Apa itu Plat Nomor G? Apa Perbedaan dengan Plat Nomor AG?

PLAT NOMOR G

Apakah kalian mengetahui jenis-jenis kode plat nomer kendaraan setiap kota. Untuk lebih lanjut kali ini kita akan membahas mengenai kode  nomor kendaraan. Plat nomer itu sendiri adalah merupakan bukti legalitas suatu kendaraan bermotor yang hukumnya mutlak dan wajib, untuk setiap wilayah yang berada di Indonesia setiap kendaraan bermotor memiliki kode nomor kendaraan yang berbeda. Dari jenis nomor kendaraan kita dapat mengidentifikasi dari mana asal wilayah kendaraan tersebut. Tentunya kode setiap nomor kendaraan bermotor itu berbeda setiap wilayah, contohnya Plat nomor g, ada yang tahu berasal dari kota mana?? Mari disimak dengan seksama.

Plat G Artinya

Dan Plat g sendiri adalah yang berasal dari pekalongan. Dan meliputi daerah Pekalongan, Tegal, Pemalang, Batang, dan Brebes. Plat nomor kendaraan itu sendiri terdiri dari 3 kode bagian, yaitu kode huruf, angka, serta huruf belakang yang memiliki arti masing – masing.

Pekalongan memiliki 2 kode plat, yaitu kode plat nomor g. Kota Pekalongan dan kode plat Kab. Pekalongan. Perbedaan keduanya terdapat pada kode huruf belakang plat nomor, akan tetapi memiliki kesamaan pada kode huruf awal

  • Untuk kota Pekalonganmemiliki plat nomor g dengan  kode belakang A/H/S
  • Sementara dengan kabupaten Pekalonganjuga memiliki plat g dengan kode belakang B/K/O/T.
  • Untuk wilayah kabupaten Batang dengan plat nomor kendaraan G dilengkapi dengan kode belakang C/L/V/X.
  • Wilayah kabupaten Pemalangmemiliki plat nomor kendaraan G dengan kode belakang D/I/M/W.
  • Plat nomor kendaraan kota Tegalyaitu G dengan kode belakang E/N/Y.
  • Sementara untuk wilayah kabupaten Tegalmemiliki plat G dengan kode belakang F/P/Q/Z.
  • Kabupaten Brebesmemiliki plat kendaraan dengan kode belakang G/J/R/U

Plat G Artinya

Bagaimana Cara Mengecek Nomor Plat G

Tentunya seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, melakukan pengecekan nomor kendaraan juga dapat diakses dengan sangat mudah. Setiap daerah memiliki situs resminya sendiri, sebab pajak kendaraan bermotor masuk ke dalam jenis pajak yang terkelola daerah masing-masing. Cara mengecek nomor plat sangat mudah yaitu dengan akses E-Samsat.id adalah situs resmi pemerintah yang dapat diakses dengan sangat mudah. Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi di “google play” untuk sistem Android., dan “app store” untuk sistem ios.

  1. Isi formulir pada halaman tersebut, mulai dari plat nomor, nomor seri, nomor rangka, dan daerah provinsi tempat menerbitkannya berkas motor Anda.
  2. Klik ‘Cek Sekarang’
  1. Setelah itu akan muncul kolom masukan nomor plat nomor yang akan di cari. Isi sesuai dengan nomor kendaraan anda.
  2. Informasi terkait pajak adalah PNBP dengan rincian PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ Den, PNBP STNK, PNBP TNKB dan total pajak yang harus dibayarkan dan juga tertera semua data nomor series kendaraan kita.

Bagaimana cara mengecek nomor plat G

Bagaimana cara mengecek nomor plat G

Bagaimana cara mengecek nomor plat G

Perbedaan Plat Nomor AG dan G

Untuk kalian jangan salah plat nomor ag dan g tentunya berbeda ya. Mungkin dari kalian ada yang belum memahami perbedaan dari kedua nomor plat tersebut. Maka di artikel ini kami akan menjelaskan sedikit perbedaan plat nomor AG dan G. Plat AG adalah plat yang diawali huruf AG digunakan kendaraan bermotor yang berasal dari daerah Kediri, Blitar, Nganjuk, Trenggalek, dan Tulungagung, yang masuk dalam kawasan jawa timur (jatim). Tetapi Kediri bukan satu-satunya wilayah yang mempunyai kode tersebut. Paling tidak ada 4 kabupaten lain yang juga memiliki plat nomor AG untuk kendaraan bermotor. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kode plat nomor kendaraan AG.

  • Untuk wilayah kota Kediriplat nomor kendaraan AG dengan kode belakang  A/B/C.
  • Sedangkan untuk kabupaten Kediri plat kendaraannya AG lengkap dengan kode belakang D/E/F/G/H/J.
  • Wilayah kabupaten Blitardengan plat nomor kendaraan AG dan kode belakang I/K/L/M/N.
  • Kabupaten Tulungagungmemiliki plat nomor kendaraan AG dan kode belakang O/R/S/T.
  • Untuk plat nomor kendaraan wilayah kota Blitaradalah AG dengan kode belakang P/Q.
  • Kabupaten Nganjukmemiliki plat nomor AG dengan kode belakang U/V/W/X.
  • Sementara untuk kabupaten Trenggalekdengan plat nomor AG dan kode belakang Y/Z.

Mungkin cukup sekian artikel ini, terimakasih atas perhatiannya dan saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya ke laman ini, dan sampai jumpa di lain waktu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.