Apa Saja Manfaat Jambu Kristal?

Manfaat jambu kristal

Jambu kristal merupakan salah satu buah yang disukai masyarakat karena tekstur daging buahnya yang renyah dan berbiji sedikit. Jambu kristal termasuk dalam jenis jambu biji. Buah jambu ini memiliki daging buah yang berwarna putih agak bening dengan bentuk buah agak berlekuk-lekuk bulat tidak sempurna menyerupai bentuk kristal, kali ini mimin mau membahas tentang manfaat jambu kristal nih guys, yuk simak.

Jambu Kristal banyak disukai karena bertekstur renyah, memiliki cita rasa manis, dan berbiji lebih sedikit atau bahkan tidak berbiji. Selain itu, manfaat jambu kristal yang baik untuk kesehatan tentu pula menjadi alasan buah ini banyak diminati. Jambu kristal adalah jenis jambu yang kaya akan tingginya serat di dalamnya.

Manfaat jambu kristal pun cukup beragam tidak kalah dengan jenis jambu biji pada umumnya. Buah jambu kristal menjadi buah favorit pilihan masyarakat dan mempunyai prospek yang cerah bagi pelaku bisnis khususnya yang bergerak dibidang agroindustri. Jambu kristal ini juga disukai petani karena budidayanya yang mudah dan berbuah sepanjang tahun sehingga pemanenan buahnya dapat diatur oleh petani serta harga jualnya yang lebih tinggi dan rasanya lebih baik dibandingkan dengan jenis jambu lain.

Kandungan Jambu Kristal

Kandungan Jambu Kristal

Buah jambu kristal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu penelitian menyebutkan kandungan jambu kristal dalam 100 gr buah masak segar adalah protein 0,9 gr, lemak 0,3 gr, karbohidrat 12,2 gr, Kalsium (Ca) 14 mg, fosfor 28 mg, besi 1,1 mg, vitamin A 25 SI, vitamin B1 0,02 mg, air 86% dengan total kalori sebanyak 49 kalori. Biji jambu kering mengandung minyak atsiri 14%, protein 15%, dan tepung 13%. Jambu kristal mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 gr, sedangkan jambu kristal mengandung vitamin C sebesar 87 mg.

Minuman Jus Jambu KristalĀ 

Manfaat jambu kristal diantaranya adalah dapat mengobati diare, disentri, demam berdarah (DBD), gusi bengkak, sariawan, menurunkan kolesterol dan bisa mengobati diabetes. Vitamin C yang terkandung dalam jambu kristal berperan sebagai sebagai antioksidan pada tubuh. Menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin E, sebagai antioksidan, menjaga dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh, memberikan energi bagi tubuh, menjaga kesehatan mata dan tulang serta mencegah infeksi dan virus-virus yang berbahaya.

Kandungan serat pada jambu kristal berupa pectin yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Manfaat jambu kristal selanjutnya adalah untuk memperlancar sistem pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Apabila serat harian tercukupi, maka akan mempermudah pergerakan usus untuk mencerna. Serat yang tinggi dalam jambu kristal menjadikan buah ini tetap aman untuk dikonsumsi sebagai camilan.

Minuman Jus Jambu KristalĀ 

Jambu kristal manfaat nya apa?

Jambu kristal juga dapat memperlancar sirkulasi darah serta menyerang virus karena mengandung tannin, sedangkan likopen merupakan karoteniod yang memiliki aktivitas antioksidan yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.

Terdapat beberapa cara untuk mengonsumsi buah jambu kristal yang lezat ini. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi jus jambu kristal. Jambu kristal cocok untuk dijadikan minuman (dijus), baik untuk penderita diare dan kesehatan pencernaan karena jambu kristal banyak mengandung serat. Jus jambu pun dapat dibuat dengan cara yang mudah, oleh karena itu banyak masyarakat yang mengonsumsi buah ini dengan diolah menjadi jus yang tetap segar dan tentu saja sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.