Apa itu Pengertian Jaringan TCP/IP? Wajib Tahu!

Pengertian Jaringan TCP/IP

Sejak Sekolah Dasar hingga sekarang kita telah belajar tentang ilmu komputer.  Pada hal paling dasar saat belajar komputer Biasanya kita Mempelajari perangkat lunak atau software dan perangkat keras atau hardware  Serta jaringan komputer. Jaringan komputer memiliki beragam macam Salah satunya yaitu itu jaringan TCP/IP. Sebelum kita mengenal pengertian jaringan TCP/IP.

Apakah kalian masih ingat Apa definisi atau pengertian dari jaringan? Yang dimaksud jaringan adalah koneksi yang terjadi antara satu komputer dengan perangkat lainnya.  pada umumnya orang sangat banyak memakai jaringan TCP/IP .Jaringan ini dirasa banyak memiliki kelebihan Dan sangat terkenal Bagi kalangan milenial.

Pengertian Jaringan TCP/IP Merupakan alat  atau media komunikasi yang digunakan untuk bertukar data oleh suatu komunitas yang tergabung melalui jejaring internet.  Kepanjangan  TCP/IP Yaitu transmission control Protocol / internet Protocol.

Dari definisi Pengertian Jaringan TCP/IP diatas maka dapat kita pahami bahwa:

  1. Jika kita menggunakan atau terkoneksi dengan jaringan TCP/IP Maka kita dapat melakukan pembagian data
  2. Jika kita menggunakan jaringan TPC/IPAkan memerlukan lebih dari satu unit komputer untuk berkomunikasi
  3. Komputer yang menggunakan jaringan atau terkoneksi  TCP/IP Juga memerlukan jaringan internet

Bagaimana Cara Kerja  TCP/IP

Bagaimana Cara Kerja  TCP/IP

Setelah mengetahui tentang pengertian jaringan TCP/IP. Pada bagian pengertian  dapat kita simpulkan bahwa jaringan ini memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya Lalu bagaimana cara kerja jaringan TCP/IP . Secara singkatnya cara kerja jaringan ini yaitu komputer akan mengemas data Yang akan dikirimkan   dalam bentuk paket data yang dikirim ke komputer lain  lewat jaringan. 

Untuk lebih lanjutnya Berikut ini adalah cara kerja protokol atau jaringan TCP/IP :

  1. Data yang akan dikirimkan dipecah menjadi paket kecil
    Pertama jaringan ini akan memecah paket menjadi bagian-bagian kecil. Kemudian  paket akan ditransmisikan melalui media dan setiap paket akan diberi ikan suatu label yang berbeda dengan alamat pengirim paket.
  2. Mengirim paket melalui router
    Ketika paket sudah siap untuk dikirimkan maka paket akan dikirim melalui route. Tugas   router ini sendiri akan mengantar dan menentukan rute tujuan paket.
  3. Paket telah sampai tujuan
    Ketika paket telah sampai tujuan maka setiap layer akan bertugas sesuai lahirnya masing-masing dimulai dari layer yang paling bawah bertugas menerjemahkan paket kemudian dikirimkan kepada layar atas.

Apa Saja Macam Layer TCP/IP

Apa Saja Macam Layer TCP/IP

TCP/IP Terbagi atas 4 layer.Apa saja macam layer  TCP/IP.

  1. Lapisan yang pertama adalah lapisan application
    Merupakan lapisan yang paling dasar dari sebuah jaringan TCP/IP dan memiliki kontak secara langsung bagi pengguna jaringan
  2. Lapisan Transport
    Lapisan ini berfungsi sebagai jembatan transportasi Untuk memindahkan data antar komputer
  3. lapisan Network
    Pada lapisan ini terjadi pemecahan paket menjadi bentuk bagian-bagian kecil sehingga  paket berbentuk media besar dapat dikirim
  4. lapisan Network interface
    Lapisan terakhir ini memiliki kontak langsung dengan perangkat keras komputer

Keuntungan Menggunakan Jaringan TCP/IP Apa Saja?

Keuntungan Menggunakan Jaringan TCP/IP Apa Saja?

Seperti yang dikatakan di awal tadi alasan jaringan TCP/IP Terkenal di kalangan milenial dan sering digunakan mereka karena memiliki banyak keuntungan. Lalu keuntungan menggunakan jaringan TCP/IP apa saja? Berikut ini adalah macam-macam keuntungan dari penggunaanjaringan TCP/IP:

  1. Jaringan ini sangat cocok digunakan an-nas berbagai macam jaringan karena jaringan  TCP/IP Bersifat tidak terikat pada berbagai jenis perangkat keras khusus
  2. Bisa digunakan sebagai penghubung mesin dengan perangkat lunak karena sifatnya dari jaringan ini ini yaitu Open protokol standar
  3. Memiliki tingkat konsistensi yang sangat tinggi sehingga tidak heran banyak digunakan oleh orang-orang
  4. Mampu digunakan sebagai alat identifikasi jaringan dan TCP/IP Lainnya dengan identitas yang berbeda, meskipun memiliki sifat yang global

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.