Apa Itu Provokasi? Berikut Penjelasannya

Apa Itu Provokasi

Dalam kata ini mungkin kalian sudah tidak asing lagi kan. Apa itu provikasi, adalah tindakan seseorang ataupun individu yang menyebabkan orang lain berdebat. Sehingga akan menjadi suatu permasalahan yang meruncing pada pertengkaran. Apa itu provikasi sendiri banyak ditemui pada demo atau unjuk rasa. Dari pengertian luas apa itu provokasi adalah tindakan ini merupakan yang buruk dan tidak patut untuk di contoh karena dapat memperkeruh keadaan. Berikut penjelasannya!

Apa Itu Provokasi dan Contohnya

Apa Itu Provokasi dan Contohnya

Apa itu provokasi bisa diartikan sebagai bagian dari aksi yang dilakukan oleh provokator sebagai individu untuk memicu terjadianya agresi terhadap individu dan kelompok lainnya untuk melakukan gerakan sesuai apa yang memancing keributan. Dan apa itu provokasi dan contohnya ;

1. Verbal

Bentuk verbalnya yang dilakukan untuk memancing seseorang agar mengkuti apa direncanakan. Bisa melihat pada kasus ketika kita baru saja dipilih menjadi seorang Ketua RT (Rukun Tetangga) anda berencana untuk mengadakan kegiatan ronda setiap malam. Setiap warga akan secara bergantian mengadakan kegiatan ronda malam.

Ronda malam tersebut dilakukan agar membuat semua warga merasa aman terhadap tempat tinggal. tapi, salah satu dari warga menolaknya dengan alasan hal tersebut merupakan tugas ketua RT dan hansip, melalui kaliamat seperti (Bukan kah itu tugas RT untuk melindungi kita semuanya?).

jika kalimat tersebut ditunjukan untuk diri kita pada saat terjadinya musyawarah bersama masyarakat lain akan menjadi bagian daripada provokasi yang menggunakan komunikasi verbal sesama warga.

2. Negara

Kasus lainnya terkait dengan penjelasan provokasi yang ada di Indonesia. Misalnya Pada Tahun 2019 yang lalu. Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menangkap 74 kapal pelaku illegal fishing dan 27 di antaranya adalah kapal berbendera China.

Kapal kapal tersebut diringkus di wilayah Perairan Laut Natuna Utara yang masuk kedalam Zona Ekonomi Eksklusif Negara Indonesia. Namun saat hendak tangkap, secara tiba tiba kapal penjaga nelayan China menabrak kapal TNI yang mencoba menghalangi proses penangkapan kapal asing. Tindakan yang dilakukan oleh penjaga nelayan bagian dari pada tindakan perlawanan, yang setidaknya bisa menjadi ancamam bagi NKRI karena bisa menyebabkan konflik antar Negara.

Apa Itu Provokatif Dalam Kamus Bahasa Indonesia?

Apa Itu Provokatif Dalam Kamus Bahasa Indonesia?

Dalam KBBI apa itu provokatif dalam kamus bahasa Indonesia ? Dijelaskan arti kata itu mengacu pada tindakan provokasi yang akan menyebabkan tindakan amukan atau kemarahan.

Hal ini mengarah kepada oknum oknum yang ingin menjadikan suasana lebih dramatis dengan adanya kemarahan yang bersifat anarkis. Begitu banyak orang yang menginginkan hal anarkis dalam suatu demo dikarenakan agar anspirasi mereka didengar dan dapat menjadi tanda. Tapi sebenarnya dengan tidak melakukan hal tersebut biasa dilakukan. Pemerintah senantiasa mendengarkan aspirasi kita sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berdasarkan Pasal 6 UU Nomor 9 Tahun 1998 yang  disebutkan warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggung jawab dalam, menghormati hak  dan kebebasan orang lainnya, menghormati aturan  moral yang diakui Negara, menaati hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku , menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum dan menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa Negara Indonesia.

Apa yang dimaksud Dengan Iklan Provokatif?

Apa yang dimaksud Dengan Iklan Provokatif?

Dan apa yang dimaksud dengan iklan provokatif menggunakan ‘kejutan’ dalam contohnya sebagai rangsangan mengendalikan image dan akan mengingat nama merek tersebut setiap kali mereka menemukan sesuatu yang berhubungan dengan foto. Sebagaimana iklan sekarang banyak mengandung unsur yang luas. Hal ini bertujuan agar banyak orang yang mengunjungi iklan tersebut agar menjadi viral.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas waktunya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.