Apa itu Teknik Pengumpulan Data Menurut Para Ahli?

Teknik Pengumpulan Data Menurut Para Ahli

Suatu penelitian memiliki tujuan untuk mendapatkan data, sehingga kitabutuhkan teknik yang berarti langkah yang harus kita tempuh dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menurut para ahli penting untuk kita lakukan, karena dalam penelitian memerlukan langkah yang terstruktur. Hal ini bertujuan agar penelitian dapat terpusat pada topik yang kita gunakan dalam penelitian,

Peneliti tidak akan mendapatkan data yang kita inginkan jika tidak mengetahui langkah yang harus kita lakukan dalam penelitian. Karenanya penting untuk kita ketahui teknik pengumpulan data menurut para ahli bagi seorang peneliti. Apakah anda seorang peneliti yang sedang meneliti sebuah topik juga ? Jika iya, maka mari kita simak ulasan tentang teknik pengumpulan data menurut para ahli berikut ini!

Apa itu Teknik Pengumpulan Data Menurut Para Ahli?

Apa itu Teknik Pengumpulan Data Menurut Para Ahli?

Sebagian orang kurang memahami tentang apa itu teknik pengumpulan data menurut para ahli? Terlebih jika anda adalah seseorang yang baru akan melakukan sebuah penelitian. Menurut Sugiyono (2018) berbagai setting sebenarnya dapat kita lakukan sebagai langkah untuk menunjang penelitian.

Selain itu, banyak sumber yang bisa kita gali dengan berbagai cara. Seperti melakukan eksperimen di laboratorium. Melakukan wawancara dengan berbagai responden, mengikuti seminar atau diskusi, dan lain sebagainya. 

Teknik Pengumpulan Data Apa Saja?

Teknik Pengumpulan Data Apa Saja?

Lalu, teknik pengumpulan data apa saja? Jika kita lihat dari teknik pengumpulan data, maka data penelitian dapat kitahasilkan dari sumber data primer dan data sekunder. Dan cara yang dapat kita tempuh bisa melalui wawancara, pengamatan (observasi), kuisioner, dokumentasi, ataupun menggunakan keempat cara tersebut.

Berhasilnya suatu pengumpulan data kita tentukan dari kemampuan peneliti, bagaimana ia menghayati penelitian yang sedang kita jalani. Peneliti harus bisa melakukan wawancara dengan subjek yang kita teliti dan harus memahami kondisi sosial yang ada.

Peneliti akan terus melakukan pengumpulan data hingga peneliti yakin bahwa data yang kita dapatkan telah terkumpul dari berbagai sumber dan mampu menjawab rumusan masalah. 

Apa itu Teknik Pengumpulan Data dan Contohnya?

Apa itu Teknik Pengumpulan Data dan Contohnya?

Apa itu teknik pengumpulan data dan contohnya? Jawabannya bisa kita simak dalam ulasan berikut ini:

1.) Observasi

Observasi adalah salah satu teknik yang bisa kita gunakan untuk melakukan penelitian. Sugiyono menyatakan bahwa observasi merupakan teknik yang memiliki data yang spesifik daripada dengan teknik pengumpulan data yang lain.

Dari teknik observasi inilah nantinya peneliti dapat memahami tentang suatu perilaku dan makna dari perilaku itu sendiri. Observasi kita lakukan secara langsung di lapangan agar dapat mengetahui kondisi yang sesungguhnya. 

2.) Wawancara

Teknik pengumpulan data yang dapat kita gunakan selanjutnya adalah wawancara. Wawancara merupakan komunikasi dua arah untuk mendapatkan informasi yang sedang kita cari oleh peneliti dari seorang informan. Peneliti harus memiliki pertanyaan yang sesuai dengan topik penelitian yang sedang kita jalankan. Lalu, pertanyaan akan berkembang saat wawancara berlangsung.

3.) Dokumentasi

Dokumentasi adalah cara untuk mendapatkan informasi dalam bentuk arsip, dokumen, buku, tulisan, gambar, dan angka yang berupa laporan serta adanya keterangan yang mendukung penelitian.

Studi dokumen dapat menjadi pelengkap dari metode-metode sebelumnya, yaitu observasi dan wawancara. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas dari sebuah data jika didukung oleh karya tulis atau foto yang mendukung.

Biasanya dokumen menjadi hal yang harus dilibatkan dalam pembuatan laporan penelitian. Dokumen bisa didapatkan bersamaan saat peneliti terjun ke lapangan.

Nah, itulah berbagai ulasan mengenai teknik pengumpulan data menurut para ahli yang harus anda ketahui. Sudah siapkah anda untuk melakukan sebuah penelitian?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.