Apa Saja Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah?

manfaat belimbing wuluh untuk wajah

Terdapat dua macam belimbing yang selama ini kita kenal, yaitu belimbing yang memiliki rasa manis dan asam. Belimbing asam inilah yang disebut dengan belimbing wuluh. Merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis sayur, berasal dari Kepulauan Maluku. Belimbing wuluh berbentuk lonjong kecil dan rasa asam, biasanya, belimbing diolah dalam sayur, lalapan, dan dijadikan tambahan rasa untuk sambal agar lebih nikmat. Rasa dari belimbing wuluh akan menambah rasa segar setiap makanan. Disamping digunakan untuk bumbu masak, belimbing wuluh dapat juga digunakan sebagai obat, baik dari daun, batang, bunga, maupun buahnya. Adapun manfaat belimbing wuluh untuk wajah, dimana belimbing ini sering digunakan kaum hawa untuk memberikan perawatan pada wajah.

Manfaat Kulit Batang Belimbing Wuluh

Journal of Pharmacy and Bio Allied Sciences menyebutkan bahwa, bagi kesehatan, belimbing wuluh memiliki efek antihipertensi, hipolipidemik, antidiabetes, antitrombotik, hepatoprotektif, antikanker, dan penyembuhan luka karena sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang kuat.

Tumbuhan belimbing wuluh yang memiliki nama latin Averrhoa bilimbi. Ini telah dimanfaatkan masyarakat sebagai tanaman obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kulit batang belimbing juga diketahui sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Dikarenakan kulit batang belimbing wuluh ini mempunyai sifat antimikrobia, baik terhadap bakteri gram positif dan negatif, maupun fungi.

Kulit batang belimbing wuluh

Ekstrak belimbung wuluh dapat dimanfaatkan sebagai terapi nonfarmakologi yang dapat digunakan dalam penyembuhan acne vulgaris salah satunya dengan memanfaatkan dimana sebagian organnya mempunyai nilai medis yang tinggi. Acne vulgaris merupakan penyakit peradangan menahun, dengan gambaran klinis biasanya polimorfik yang terdiri dari kelainan kulit seperti komedo, papul, pustul, nodul, dan jaringan parut.

Ektrak belimbing wuluh diduga dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan bakteri penyebab infeksi karena mengandung alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, fenol, dan triterpenoid dan antioksidan. Hal ini adalah salah satu manfaat belimbing wuluh untuk wajah.

Masalah kulit biasanya disebabkan oleh alergi dan infeksi. Sehingga menggunakan belimbing wuluh ini dapat dilakukan untuk perawatan masalah kulit. Belimbing wuluh mengandung antihyperlipidemic, yakni sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat.

Ektrak belimbing wuluh

Selain itu manfaat belimbing wuluh untuk wajah adalah dapat mencerahkan, mengencangkan kulit dan mengurangi flek hitam, karena belimbing wuluh kaya akan vitamin C. Kandungan lain dalam belimbing wuluh seperti vitamin A, vitamin B kompleks juga dapat membantu mengecilkan pori, dan menyamarkan penuaan dini. Belimbing wuluh juga dapat dimanfaatkan sebagai toner untuk menyegarkan kulit wajah. Sifat antioksidan dari belimbing ini juga berguna untuk mengatasi iritasi. 

Cara Menggunakan Masker Wajah Belimbing Wuluh

Cara yang sering digunakan masyarakat dalam memanfaatkan belimbing ini untuk wajah adalah dengan membuat masker wajah belimbing wuluh. Masker ini dapat digunakan secara rutin sesuai dengan kebutuhan masing-masing kulit wajah. Masker ini dibuat dengan cara mudah, yaitu sebagai berikut:

masker wajah belimbing wuluh

Cara pertama

Gunakan belimbing wuluh secukupnya lalu cuci hingga bersih. Kemudian, tumbuk belimbing wuluh hingga halus. Remas hasil tumbukan dengan air garam secukupnya. Lalu, aplikasikan masker belimbing wuluh dengan cara menggosok pada bagian kulit yang berjerawat. Untuk hasil lebih maksimal, lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

Cara kedua

Sediakan 6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sdt bubuk belerang. Campurkan bahan tersebut hingga halus. Aplikasikan dengan mengosok lembut pada bagian kulit yang berjerawat. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.