Apa Saja Manfaat Jambu Kristal Untuk Ibu Hamil?

Manfaat Jambu Kristal Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu hamil akan selalu memperhatikan kesehatan diri dan bayinya secara lebih intens selama fase mengandung. Konsumsi merupakan salah satu aspek yang diperhatikan dalam hal ini, jika nutrisi ibu dan bayi tidak terpenuhi, maka akan menjadikan tumbuh kembang bayi tidak berjalan baik. Jambu kristal merupakan salah satu buah yang dapat dipilih untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Terdapat beberapa manfaat jambu kristal untuk ibu hamil yang akan diulas berikut ini. 

Jambu kristal merupakan mutasi dari jambu Muangthai Pak yang diperkenalkan di Indonesia oleh Misi Teknik Taiwan dan diintroduksi pada tahun 2001 di Mojokerto yang kemudian banyak dibudidaya secara luas di wilayah Indonesia. Beberapa keunggulan yang dimiliki jambu ini adalah jumlah biji yang kurang dari 3%, lapisan lilin yang tebal, ukuran buah yang besar serta tekstur buah yang renyah.

Jambu kristal mengandung vitamin C yang dua kali lebih tinggi daripada jeruk, vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin B, magnesium, kalium dan berkalori rendah. Selain itu, jambu biji mengandung beberapa antioksidan yang berguna untuk menghindarkan tubuh dari penyakit.

Benarkah Jambu Kristal Dapat Meningkatkan Imunitas?

Jambu kristal merupakan buah bermanfaat bagi kesehatan yaitu baik sebagai antioksidan, menurunkan gula darah, antiradang dan antikolestrol. Manfaat jambu kristal untuk ibu hamil sendiri adalah jambu kristal dapat meningkatkan imunitas karena kandungan vitamin C yang dikandung jambu kristal, sehingga ibu hamil tidak mudah terjangkit penyakit.

Jambu kristal dapat meningkatkan imunitas

Jambu kristal menjaga pencernaan masalah pencernaan seperti mulas dan mual sering terjadi pada saat masa kehamilan. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jambu kristal, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan karena tinggi serat. Jambu kristal bersifat basa dan membantu menyeimbangkan kandungan asam lambung. Mengkonsumsi jambu kristal di antara waktu makan akan menjaga kandungan pH lambung dengan baik dan seimbang.

Jambu kristal menurunkan resiko kanker karena memiliki antioksidan yang dapat melawan kanker. Likopen dan vitamin C yang juga terkandung didalam jambu ini dapat membantu mendetoksifikasi tubuh.

jambu kristal dapat menjaga tekanan

Jambu kristal meningkatkan perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Manfaat jambu kristal untuk ibu hamil yang terakhir adalah dari kandungan asam folat dan vitamin B9, kandungan tersebut menjadi dimana dapat menjaga perkembangan otak dan sistem syaraf bayi. Selain itu, adanya asam folat sebagai vitamin penting bagi ibu hamil dan untuk mencegah cacat tabung saraf, disarankan untuk mengkonsumsi sepenuhnya matang jambu kristal sepanjang kehamilan.

Apakah Jambu Kristal Dapat Menjaga Tekanan Darah?

Tekanan darah tinggi yang beresiko terjadi dalam masa kehamilan dapat diatasi dengan mengonsumsi buah jambu kristal. Kandungan kalium dalam jambu kristal dapat menjaga tekanan darah, menghindari resiko keguguran dan kelahiran bayi prematur. Jambu kristal dapat mengatur kadar gula darah manfaat jambu kristal untuk ibu hamil juga sebagai pengatur kadar gula darah.

Jambu kristal dapat mengatur kadar gula darah

Diabetes merupakan salah satu kondisi medis umum yang dihadapi selama kehamilan, terutama pada minggu ke-24. Jambu kristal dapat mengatur kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi dan adanya karbohidrat kompleks, menjaga diabetes gestasional tetap terkendali.

Jambu kristal mencegah sembelit dan wasir sembelit dan wasir adalah salah satu masalah sering dihadapi saat masa kehamilan karena hormon yang lambat. Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa jambu kristal yang kaya serat memainkan peran penting dalam mencegah kondisi ini saat hamil. Serat ini memastikan transit isi usus yang tepat waktu dan mencegah sembelit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.