Apa Saja Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil?

Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil

Jambu air adalah salah satu buah yang sering dikonsumsi di Indonesia. Jambu air memiliki rasa yang manis dan segar dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Buah yang memiliki nama latin Syzygium aqueum ini merupakan buah asli Indonesia yang memliliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah manfaat jambu air untuk ibu hamil

Setiap ibu hamil akan selalu berusaha mengonsumsi makanan sehat, agar terciptanya pola hidup sehat. Makanan berperan penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Jambu air menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil karena memiliki manfaat yang baik. Sebelum lebih jauh membahas manfaat jambu air untuk ibu hamil kita perlu mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam buah jambu air.

Kandungan Jambu Air

Kandungan jambu air

Jambu air memiliki kandungan senyawa kimia yang memiliki aktivitas farmakologi yang baik sehingga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Kandungan jambu air menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram jambu air mengandung 87 gram air, serat 2,1 gram, serta 46 kalori. Jambu air juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang tentunya baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh. Komposisi nutrisi di dalam 100 gram jambu air adalah:

  • Kalsium 8 mg
  • Fosfor 9 mg
  • Zat besi 1.1 mg
  • Natrium 11 mg
  • Kalium 321.2 mg
  • Seng 0.1 mg
  • Beta karoten 92 mcg
  • Thiamin (vitamin B1) 0.02 mg
  • Riboflavin (vitamin B2) 0.38 mg
  • Niacin 4.6 mg
  • Vitamin C 5 mg

Lalu, apa sajakah manfaat jambu air untuk ibu hamil ? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Pentingnya Sifat Antioksidan Jambu Air

Sifat antioksidan jambu air

Seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik tentunya akan tidak mudah terserang penyakit. Tidak hanya kesehatan ibu saja yang perlu di perhatikan, namun juga kesehatan untuk bayi. Tentunya kesehatan ibu akan mempengaruhi pula kesehatan bayinnya.

Sifat antioksidan berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh selama kehamilan. Selain itu, kandungan nutrisi jambu air juga sangat baik untuk memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh. Antioksidan dalam buah ini juga dapat menangkal radikal bebas. Sifat antioksidan jambu air juga dapat menceagah penyakit kanker. Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya, sehingga penyegahan perlu dilakukan sejak dini, salah satunya dengan mengonsumsi jambu air. 

Menjaga sistem pecernaan

Bahaya kah ibu hamil makan jambu air?

Gangguan pencernaan menjadi masalah yag sering terjadi dalam fase kehamilan. Hal ini merupakan hal yang wajar dikarenakan adanya peningkatan produksi hormon. Tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja oleh para ibu hamil.

Kandungan anti bakteri, anti virus, dan anti mikroba yang terkandung dalam jambu air, efektif dapat mencegah gangguang pencernaan pada ibu hamil. Sehingga mengonsumsi jambu air secara rutin akan membantu menjaga sistem pencernaan

Mencegah kram otot

Apa efek samping makan jambu air?

Selama kehamilan, tubuh akan lebih banyak mengalirkan darah ke rahim untuk menyuplai darah ke janin. Hal inilah yang menyebabkan tubuh merasakan tekanan di daerah rahim atau kram pada perut. Kalium yang terkandung dalam buah jambu air dapat meningkatkan kekuatan otot. 

Sumber zat besi

Manfaat jambu air untuk ibu hamil muda

Manfaat jambu air untuk ibu hamil selanjutnya adalah Jambu air sebagai sumber zat besi yang baik bagi ibu hamil. Zat besi dapat mencegah kekurangan sel darah merah atau biasa disebut anemia. Anemia bisa menyebabkan berat badan lahir rendah atau bayi lahir prematur. Jambu air sebagai sumber zat besi tentunya angat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil untuk lebih memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.