Apa Itu Tabu? Berikut Penjelasannya!

apa itu tabu

Dalam artikel kali ini kita akan membahas. Apa itu tabu, adalah pantangan atau pantang larang adalah suatu pelarangan sosial yang kuat terhadap kata benda atau orang yang dianggap tidak diinginkan oleh suatu kelompok dan budaya atau hal umum. Apa itu tabu atau pantangan ini di masyarakat dikenal dengan hal yang tidak boleh dilakukan. Pelanggarannya biasanya tidak dapat diterima dan dapat dianggap sebagai tidak menghargai adat setempat. Beberapa tindakan atau kebiasaan yang bersifat kurang berkenan bahkan dapat dilarang dan pelanggarannya dapat menyebabkan pemberian sanksi. Biasanya diberikan oleh ketua adat atau tokoh agama sekitar.

Apa Itu Tabu dan Contoh?

Apa Itu Tabu dan Contoh?

Dalam Apa itu tabu dan contohnya dalam kehidupan sekitar ialah. Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya adat sangat dijunjung tinggi. Apa itu tabu juga berkaitan seperti,

  1. Dalam menggunakan tangan kiri. Kebanyakan orang masih sering berucap (maaf pakai tangan kiri) saat menerima atau memberi kepada orang lain. Pada dasarnya, tangan kanan dan kiri itu sama-sama sopan ya, bahkan ada aja kan orang yang beraktivitas dengan tangan kiri alias kidal?

Tapi, penyebab tangan kiri menjadi tabu adalah karena tangan kiri dianggap sebagai tangan yang kotor atau kurang baik, karena tangan kiri yang digunakan untuk membersihkan dari toilet.

  1. Membeli pembalut

Mungkin beberapa wanita masih malu saat membeli pembalut. Hal ini dikarenakan pembalut adalah hal yang sedikit kotor atau kurang baik saat diucapkan kepada orang lain. Banyak orang Indonesia yang percaya kalau membeli pembalut harus sembunyi dan tidak gak boleh ketahuan dengan orang lain. Saking rahasianya ada istilah yang digunakan untuk penyebutan sebagai (roti untuk wanita)

  1. Memanggil orang yang lebih tua dengan nama, hal ini dijelaskan. Jika kita memanggil dengan nama alan kurang sopan, dan sikap yang kurang baik.

Apa Saja Hal Tabu di Indonesia?

Apa Saja Hal Tabu di Indonesia?

Dalam pengertian apa itu tabu dan Apa saja hal tabu di Indonesia ? Adalah, hal yang harus kita hormati karena adalah sebuah adab dalam bermasyarakat. Seperti pantangan dalam keseharian. Misalkan:

  • Tidak boleh keluar saat maghrib
  • Seorang wanita tidak boleh keluar malam saat sendirian
  • Kentut atau bersendawa di depan orang lain
  • Menunjuk orang yang lebih tua
  • Melakukan seks bukan dengan muhrim

Dalam hal ini masih banyak larangan ucapan yang harus kita jaga. Karena kita memiliki macam akan budaya dan adat istiadat.

Fungsi Tabu Bagi Masyarakat

Fungsi Tabu Bagi Masyarakat

1. Sebagai bentuk pengendalian sosial

larangan atau pantangan akan sesuatu. yang jika dilanggar akan menimpakan hukuman atau sanksi bagi pelanggarnya. Sifatnya ini dapat bertindak sebagai sebuah bentuk pengendalian sosisal dalam masyarakat umum. Pengendalian sosial tabu menarik garis batas antara yang boleh dan tidak boleh dilakukan masyarakat.

larangaan yang hidup dalam masyarakat menjadi suatu kontrol yang membatasis tindakan masyarakat kampung.

Sistem religi secara garis besar berkaitan dengan kepercayaan terhadap suatu yang berada di luar dunia fisik atau wujudnya. Dalam sistem religi orang meyakini akan suatu bentuk keberadaan diluar dirinya. Banyak diantara tabu atau larangan yang dihidupi masyarakat pau yang berkaitan atau menjadi unit dari sistem religi.

2. Sebagai Pembentukan  Solidaritas

Dalam kehidupan masyarakat pau terdapat berbagai tabu atau larangan yang menjadi pengokoh rasa solidaritas antar warga. Salah satunya telah diangkat pada bagian sebelumnya yaitu. Rasa solider ini tercermin dalam keikutsertaan warga kampung untuk berduka dengan tidak melakukan pekerjan berat seperti kerja gotong royong.

3. Sebagi pelestari kebudayaan

Pelestari kebudayaan ini berarti bahwa tabu atau larangan menjadi suatu alat atau jalan agar kebudayaan dalam masyarakat tetap dianut atau dihidupi. Karena seringkali didapati kebudayaan-kubudayaan begitu saja ditinggalkan dan dilengserkan oleh kebudayaan lain yang dirasa lebih menguntungkan atau lebih baik. larangan yang berperan sebagai penguat atau pelestai kebudayaannya. Beberapa di aantaranya telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, seperti ini membuat masyarakat tetap mengetahui sejarah sukunya, dan berusaha unuk mewariskannya kepada keturunan dan kebudaya.

4. Sebagai pelajaran Moral

kehidupan masyarakat juga berperan dalam penanaman dan pengajaran nilai moral itu sendiri. Dalam larangan sering terkandung nilai moral  seperti etika, kesusilaan dan  seperti dalam atau larangannya.

Apa yang dimaksud Dengan Bahasa Tabu?

Berdasarkan beberapa pendapat disimpulkan apa yang dimaksud dengan bahasa  tabu adalah larangan untuk menggunakankata tertentu karena dianggap dapat mendatangkan malapetaka atau musibah, melanggar etika sopan santun dan mendapatkan sial jika dilakukan. Kenapa hal ini perlu di perhatikan karena agar generasi muda kita tahu batasan dalam bertindak. Pelestarian generasi di artikan dapat menjadi ciri khas adat istiadat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.