Apa Itu Oknum? Ini Dia Penjelasannya

Apa Itu Oknum

Oknum adalah sebuah sebutan yang bisa kita dengar di berita. Mulai dari seorang polisi, pedagang dan lainnya. Namun apakah teman-teman tahu apa itu oknum dan oknum singkatan dari apa?

Oknum sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan kepada orang-orang yang melakukan suatu kesalahan di instansi negara. Instansi negara yang dimaksud seperti kepolisian, TNI, dan lainnya.

Oknum Singkatan dari Apa?

Oknum Singkatan dari Apa?

Jika ditanya singkatan dari apa itu oknum, sebenarnya “person” bukanlah singkatan dari apa-apa. Karena hal tersebut adalah istilah tunggal yang tidak terdiri dari kata-kata lain. Berbeda dengan WBP yang merupakan singkatan dari Warga Binaan Pemasyarakatan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu person memiliki 3 buah arti, yaitu :

  1. Menyebut diri Tuhan di dalam agama katolik
  2. Seseorang atau perseorangan
  3. Orang atau anasir (dalam hal ini memiliki arti yang tidak atau kurang baik)

Apa itu oknum memiliki arti yang sama ketika melihat artinya berdasarkan bahasa Arab. “ʾuqnūm” merupakan bahasa Arab dari person, yang berarti orang atau individu.

Apa Itu Oknum Dalam Politik

Apa Itu Oknum Dalam Politik

Apa itu oknum dalam politik adalah orang-orang yang melakukan kesalahan atau perbuatan yang salah. Contohnya seperti korupsi, kecurangan saat pemilihan suara, penggelapan dana dan lainnya.

Bahkan apa itu oknum dalam tempat-tempat atau bidang-bidang lain tidak jauh berbeda. Sampai saat ini sudah ada beberapa pihak atau masyarakat yang telah berusaha dan mengemukakan pendapat bahwa seharusnya dalam pemberitaan tidak menggunakan istilah person lagi. Berikut alasannya :

1. Menghilangkan tanggung jawab dari instansi tertentu

Hanya dengan menggunakan istilah tersebut ketika terjadi suatu kesalahan, instansi tersebut dapat dengan mudah melempar tanggung jawab kepada orang yang melakukan kesalahan. Sehingga hal ini seperti menyalahkan semua yang terjadi pada orang yang bersangkutan, padahal hal tersebut juga merupakan tanggung jawab dan kesalahan dari keseluruhan instansi

2. Tingkat kejahatan meningkat

Istilah tersebut membuat orang-orang yang berada di dalam instansi akan mengulangi kejahatan yang sama berkali-kali. instansi yang seharusnya mengawasi setiap anggotanya menjadi tidak begitu peduli dan cermat, karena jika terbukti melakukan kesalahan. instansi dapat dengan mudah menutupi instansi mereka menggunakan istilah tersebut.

3. Hilangnya tujuan utama dari instansi

Ketikan penggunaan istilah tersebut telah berulang-ulang kali. Tentu masyarakat akan menjadi khawatir dan tidak percaya lagi terhadap instansi tersebut. Selain itu, hal ini menunjukkan bahwa tidak adanya transparansi, kepentingan publik yang tidak sesuai dengan tujuan dan hal-hal penting dibuat seburam mungkin oleh media

Dalam membuat segala hal menjadi lebih baik lagi, semua orang yang merupakan warga Indonesia lah yang harus bergerak. Sehingga tidak ada lagi penyalahgunaan terhadap istilah tersebut baik dilakukan media untuk menutupi atau mengalihkan informasi ataupun instansi yang berlindung dibalik hal tersebut.

Apa Kata Lain dari Oknum?

Apa Kata Lain dari Oknum?

Terdapat beberapa kata lain atau sinonim dari person. Berikut daftar apa kata lain dari oknum :

  • Orang
  • Insan
  • Individu
  • Jiwa
  • Manusia
  • Pribadi
  • Sosok
  • Orang seorang
  • Perseorangan

Contoh dari penggunaan oknum :

  • Pegawai pajak yang menerima suap
  • Anggota polisi yang memalak pedagang di pasar
  • Anggota dewan yang menerima suap
  • Tukang parkir yang menaikkan tarif parkir sesuka hari

Teman-teman sudah paham bukan apa itu person. Penggunaan istilah tersebut memang sudah terhitung berlebihan, karena dapat membuat kabur sebuah informasi yang diberitakan. Teman-teman haruslah tetap berhati-hati dan berani untuk mengungkapkan fakta yang sebenarnya demi menghilangkan penggunaan kata person sebagai sebuah tameng.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.