Apa Penyebab Polidaktili Pada Manusia Menurut Medis?

Polidaktili

Apakah teman-teman mengenal artis cantik Halle Barry dan artis tampan Hrithik Roshan? Jika iya apakah teman-teman tau bahwa sebenernya mereka berdua adalah artis polidaktili. Harry Barry memiliki 6 jari di kaki kanannya dan Hrithik Roshan memiliki 6 jari di tangan kanannya. Hal tersebut membuat mereka menjadi artis polidaktili.

Namun apakah teman-teman tau apa itu polidaktili? Jika belum tau, yuk mari kita pelajari bersama-sama.

Polidaktili adalah kelainan yang dimana seseorang memiliki jari tambahan pada tangan maupun kaki seseorang baik salah satu tangan atau kaki maupun keduanya.

Polidaktili terjadi dengan perbandingan satu dari 1.000 kelahiran. Polikdatili terkutip dari bahasa yunani yaitu “polys” yang artinya banyak dan “daktylos” yang artinya jari. Sehingga polidaktili berarti berjari banyak.

Penyebab Polidaktili Adalah:

Penyebab

Secara Genetik

Penyebab polidaktili oleh 6 gen, yaitu GLI3, GLI1, PITX1, ZNF141, IQCE dan MIPOL1. Gen-gen tersebut menyebabkan kelainan pada pertumbuhan organ gerak pada saat kandungan 4-8 minggu. Pada beberapa kasus tidak hanya menyebabkan kelainan pada jari melainkan pada organ lainnya seperti jantung dan ginjal. Sindrom yang berkaitan erat dengan polidaktili adalah sindrom down

Secara Nongenetik

Secara nongenetik, gen tidak menjadi penyebab polidaktili melainkan kondisi kesehatan ibu dan bayi selama kandungan. Ada beberapa faktor uang membuat bayi beresiko mengalami kelainan polidaktili adalah anak dan ibu penderita diabetes, anak yang terpapar embrio thalidomide, anak yang lahir dengan berat badan rendah, anak dari ibu penderita ISPA (infeksi saluran pernafasan atas) 3 bulan pertama kehamilan dan anak dari ibu yang mempunyai riwayat epilepsi

Gejala-gejala Polidaktili Adalah:

  • Adanya jari yang terdiri dari kulit dan jaringan lunak (Kondisi ini paling mudah atau sederhana untuk dihilangkan)
  • Adanya jari yang terdiri dari kulit, jaringan lunak, dan tulang (Kondisi ini cenderung lebih sulit untuk meniadakan)
  • Adanya jari yang terdiri dari kulit, jaringan lunak, tulang, dan persendian (Kondisi ini paling sulit untuk menghilangkan atau merubah bentuknya terlebih lagi jika posisinya sangat dekat dengan jari sebelahnya)

Terdapat beberapa jenis dari polidaktili, yaitu polidaktili preaxial (jari tambahan di sisi luar ibu jari atau jempol kaki), polidaktili postaxial (jari tambahan di luar sisi jari kelingking pada tangan atau kaki) dan polidaktili pusat (jari tambahan di tengah-tengah jari tangan atau kaki). Jenis polidaktili yang paling jarang terjadi adalah polidaktili pusat

Operasi Polidaktili

Operasi Polidaktili

Walaupin polidaktili tidak menimbulkan masalah kesehatan namun kebanyakan polidaktili mengganggu kegiatan tertentu seperti menulis, mengetik, dll. Untuk pengobatan polidaktili terbagi menjadi 2 cara, yaitu :

Klip Vaskular

Pada klip vaskular adalah cara penanganan terhadap polidaktili dengan menempelkan klip vaskular pada pangkal jari tambahan. Klip ini seeprti klip pada tali pudar, akan menghentikan aliran darah sehingga jaringan lunak mati sehingga setelah kering, jari tambahan akan tanggal dan kembali normal. Cara ini hanya dapat kita lakukan jika polidaktili hanya terdiri dari jaringan lunak.

Operasi

Pada operasi polidaktili adalah teknik pembedahan untuk membuang jari tambahan yang berbentuk seperti jari sungguhan (bukan hanya jaringan lunak). Operasi polidaktili ini biasanya merupakan operasi sederhana yang tidak memerlukan rawat inap namun jika jari tambahan berbentuk utuh dan persis seperti jari normal maka tingkat kerumitan operasi akan menjadi lebih tinggi yang bertujuan agar kaki atau tangan setelah operasi dapat berfungsi dengan baik.

Pada pasca operasi, kaki atau tangan yang dioperasi biasanya memerlukan gips atau bidai selama beberapa minggu dan setelah luka sembuh terkadang memerlukan terapi fisik atau okupasi (terutama operasi polidaktili pada tangan) dengan tujuan agar anggota gerak dapat cepat pulih dan berfungsi dengan baik seperti semula.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.