Apa Itu Residivis, Berikut Ulasannya!

Apa Itu Residivis

Mungkin kata ini sudah sering kalian dengar, apa itu residivis adalah sebutan dalam hukum untuk jenis kejahatan. Bagi orang orang yang menjalani hukuman akan mendapat istilah ini. Artinya orang tersebut setelah menerima hukuman atas kejahatan yang dilakukan kembali kembali ke perilaku kejahatan. Dia terbiasa melakukan hal yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku.

Contohnya, seseorang melakukan pembunuhan dan untuk ini dia dipenjara dan setelah selesai hukuman ketika dia keluar dari penjara dia melakukan pembunuhan kembali. Sebagai akibat dari pengulangan kejahatan yang ditangkap lagi, hukuman kembali dijalani.

Apa itu residivis adalah orang-orang yang memiliki cukup keberanian untuk melakukan kejahatan lagi dan lagi bahkan setelah menerima hukuman kembali. Mereka tetap selalu sengaja melakukan kejahatan secara terus menerus dengan cara yang diperhitungkan akibatnya.

Apa yang dimaksud Dengan Residivis?

Apa yang dimaksud Dengan Residivis?

Dalam istilah umum, Apa yang dimaksud dengan residivis? Adalah sebutan bagi orang yang sedang dalam proses hukuman. Dan apa itu residivis adalah dimana orang yang sedang dalam siding atau menunggu putusan hukum. Secara umum residivis dibagi menjadi dua kategori, yaitu residivis umum dan residivis khusu.

Residivis umum merupakan perbuatan pidana yang dilakukan secara berulang namun kejahatan yang dilakukannya tidak sama saat awal.

Di dalam KUHP norma, diartur dalam Pasal 486 sampai dengan Pasal 488 KUHP. Sementara, residivis khusus merupakan perbuatan pidana sama yang dilakukan dengan perbuatan pidana yang sebelumnya. Di dalam KUHP seperti yang diatur dalam Pasal 489 Ayat (2), 495 Ayat (2), 512 Ayat (3).

Berdasarkan katergorinya, residivis dapat diartikan secara sempit dan luas. Dalam artian sempit, residivis dilekatkan bagi narapidana yang melakukan perbuatan pidana yang sama dan telah menjalani hukuman tertentu dan mengulangi perbuatan yang sama dalam rentang waktu tak terhitung.

Dalam artian luasnya. Diartikan bahwa seseorang melakukan perbuatan pidana tanpa disertai dengan penjatuhan hukum yang berlaku.

Kapan Seseorang disebut Residivis?

Kapan Seseorang disebut Residivis?

Jika seserang sedang mengalami proses hukuman. Kapan seseorang disebut residivis ? Jawabannya adalah saat seseorang dapat dikatakan apa itu residivis apabila melakukan kejahatan sejenisnya atau melanggar undang undang, antara melakukan kejahatan yang satu dengan yang lain sudah ada putusan hakim yaitu berupa pidana untuk kesalahan tersebut.

Syarat masuk dalam sebutan narapidana yang melakukan perbuatan pidana untuk kedua kalinya tak semata-mata disebut sebagai pelaku kejahatan. Terdapat sejumlah syarat jika narapidana tersebut dikataka sebagai :

  1. Pelakunya adalah orang yang sama terus
  2. Mengulangi tindak pidana setelah dijatuhi hukuman berkekuatan hukum tentap oleh hakim agung
  3. Telah selesai menjalani hukuman akibat perbuatannya
  4. Melakukan perbuatan pidana itu dalam rentang waktu tertentu
  5. Melakukan perbuatan pidana yang sama atau pidana lainnya

Pemberatan bagi narapidana

Pengulangan perbuatan pidana oleh seseorang yang telah menjalani hukuman pidana yang inkrah akibat perbuatannya akan berakibat kepada pemberatan hukuman terhadapnya. Beberapa pemberatanya sebagaimana yang diatur dalam hukum  di Indonesia ;

  1. Pemberatan hukum pidana sepertiga dari hukuman pokok yang dilakukan
  2. Penggandaan hukuman seperti bagi mereka yang melanggar Pasal 439 tentang membeli seragam militer tanpa izin yang diatur
  3. Penambahan dengan pidana tambahan seperti tertuang dalam Pasal 453 yaitu dikirim ke institusi kerja Negara dan Pasal 113 tentang pencabutan .
  4. Pengubahan jenis pidana, seperti dari Pasal 426 ke 453 yaitu dari denda ke kurungan atau penjara

Tujuan dari pemberatan ini adalah agar ia yang melakukan perbuatan pidana tersebut dapat  efek jera. semakin seriang ia melakukan perbuatan pidana maka hukumannya semakin diperberat oleh pengadilan.

Apa yang Menyebabkan Seseorang Menjadi Residivis?

Apa yang Menyebabkan Seseorang Menjadi Residivis?

Dalam hal ini, Apa yang menyebabkan seseorang menjadi residivis ? Dikarenakan adanya pelanggaran hukum yang dilakukan. Kenapa hal berikut bias terjadi, karena dalam sebuah Negara ada suatu patokan hal yang wajib di taati. Dalam kasus narapidana banyak factor yang meliputi terjadinya kenapa banyak narapidana. Ialah

  1. Angka kemiskinan yang tinggi
  2. Kurangnya rasa sabar akan proses hidup yang dijalani
  3. Rasa keinginan memiliki yang berlebih dengan cara instan
  4. Kurangnya pendekatan terhadap tuhan sebagai iman

Mungkin sekian dari artikel ini, semoga dapat membantu dan terima kasih atas waktunya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.