Apa Itu Stigma? Berikut Penjelasannya!

Apa itu stigma

Setiap orang tentu memiliki sebuah pandangan terhadap suatu hal apapun itu. Kata tersebut tentu menjadi kata yang tidak asing didengar oleh kita semua, bukan? Apa itu stigma? Kata ini bisa muncul kapan saja ketika kita melihat sesuatu yang dianggap tidak wajar atau sesuatu hal yang aneh dan menyimpang.

Mengetahui apa itu stigma merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Pasalnya, sebagian orang ternyata masih belum mengerti atau bahkan salah mengartikan maksud dari kata tersebut. Apa itu stigma? Artikel kali ini akan membahas beberapa hal tentang stigma, seperti bentuk, faktor, dan lain sebagainya, namun sebelumnya kita harus memahami terlebih dahulu arti kata tersebut.

Apa yang dimaksud Dengan Kata Stigma?

Apa yang dimaksud Dengan Kata Stigma?

Penting bagi Anda untuk mengetahui arti kata ini terlebih dahulu, karena kita perlu memahami dari dasar, lalu kemudian menjalar ke berbagai hal tentang stigma. Lalu, apa yang dimaksud dengan kata stigma?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) stigma merupakan ciri-ciri yang bersifat negatif yang melekat pada diri seseorang akibat dari pengaruh lingkungannya. Bentuknya dapat berupa prasangka yang menolak seseorang karena dianggap berbeda. Itulah yang disebut dengan apa itu stigma.

Lama-kelamaan kata tersebut akan menyebabkan ketidaksetaraan sosial. Tidak hanya berdampak pada diri seseorang saja, namun juga menimbulkan konsekuensi bagi keluarga. Bentuk-bentuk stigma dapat berupa diskriminasi, prasangka atau sikap negatif, pengucilan, label (penyebutan tertentu dari masyarakat), dan stereotip.

Contohnya adalah seseorang yang mengidap penyakit akan mendapatkan stigma yang buruk dari masyarakat. Hal ini karena penyakit tersebut dianggap sangat menular sehingga, banyak orang memilih untuk menjauhi penderitanya. Padahal HIV juga tidak semudah itu ditularkan. Padahal penderita HIV membutuhkan banyak dukungan untuk tetap kuat dan bertahan untuk melawan penyakitnya.

Dapat terjadi karena beberapa faktor, yaitu, kurangnya pengetahuan, perbedaan persepsi, perbedaan tingkat pendidikan, usia, hingga perbedaan kepatuhan agama. Kita juga mengenal istilah lain, seperti paradigma.

Apa Itu Stigma dan Paradigma?

Apa Itu Stigma dan Paradigma?

Pernahkah Anda mendengar tentang kata paradigma? Kata tersebut juga harus kita pahami, untuk menambah wawasan bagi kita sendiri, Langsung saja, apa itu stigma dan paradigma?

Yaitu ciri negatif karena pengaruh lingkungan yang melekat pada seseorang. Sedangkan, paradigma adalah suatu bentuk mekanisme seseorang dalam memandang sesuatu yang dapat memberikan pengaruh dalam berpikir.

Paradigma berfungsi sebagai dasar seseorang dalam melakukan suatu interaksi dengan lingkungan di sekitarnya. Contoh dari paradigma, misalnya paradigma Pancasila, dimana Pancasila adalah sebagai dasar pedoman untuk menjalani segala aspek dalam kehidupan.

Apa Itu Stigma Dalam Psikologi?

Apa Itu Stigma Dalam Psikologi?

Psikolog adalah disiplin ilmu yang membahas tentang perilaku dan juga proses mental manusia dan pengaruhnya terhadap diri dan lingkungan eksternalnya. Lalu, apa itu dalam psikologi?

Dalam psikologi, penilaian buruk bisa berdampak pada kesehatan mental seseorang. Misalnya saja, seseorang yang dikucilkan akan merasa dilingkupi kesendirian tanpa ada seseorang yang bisa diajak berdiskusi, lama-kelamaan hal tersebut akan berdampak pada diri seseorang tersebut.

Selain itu dari penilaian buruk akan menimbulkan tekanan-tekanan batin yang dapat dirasakan yang timbul dari perkataan buruk masyarakat terhadap dirinya, dan membuat seseorang itu merasa dirinya tidak pantas berada dalam lingkungan tersebut.

Jika hal seperti ini terjadi dukungan dari orang-orang terdekat sangat diperlukan. Seseorang harus dapat mebangkitkan pemikiran positif dari dalam diri penerima penilaian buruk, agar tidak terus hanyut dalam kesedihan dan kesendirian.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.