

  1. Lebih Sering Membeli Produk Impor

Kegiatan pembelian produk impor saat ini sedang diminati oleh banyak kalangan muda. Harga yang cenderung lebih murah membuat masyarakat membeli barang barang tersebut membeli barang ini secara berlebihan.

Apa Akibat Dari Perilaku Konsumtif?

Apa Akibat Dari Perilaku Konsumtif

Setelah membahas tentang contoh perilaku konsumtif, kali ini kita akan membahas tentang Apa akibat dari perilaku konsumtif? KConsumptive adalah pemborosan. Karena tuntutan sosial yang tidak ada habisnya, akhirnya memotivasi seseorang untuk memiliki perilaku konsumtif. Apa saja sih dampak negatif dari perilaku konsumtif?

1. Ketidakstabilan Kondisi Finansial

Konsumtif adalah perilaku yang tidak didasari oleh pemikiran rasional. Tanpa adanya perencanaan yang matang dan tujuan yang jelas, perilaku Consumptive ini adalah alasan utama dari kacaunya alokasi finansial seseorang. mendesak.

2. Inflasi

Tingginya tingkat konsumerisme saat ini juga berpengaruh pada nilai uang suatu negara. Arti dari Consumptive adalah melakukan transaksi pembelian secara terus menerus. Kegiatan ini juga berpengaruh pada banyaknya uang yang beredar sehingga mampu menyebabkan inflasi.

3. Kesenjangan Sosial

Mengincar kemewahan dan juga status sosial, konsumtif adalah salah satu faktor yang menciptakan sebuah klasifikasi sosial. Maka dari itu, dampak negatif dari perilaku konsumtif ini adalah semakin jelasnya kesenjangan sosial yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat.

Sekian pembahasan saya tentang apa itu konsumtif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.