Apa Itu Minder, Berikut Penjelasannya!

apa itu minder

Pernahkah Anda merasakan minder? Atau berada dalam situasi yang membuat Anda ingin menyembunyikan diri? Tentu setiap orang akan memiliki kekurangan sehingga dapat melahirkan rasa minder. Namun, apa itu minder?

Minder merupakan perasaan yang wajar yang dapat dirasakan oleh setiap orang. Perasaan tersebut dapat muncul ketika kita melihat pencapaian orang lain yang membuat kita juga menginginkannya. Bagi Anda yang belum tahu apa itu minder. Artikel ini akan membahas beberapa hal tentang tidak percaya diri.

Dapat disebut juga dengan rendah diri merupakan kurangnya rasa percaya diri seseorang yang menimbulkan selalu merasa kurang jika dibandingkan dengan orang lain. Itulah yang dimaksud dengan apa itu tidak percaya diri.

Rasa tidak percaya diri disebabkan oleh beberapa hal. Tahukah Anda hal apa sajakah itu? Ulasan kali ini, tidak hanya akan membahas tentang apa itu minder namun juga beberapa hal lain. Simak terus, ya!

Penyebab rasa percaya diri yang kurang bisa dikarenakan adanya pengalaman buruk yang dialami, seperti pernah menjadi korban bullying karena penampilannya yang dianggap kurang cantik atau tampan. Dapat juga disebabkan oleh kesehatan mental yang kurang baik, karena orang seperti ini cenderung pesimistis.

Faktor ekonomi juga dapat menjadi penyebab, misalnya seorang remaja yang kurang menerima kondisi ekonomi orang tuanya, yang membuatnya tidak dapat bergaya seperti teman lainnya.

Apa Akibat Dari Orang yang Memiliki Sikap Rendah Diri?

Apa Akibat Dari Orang yang Memiliki Sikap Rendah Diri?

Rendah diri berlebihan jika terus menerus terjadi, maka lama-kelamaan bisa saja akan menyebabkan kondisi yang tidak baik bagi seseorang itu sendiri. Apa akibat dari orang yang memiliki sikap rendah diri?

Akibatnya adalah dapat menciptakan kecemasan, stres, kesepian, hingga kemungkinan terjadinya depresi, timbulnya masalah interaksi dengan lingkungannya seperti dalam hubungan pertemanan, pekerjaan, hingga percintaan, dapat menghambat pencapaian karir dan pendidikannya, juga memungkinkan terjadinya penyalahgunaan narkoba.

Bagaimana Cara Untuk Menghilangkan Rasa Minder?

Bagaimana Cara Untuk Menghilangkan Rasa Minder?

Jika kita melihat seseorang yang selalu minder, sebagai orang yang menyadari hal tersebut, sebaiknya kita membantu dia untuk tidak terus menerus merasakan perasaan minder. Bagaimana cara untuk menghilangkan rasa minder?

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

  1. Menjauhkannya dari orang-orang yang membuatnya merasa turunnya percaya diri
  2. Mengajaknya bergaul dengan orang-orang yang positif
  3. Memberikan semangat untuk menemukan kelebihannya
  4. Mengajak untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan mencintai diri sendiri

Mengapa Manusia Memiliki Sikap Minder Dalam Hidupnya?

Mengapa Manusia Memiliki Sikap Minder Dalam Hidupnya?

Pernahkah Anda berpikir mengapa seseorang bisa merasa minder atau rendah diri? Hingga perasaan tersebut dapat menimbulkan kondisi yang tidak baik bagi seseorang. Mengapa manusia memiliki sikap kurang percaya diri dalam hidupnya?

Biasanya, minder berawal dari penilaian diri yang buruk. Alfred Adler, menyatakan bahwa sebagian besar merasa minder karena merasa kurangnya kemampuan diri. Perasaan ini dapat muncul ketika seseorang benar-benar merasa mempunyai kekurangan fisik maupun psikis.

Seseorang yang selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain selalu merasa dirinya lebih rendah. Hal inilah yang membuatnya merasakan kurang percaya diri. Jika berkelanjutan, maka seseorang akan cenderung menarik diri dari pergaulan dan lingkungan. Untuk membangkitkan rasa percaya dirinya memang bukan suatu hal yang mudah, karena memang perasaan tersebut sulit untuk dihindari.

Sebab itu kita harus sering menanamkan nilai yang positif ke dalam diri kita, karena hal ini akan membangkitkan rasa percaya diri dan menuntun kita kearah kesuksesan. Selain itu akan memunculkan kemampuan diri dan timbul rasa bahwa ia dibutuhkan di dunia ini.

Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.